Cara Buka DM Instagram di PC Desktop dan Laptop untuk Pemula

1 Maret 2023

Bingung kirim pesan IG di komputer? Jika iya, kamu bisa mempelajari beberapa cara buka dm instagram di pc dan laptop yang mudah untuk pemula. Seperti diketahui, instagram menjadi salah satu media sosial yang banyak digunakan saat ini. Tidak hanya untuk berbagi foto dan video saja, kamu juga bisa balas cepat pertanyaan pelanggan atau orang lain menggunakan fitur Direct Message (DM) Instagram. Sayangnya, fitur DM Instagram ini hanya tersedia di aplikasi Instagram belum tersedia untuk versi websitenya. Oleh karena itu, cara buka dm instagram di pc dan laptop penting diketahui dari sekarang.

Cara Buka DM Instagram di PC

Seperti penjelasan sebelumnya, fitur DM Instagram hanya tersedia di Instagram versi mobile. Namun, tidak menutup kemungkinan fitur tersebut bakal ada untuk versi websitenya. Jika kamu tidak sabar menunggu dan benar-benar membutuhkan fitur DM Instagram di PC untuk bisnis, silahkan simak beberapa tutorial cara buka Direct Message (DM) Instagram di PC dibawah ini.

1. Menggunakan Emulator Android

Emulator android adalah program yang memungkinkan pengguna bisa menjalankan sistem operasi android di PC. Salah satu contoh emulator android yang bisa kamu gunakan adalah BlueStacks. Berikut ini langkah-langkah menggunakan emulator android BlueStacks di PC untuk pemula.

  • Unduh dan install BlueStacks terlebih dahulu.
  • Kemudian, nyalakan dulu program BlueStacks yang sudah diunduh di PC.
  • Lalu, masukkan informasi login dengan akun google yang masih aktif.
  • Jika login sudah dilakukan, buka aplikasi Google Play Store.
  • Cari aplikasi instagram atau ketik “Instagram” di kolom Search Box.
  • Setelah ketemu, klik install lalu tunggulah sampai proses penginstalannya selesai.
  • Selanjutnya, kamu tinggal jalankan aplikasi instagram yang sudah diinstall tersebut. Kemudian muncul tampilan awal instagram layaknya aplikasi mobile. 
  • Ketuk log in agar bisa menggunakan instagram.
  • Input username dan password yang sebelumnya sudah kamu daftarkan.
  • Masuk dengan klik tombol log in.
  • Setelah muncul tampilan home di aplikasi instagram, kamu bisa tekan tombol panah miring ke kanan untuk membuka direct message.
  • Nah, sekarang akan muncul semua direct message kamu. Selanjutnya, tinggal cari kontak yang ingin kamu kirimkan pesan dengan cara ketuk tombol tambah “+”.

 

Baca Juga : Ingin Penjualanmu Makin Cuan? Ini 7 Cara Promosi di Instagram

2. Menggunakan Windows

Bagi kamu yang menggunakan windows 10, tidak perlu unduh dan instal emulator karena sudah ada Microsoft Store. Kamu bisa unduh instagram lewat Microsoft Store dan menjalankannya. Tentunya ini jauh lebih aman tanpa menggunakan pihak ketiga seperti emulator yang menguras penyimpanan dan mempengaruhi kinerja komputer. Berikut ini langkah-langkan menggunakan windows untuk buka Instagram di PC.

  • Pertama, bukalah terlebih dahulu microsoft store yang bisa kamu cari via Start Menu.
  • Setelah itu, ketuk instagram di kolom Search Box. Lalu, pilih instagram app yang sudah direkomendasikan paling atas.
  • Kemudian, akan muncul sebuah halaman aplikasi yang berisikan informasi pengunduhan aplikasi tersebut. Ketuk get agar bisa segera mengunduh aplikasi instagram.
  • Tunggulah sampai proses pengunduhannya selesai. Lalu, klik launch agar bisa menjalankan aplikasi instagram.
  • Masukkan username dan password. Kemudian, tekan tombol login.
  • Agar bisa membuka direct message, kamu bisa tekan tombol tanda panah miring ke kanan atas.
  • Ketuk kontak yang ingin dikirimkan pesan.

 

Baca Juga : Cara Membuat Iklan di Instagram dan Tips Terbaiknya

3. Menggunakan Ekstensi Chrome

Saat ini kamu bisa membuka DM instagram di Google Chrome melalui dukungan ekstensi Chrome. Memang sangat menguntungkan memiliki ekstensi dibandingkan dengan aplikasi dan alat khusus lainnya. Sebab, ekstensi ini sudah diibaratkan sebagai emulator.Adanya ekstensi, memungkinkan kamu untuk mendapatkan pengalaman yang sama seperti penggunaan aplikasi di mobile, tetapi dengan versi layar yang lebih besar. Kamu bisa menggunakan ekstensi chrome yang bebas diunduh seperti Direct Message for Instagram. Tampilan ekstensi ini hampir mirip seperti aplikasi instagram asli. Berikut cara menggunakannya.

  • Apabila sudah ditambahkan ekstensi tersebut ke chrome, ekstensi ini tidak memerlukan login terpisah. Jadi, jika kamu masuk ke profil mu, maka ekstensi akan mengambil kredensi masuk dari browser. Setelah selesai, cukup ketuk ikon kecil yang berbentuk DM ig di browser, dan DM pun akan muncul.
  • Di sini, kamu bebas mengirimkan gambar, hati, ataupun emoji. Namun, sayangnya, untuk opsi pengiriman GIF serta stiker sama sekali tidak tersedia. Akan tetapi, kamu bisa memblokir dan melaporkan akun, membuat obrolan grup, dan melihat permintaan pesan.

 

Itulah beberapa cara buka DM instagram di PC desktop dan laptop untuk pemula. Tentu tidak sulit bukan? Jika kamu terkendala buka aplikasi apapun di HP, cara di atas juga bisa dilakukan asalkan aplikasi yang diinginkan tersedia di BlueStacks ataupun Microsoft Store.

Cara ini juga sering dilakukan pelaku bisnis untuk membalas chat pelanggan dari Instagram. Membuka DM instagram di PC lebih praktis karena bisa multitasking dengan pekerjaan lainnya. Selain itu, layar PC lebih lebar dibandingkan layar HP. Jadi, bisa terlihat jelas balasan pesan dari pelanggan.

Untuk mengembangkan bisnis, tentu tidak hanya membalas chat DM di instagram saja. Kamu juga harus mengoptimalkan penggunaan Whatsapp agar penjualan meningkat. Salah satu caranya dengan menggunakan aplikasi bisnis terbaik yang sudah yang terintegrasi dengan Whatsapp Business API seperti Koala+.

Koala+ adalah sebuah aplikasi bisnis yang dapat membantumu untuk manajemen produk dan transaksi, live customer service, hingga membalas chat dengan sangat dengan pesan otomatis. Selain itu, kamu bisa sebar promo dengan cepat menggunakan fitur pesan broadcast WhatsApp Business API dan pesan otomatis seperti chatbot.

Tenang saja, semua data kamu akan disimpan dengan aman di cloud server. Sehingga, kamu bisa akses data kamu dimanapun dan kapanpun. Tunggu apalagi, yuk daftar dan download aplikasi Koala+ di Google Play Store dan App Store.