Syarat dan Tahapan Memulai Bisnis Restoran untuk Pemula

4 Februari 2023

Bisnis restoran menjadi salah satu ide usaha yang cukup diminati banyak orang karena menawarkan keuntungan yang menjanjikan. Meski begitu, tantangan usaha kuliner ini juga cukup besar mengingat tingkat persaingannya yang cukup tinggi.

Oleh karena itu, bisnis ini harus dimulai dengan perencanaan dan persiapan yang matang agar mampu bersaing dan bisa bertahan lama. Apalagi jika kamu masih tergolong pemula di bidang bisnis ini. Yuk, simak apa saja syarat dan tahapan memulai bisnis kuliner berikut ini!

Syarat Mendirikan Bisnis Restoran yang Harus Dipenuhi

Hal pertama yang harus kamu lakukan jika ingin mendirikan bisnis kuliner adalah memiliki badan usaha. Dengan memiliki badan usaha, langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah mengurus syarat dan perizinan.

Dalam bisnis jenis apapun, pemenuhan syarat dan pengurusan izin terkait dengan bisnis yang dijalankan sangat penting, termasuk pada bisnis di bidang kuliner. Sebab, ada banyak manfaat yang didapatkan jika bisnis restoran kamu sudah mendapatkan izin resmi.

Proses perizinan dalam bisnis kuliner mencakup mengenai keamanan, kenyamanan, dan legalitas yang diberikan oleh pihak pemerintah. Semua hal penting tersebut masuk dalam surat izin khusus yang disebut dengan Tanda Daftar Usaha pariwisata (TDUP).

TDUP khusus untuk bisnis kuliner ini dikeluarkan oleh pihak dari Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang terdapat di masing-masing daerah. Cara mengajukan izin tersebut tidak sulit asalnya kamu dan badan usaha yang didirikan memenuhi syarat yang ditetapkan.

Tahapan Memulai Bisnis Restoran untuk Pemula

Cara memulai dan mengelola usaha kuliner sebenarnya cukup mudah dilakukan asal kamu menggunakan strategi yang tepat. Jika berminat untuk memulai bisnis di bidang kuliner, berikut adalah tahapan yang harus dilakukan untuk memulai usaha restoran yang sukses.

1. Buat Business Plan

Sebelum mulai menjual makanan atau minuman di restoran, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat bisnis plan atau konsep usaha restoran terlebih dahulu. Tujuannya untuk mengetahui apa tujuan usaha kuliner kamu ke depannya.

Membuat analisis usaha restoran juga akan memudahkan kamu untuk mendapatkan bantuan dari investor jika usaha kuliner tersebut semakin membesar. Beberapa hal yang harus diperhatikan pada pembuatan business plan adalah nama brand, target pasar, identitas brand, sistem operasi, dan produk yang akan dijual.

2. Tentukan Supplier

Dalam menjalankan usaha kuliner, kamu akan membutuhkan supplier sebagai pemasok bahan-bahan makanan. Carilah supplier yang menyediakan bahan baku berkualitas terbaik. Tujuannya agar makanan yang diolah bisa menghasilkan cita rasa yang lezat.

Baca Juga : Cara Menghitung Untung Jualan Hingga Ekspansi Perlahan

3. Hitung Modal Awal yang Dibutuhkan

Dalam menjalankan bisnis apapun, usahakan untuk mengelola masalah finansial bisnis sejak awal. Tetapkan berapa besar modal bisnis yang kamu butuhkan. Untuk mendapatkan modal usaha restoran, kamu bisa menggunakan tabungan pribadi atau meminjam uang di bank atau koperasi.

4. Pilih Lokasi Restoran

Perlu diketahui bahwa lokasi merupakan faktor yang sangat penting dalam memulai sebuah bisnis, termasuk saat akan memulai bisnis restoran. Strategis atau tidaknya lokasi restoran akan menjadi penentu kesuksesan bisnis kedepannya. Jadi, pilihlah lokasi yang mudah diakses dan dikunjungi.

5. Tentukan Menu yang Ditawarkan

Langkah memulai usaha kuliner berikutnya adalah menentukan daftar menu yang akan ditawarkan. Pertimbangkan hal ini sebaik mungkin dengan cara melakukan riset kompetitor. Kamu juga bisa berkreasi sendiri dalam memilih menu yang cocok untuk dijual di restoran.

6. Lakukan Inovasi

Supaya pelanggan tidak bosan dengan menu kuliner yang itu-itu saja, maka tidak ada salahnya untuk melakukan inovasi ide bisnis restoran. Misalnya, menambahkan pilihan menu spesial, memperbaiki kemasan produk, atau mengubah bentuk penyajian makanan agar lebih menarik bagi pelanggan.

Baca Juga : Urutan Tahapan Perencanaan Usaha yang Tepat dan Benar

7. Rekrut Tenaga Tambahan

Sudah bukan rahasia lagi bahwa menjalankan bisnis kuliner sendirian akan terasa sangat berat. Bagaimana tidak? Kamu harus merangkap sebagai pelayan, kasir, tukang cuci piring, dan koki sekaligus. Maka dari itu, sebaiknya rekrut tenaga tambahan agar kegiatan di restoran berjalan lancar.

8. Siapkan Promo Menarik

Dalam bisnis, promo itu layaknya sebuah magnet yang akan menarik minat konsumen. Promo juga merupakan strategi jitu agar banyak pelanggan yang datang pada saat kondisi restoran sedang sepi. Beberapa promo yang bisa digunakan adalah buy one get one, free ongkir delivery, dan diskon.

9. Manfaatkan Media Sosial

Pada zaman digital seperti sekarang, rugi jika tidak mempromosikan bisnis lewat media sosial. Jadi, buatlah akun media sosial agar bisa menjangkau konsumen yang lebih luas. Baik itu Facebook, Instagram, maupun Twitter. Metode ini dijamin akan membuat semakin banyak orang tertarik untuk mengunjungi restoran kamu.

10. Kelola Bisnis Bersama Aplikasi Koala Resto

Bisnis restoran yang kamu jalankan akan lebih praktis jika menggunakan aplikasi Koala Resto. Apa itu aplikasi Koala Resto? Koala Resto adalah sebuah aplikasi jualan online yang dapat membantu kamu untuk mengelola transaksi bisnis restoran, mengecek ongkos kirim, dan mengatur kontak pelanggan tanpa harus berpindah aplikasi.

Tenang saja, kamu tidak akan dikenai biaya layanan tambahan untuk tipe-tipe transaksi tertentu. Dengan menggunakan Koala Resto, kamu akan menemukan berbagai kemudahan dalam satu aplikasi. Beberapa fitur andalan yang tersedia pada aplikasi ini adalah sebagai berikut:

  • Buat transaksi bisnis lebih cepat tanpa perlu berpindah-pindah aplikasi.
  • Kelola pesanan, kontak, dan lihat catatan hutang.
  • Balas chat pelanggan lebih cepat menggunakan fitur template chat.
  • Kirim barang lebih aman dan mudah.

 

Itulah syarat dan tahapan memulai bisnis restoran bagi para pemula agar bisa mencapai kesuksesan. Untuk mengelola pesanan pelanggan di restoran, sebaiknya gunakan aplikasi Koala Resto karena banyak fitur canggih di dalamnya. Yuk download aplikasi Koala Resto agar bisnis kuliner kamu berjalan lebih lancar setiap harinya!