Pengertian dan Cara Kerja Whatsapp API Untuk Usaha

7 November 2022

Whatsapp API merupakan salah satu fitur Whatsapp bisnis yang paling sering digunakan oleh seorang pemilik usaha. Fitur Whatsapp bisnis memang sangat memadai, tapi dengan adanya Whatsapp API proses bisnis menjadi jauh lebih mudah dilakukan.

Whatsapp sendiri adalah aplikasi pesan yang memiliki banyak pengguna di seluruh dunia. Dengan tingginya jumlah pengguna di Whatsapp ini, tentunya akan sangat memudahkan pemasaran usahamu. Kesempatan meningkatkan penjualan dengan whatsapp menjadi semakin besar dengan adanya fitur whatsapp bisnis yang dirilis. Adanya whatsapp bisnis akan mempermudah proses pengelolaan komunikasi bisnis antara usaha dan pelanggan.

Meskipun informasi seputar whatsapp bisnis sudah banyak diketahui, tapi fitur Whatsapp API rupanya belum banyak yang menggunakan. Di artikel berikut ini akan dibahas tentang Whatsapp API dan juga apa saja yang perlu kamu ketahui tentang fitur Whatsapp yang satu ini. Semua hal penting yang kamu perlu ketahui bisa kamu pelajari sehingga meningkatkan performa whatsapp bisnis akan menjadi lebih mudah untuk usahamu.

Baca Juga: Inilah Format Order Pesanan Pada Bisnis

Apa yang Dimaksud Whatsapp API?

Whatsapp API adalah salah satu fitur suatu program aplikasi yang memudahkan penggunanya untuk menerima dan menjawab pesan yang masuk ke Whatsapp dengan cepat dan mudah. Fitur ini dibuat oleh Meta pada tahun 2018 untuk meningkatkan layanan kepuasan pelanggan setiap usaha yang juga menggunakan Whatsapp. Target usaha yang bisa menggunakan fitur ini adalah semua lini usaha baik kecil maupun usaha yang berukuran besar.

Fitur ini diciptakan karena Whatsapp mempelajari ada perubahan besar pada penggunanya. Pada tahun 2017 hingga 2018, sebagian besar usaha kecil sudah tidak menggunakan email untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Mereka memilih menggunakan whatsapp untuk komunikasi langsung dengan pelanggan mereka. Jadi Meta memutuskan untuk merilis Whatsapp Bisnis agar memudahkan semua pemilik usaha berkomunikasi dengan pelanggannya. 

Hanya saja, karena whatsapp API sebenarnya hanyalah antarmuka, penggunaannya membutuhkan CRM agar bisa dioperasikan dengan mudah dan lancar. Kamu perlu menemukan CRM yang bisa menjalankan Whatsapp API dengan mudah dan lancar. Tidak banyak CRM lokal yang tersedia untuk fitur ini, sehingga kamu perlu memahami dengan baik fitur yang disediakan oleh CRM lokal tersebut sebelum menggunakannya.

4 Alasan Menggunakan Whatsapp Bisnis

Saat ini, Whatsapp merupakan salah satu platform komunikasi yang paling banyak digunakan oleh usaha kecil dan juga besar. Dengan banyaknya jumlah pengguna Whatsapp, ini akan membuat peluang menjangkau lebih banyak calon pembeli lebih besar. Kamu juga bisa lebih mudah memasarkan produkmu lewat Whatsapp. Berikut ini adalah 4 alasan kenapa kamu perlu menggunakan Whatsapp bisnis:

  1. Jangkauan Luas
    Dengan pengguna Whatsapp sebanyak 2 miliar pengguna di seluruh dunia, kamu berkesempatan untuk menjangkau calon pembeli lebih besar. Setiap detiknya, 1 juta pesan dikirim lewat Whatsapp, sehingga ini membuktikan bahwa Whatsapp adalah platform yang interaktif untuk digunakan. Kamu juga bisa memanfaatkan teknologi yang interaktif dari Whatsapp ini untuk mengembangkan bisnismu.
     
  2. Kesempatan Pesan Dibaca Lebih Besar
    Dibandingkan dengan email, open rate yang ada pada Whatsapp jauh lebih tinggi. Biasanya email yang tidak dibaca langsung dihapus oleh pengguna, tapi tidak dengan Whatsapp. Whatsapp memberikan kesempatan pesanmu dibaca oleh pelanggan lebih besar dibandingkan platform lainnya. Ini memberikan kesempatan lebih besar bahwa promosimu akan berhasil.
     
  3. Membalas Lebih Cepat
    Whatsapp Bisnis memiliki fitur pesan otomatis yang bisa membalas pesan pelanggan dengan cepat. Pesan tersebut bisa dikirimkan kapan saja bahkan sedang hari libur sekalipun. Jadi kamu tidak perlu membuat pelanggan menunggu jawaban.
     
  4. Lebih Interaktif
    Whatsapp Bisnis bisa memberikan kesan obrolan yang ringan dan menyenangkan. Ini karena Whatsapp bisa menggunakan emoji dan stiker yang membuat pengalaman obrolan jauh lebih ringan dan menyenangkan.

 

Tentunya alasan-alasan tersebut tidak akan lengkap tanpa adanya usaha dan kerja keras pengelolaan usaha, tapi paling tidak Whatsapp bisnis akan memudahkan komunikasi dengan pelanggan lebih baik. Apalagi saat ini sebagian besar masyarakat menggunakan Whatsapp sebagai metode komunikasi mereka. Jadi kamu bisa mengambil peluang ini untuk usahamu.

Baca Juga: Tips Mebuat Kata-Kata yang Cocok untuk Jualan WA

Cara Menggunakan Whatsapp API

Setelah mengetahui apa saja alasan penting menggunakan Whatsapp Bisnis, kamu bisa mempelajari menggunakan whatsapp API untuk meningkatkan kinerja Whatsapp bisnis milikmu. Caranya adalah sebagai berikut. 

  1. Mendaftar untuk Whatsapp API
    Yang pertama perlu dilakukan adalah mendaftar agar kamu bisa mendapatkan API dari Whatsapp. Ada dua cara untuk melakukan hal ini yaitu mendaftar langsung kepada Whatsapp atau lewat penyedia CRM yang juga menyediakan Whatsapp API untuk bisnis. Jika kamu adalah usaha kecil, ada baiknya kamu menyewa provider untuk membantumu mengatur API tersebut sehingga prosesnya menjadi lebih mudah. Ini karena mendaftar langsung ke Whatsapp memerlukan usaha yang cukup lama dan cukup membuang waktu.
     
  2. Sediakan Informasi Penting
    Untuk membuat Whatsapp Bisnis, akan diperlukan data-data penting seputar data pribadi dan data usahamu yang sangat diperlukan untuk kelancaran proses pendaftaran. Kamu perlu melengkapi data-data tersebut agar proses pengaturan Whatsapp bisnis bisa berjalan dengan lancar. Jika kamu menggunakan jasa CRM, kamu perlu memperhatikan apa saja data yang diminta karena CRM memiliki standar masing-masing. Pastikan juga bahwa CRM tersebut dapat dipercaya sehingga data pribadi dan data perusahaan yang kamu berikan bisa aman di tangan mereka.
     
  3. Aktifkan Nomor untuk Whatsapp Bisnis
    Langkah selanjutnya adalah mengaktifkan nomor yang digunakan untuk Whatsapp Bisnis. Kamu juga bisa melengkapi data lain yang diperlukan seperti kategori usaha, jam operasional, katalog, dan lainnya.

 

Proses memulai Whatsapp bisnis memang sangat mudah. Selama kamu memiliki data-data lengkap dan jelas seputar perusahaan, kamu bisa dengan cepat mengelola Whatsapp bisnis untuk usahamu. Kamu juga bisa langsung berinteraksi dengan pelanggan kapan pun serta di mana pun kamu berada. Ini memudahkan setiap usaha untuk menjangkau pelanggan mereka.

Manfaat lain dari menggunakan fitur API dari Whatsapp bisnis adalah kamu bisa mengatur jenis balasan yang diperlukan oleh pelanggan. Balasan tersebut bisa disesuaikan dengan pertanyaan pelanggan atau jenis balasan yang memberikan informasi lengkap saja. Ini memudahkan pelanggan berkomunikasi dengan cepat dan kamu juga tidak diburu oleh waktu apalagi saat toko sedang dalam keadaan tutup.

Manfaat selanjutnya adalah dengan adanya API di Whatsapp Bisnis, kamu bisa mengatur pengalaman berkomunikasi dengan pelanggan. Ini akan memberikan pengalaman yang berbeda dan tentunya lebih menyenangkan bagi pelanggan. Setiap pelanggan pasti lebih menyukai jenis komunikasi yang interaktif, maka dari itu memanfaatkan API dari Whatsapp bisnis akan menjadi hal yang positif karena kamu bisa memberikan komunikasi interaktif dan menyenangkan untuk pelanggan.

Kamu juga bisa mengingatkan pembayaran kepada pelanggan, sehingga mereka tidak terlambat dalam melakukan pembayaran. Mengirim gambar atau dokumen juga jauh lebih mudah dan praktis lewat whatsapp dibandingkan lewat email saat ini. Jadi pastikan kamu menggunakan platform yang tepat untuk Whatsapp bisnis API milik usahamu. Misalnya dengan menggunakan Koala yang memiliki fitur Whatsapp API. kamu bisa mengirimkan pesan dalam jumlah banyak, kelola transaksi, hingga Chatbot hanya di Koala Plus. Langsung saja cek Koala sekarang.