Cara Menawarkan Menu di Restoran Agar Customer Nyaman

3 Maret 2023

Pemilik restoran penting mengetahui apa itu taking order dan cara menawarkan menu di restoran agar customer nyaman. Pelayanan adalah hal penting dalam bisnis restoran. Selain rasa masakan yang enak, memberikan pelayanan yang memuaskan ke pelanggan menjadi salah satu kunci sukses bisnis restoran. Namun sebelum mengetahui caranya, kenali dulu apa itu taking order beserta syarat dan cara melakukannya dengan baik dan benar untuk pemula.

Baca Juga : Cara Promosi Makanan di WA agar Jualan Laris Manis

Apa Itu Taking Order

Cara menawarkan menu di restoran yang paling mendasar adalah dengan melakukan taking order. Ini adalah istilah ketika menerima dan mencatat orderan dari pelanggan. Ini adalah salah satu hal penting yang perlu dikuasai dengan baik oleh waiters.

Pengetahuan dan skill khusus dan juga kesopanan dalam berkomunikasi dengan pelanggan menjadi hal paling mendasar yang tidak bisa ditawar. Menguasai isi daftar menu dengan baik juga menjadi hal wajib dan menjadi nilai jual yang baik bagi restoran. Jadi ketika pelanggan bertanya waiters bisa menjelaskan dengan cepat dan baik.

Supaya bisa menjadi waiters yang baik maka perlu tahu juga apa tujuan utama dari taking order tersebut. Ini akan mempengaruhi cara menawarkan menu di restoran yang baik kepada pelanggan nantinya. Jadi tujuan dari taking order ini adalah memberikan informasi yang akurat tentang menu makanan yang tersedia di restoran.

Selain itu ada tujuan lain dari pelayanan ini yaitu meningkatkan penjualan. Semakin baik cara menawarkan menu yang ada di restoran maka akan semakin tinggi nilai penjualannya. Secara otomatis di sini tujuan akhirnya adalah meningkatkan atau memaksimalkan keuntungan atau profit restoran.

Oleh karena itu tidak bisa sembarangan mempekerjakan orang sebagai waiters karena ini menjadi salah satu kunci sukses sebuah restoran. Di sini agar waiters mampu memahami cara menawarkan menu di restoran dengan baik maka harus memenuhi syarat berikut ini:

  • Dapat berkomunikasi dengan baik dan santun .
  • Mempunyai pengetahuan yang baik tentang produk yang dijual.
  • Menguasai dengan baik teknik penjualan.
  • Memahami teknik pencatatan pesanan.
  • Mempunyai daya ingat yang baik.

 

Jika sudah memiliki kriteria tersebut maka sudah bisa dipastikan pelayanan kepada pelanggan yang datang ke restoran akan memuaskan dan profesional. Citra restoran pun akan menjadi baik dan semakin dikenal masyarakat.

Baca Juga : Rekomendasi Ide Usaha Kuliner Kekinian yang Wajib Dicoba

Cara Menawarkan Menu di Restoran

  1. Pertama, silahkan antarkan pelanggan yang datang ke meja yang sudah disiapkan. Tanyakan untuk berapa orang dan beri meja yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Tarikan kursi serta persilahkan tamu untuk duduk. Utamakan untuk membantu pelanggan wanita, anak-anak, dan orang tua.
  2. Ketika semua tamu atau pelanggan sudah duduk, berikanlah buku menu dengan tangan kanan. Jangan sampai lupa untuk memberikan senyum dan sapaan yang ramah.
  3. Setelah buku menu sudah di tangan pelanggan, tunggu dan beri kesempatan untuk melihat isi menu sebelum menawarkan menu andalan restoran kepada pelanggan.  Ketika memberi petunjuk usahakan menggunakan ibu jari agar lebih sopan.
  4. Beri saran untuk menu dengan ukuran lebih besar, lengkap, atau menu yang sedang dipromosikan. Tetap pertahankan kesopanan dan jangan terkesan memaksa.
  5. Ketika pelanggan sudah mengatakan cukup jangan memberikan penawaran lain lagi.
  6. Catat pesanan pelanggan dengan sangat teliti dan jelas terutama untuk pesanan dengan permintaan khusus. Gunakan tulisan yang umum serta mudah dimengerti.
  7. Sebelum beranjak pergi meninggalkan pelanggan pastikan untuk mengulangi pesanan agar tidak ada kesalahan atau pesanan yang ketinggalan.
  8. Akhiri penawaran menu atau taking order dengan mengucapkan terima kasih serta mempersilahkan pelanggan menunggu hingga pesanan diantar.

 

Cukup mudah bukan cara menawarkan menu di restoran agar pelanggan yang datang merasa nyaman dan mendapat pelayanan yang baik. Intinya adalah sopan santun serta kesabaran dalam memberikan pelayanan. Menguasai menu restoran juga menjadi kewajiban bagi waiters agar bisa memberikan pelayanan yang maksimal. 

Restoran adalah salah satu bisnis dalam bidang kuliner dimana ini bisa mendatangkan keuntungan cukup besar bagi pelaku usahanya. Asalkan tahu bagaimana memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen, bisnis restoran akan cepat berkembang dan maju. 

Kunci utama dalam pelayanan pelanggan restoran ada pada saat memberikan penawaran menu dan mencatat pesanan dari konsumen. Ini perlu dilakukan baik dan benar sehingga pelanggan akan merasa puas dan nyaman ketika makan di restoran terkait.

Dalam menawarkan menu masakan yang tersedia di restoran pastikan untuk menguasai isi menu tersebut satu per satu dengan baik. Jadi ketika ada pertanyaan dari konsumen bisa langsung memberikan penjelasan dan jawaban.

Setiap kali melayani pelanggan pastikan untuk selalu memberikan senyuman dan sapaan yang ramah dan sopan. Dengan begitu, bisnis restoran yang kamu bangun bisa cepat berkembang.

Selain itu, kamu bisa menggunakan aplikasi bisnis untuk restoran bernama Koala Resto yang sudah terintegrasi dengan WhatsApp Business API, dengan keunggulan chat otomatis yang memudahkan proses transaksi online.

Pada aplikasi Koala Resto ada fitur keyboard jualan serta template chat yang bisa membantu dalam memberikan pelayanan secara profesional pada pelanggan. Taking order bisa dilakukan dengan efektif dan membuat konsumen merasa nyaman.

Aplikasi tersebut sudah banyak digunakan oleh pelaku bisnis khususnya untuk mengelola sebuah bisnis agar lebih rapi dan tertata. Pelaku bisnis jadi lebih mudah mengatur urusan bisnisnya, pelanggan dapat merasakan pelayanan yang profesional dengan aplikasi yang canggih dan mudah digunakan ini.

Kamu bisa bikin pesanan di Resto-mu jadi mudah dan cepat. Manfaatkan fitur Chatbot, Broadcast Message, Manajemen Produk & Transaksi dan Live Customer Service di Koala Resto.

Tertarik mencoba? Daftar Koala Resto sekarang juga!