Terdapat beberapa contoh DM di Instagram seperti template yang bisa diatur secara otomatis untuk menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pelanggan.
Selain dapat difungsikan sebagai wadah aktivitas promosi bisnis, Instagram memiliki fitur lain yang dapat kamu gunakan untuk berkomunikasi dengan pelanggan secara langsung, misalnya untuk menanggapi pertanyaan mereka.
Pasalnya, pelanggan atau pun calon pelanggan belum tentu mengenal dan mengetahui produk atau mekanisme terkait bisnis yang kamu punya. Sehingga, terdapat kemungkinan bagi mereka untuk mengajukan beberapa pertanyaan yang sifatnya hampir mirip.
Nah, agar mampu menjawab banyak pertanyaan yang mirip tersebut, Instagram punya alatnya sendiri lho. Yap, fitur direct message atau DM Instagram adalah alat yang bisa menjadi solusinya! Melalui fitur DM ini, kamu bisa mengatur jawaban otomatis setiap ada pertanyaan pelanggan melalui DM.
Sudah tahu bagaimana contoh DM di Instagram agar dapat menjawab secara otomatis? Kalimat seperti apa yang bisa jadi contoh DM di Instagram yang efektif untuk menjawab pertanyaan pelanggan? Yuk, baca artikel ini sampai habis untuk mengetahui serba-serbi contoh DM di Instagram agar komunikasi dengan pelanggan makin lancar sehingga penjualan pun meningkat deh!
Sebelum masuk ke contoh DM di Instagram, yuk kenali dulu mengenai fitur DM dan seluk-beluk cara mengaturnya secara otomatis!
Sebagai pelanggan, kamu mungkin beberapa kali pernah bertanya melalui DM Instagram akun penjual. Setelah mengirimkan pesan pertanyaan, beberapa detik kemudian muncul jawaban dari penjual secara cepat dalam hitungan detik saja. Bagaimana mungkin admin membalas satu per satu pertanyaan yang masuk dengan cepat?
Nah, sebenarnya ini merupakan fitur dari DM Instagram yang memungkinkanmu untuk dapat “bekerja” dengan cepat untuk menjawab pertanyaan pelanggan.
Yap, direct message Instagram punya satu fitur yang sangat bermanfaat yaitu Quick Reply atau balasan cepat. Fitur balasan cepat adalah fitur yang tersedia untuk akun Instagram bisnis di mana pemilik akun bisa dengan mudah membalas pertanyaan dengan menggunakan format pesan yang dapat dikustomisasi dan dibuat menjadi template.
Untuk dapat menggunakan fitur balasan cepat ini, berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu terapkan
Pada fitur ini, kamu bisa membuat template balasan cepat sebanyak mungkin sesuai dengan kebutuhanmu. Seperti apa saja contoh DM di Instagram yang umum ditanyakan oleh pelanggan? Tentu ada banyak contoh DM di Instagram, namun ada baiknya untuk memperhatikan beberapa hal untuk membuat template balasan cepat.
Sebelum menerapkan contoh DM di Instagram, yuk simak 5 tips dalam membuatnya!
Sama halnya dengan percakapan lisan sehari-hari, setiap manusia pasti memiliki gaya dan caranya dalam menyampaikan sesuatu. Gaya bahasa merupakan salah satu bagian dari branding, seperti persona yang ingin kamu tunjukkan dalam bisnismu tersebut.
Kalau kamu pernah menemukan contoh DM di Instagram beberapa perusahaan besar, tentu ada ciri khas tersendiri dari cara mereka menyampaikan pesan, pilihan kata yang digunakan, dan juga bagaimana mereka memposisikan pelanggan.
Beberapa contoh DM di Instagram dari perusahaan besar memiliki gaya bahasa yang berbeda-beda karena menyesuaikan dengan targer audiens mereka. Nah, ada baiknya kamu melakukan hal yang sama, yaitu mengenal target audiens dari bisnismu. Dari situ, barulah bisa ditentukan gaya bahasa yang cocok dengan persona mereka.
Baca Juga: Tips Membuat Kata-kata Promosi Jualan Online biar Laris
Melakukan riset pertanyaan yang sering dikirimkan oleh pelanggan akan membantumu untuk menyiapkan template balasan cepat lebih efektif. Hal ini karena pertanyaan yang dikirimkan oleh pelanggan melalui DM Instagram memiliki pola yang mirip.
Nyatanya, langkah ini juga diterapkan oleh beberapa perusahaan untuk mengelola pertanyaan pelanggannya. Oleh karena itu, beberapa contoh DM di Instagram yang kamu temukan memiliki kemiripan.
Selain pertanyaan umum, pelanggan juga kerap memberikan kritik dan saran terkait produk bisnismu melalui DM Instagram. Ada yang menyampaikan saran terkait produk yang diterima, experience mereka ketika menggunakan atau ketika melakukan pembelian, atau pun mungkin ada yang mengajukan komplain.
Untuk mengantisipasi kiriman pesan seperti ini, ada baiknya juga kamu membuat template balasan cepat yang mampu meresponnya. Sehingga, pelanggan akan merasa didengar dan nantinya juga akan memberikan kesan positif terhadap brand-mu. Contoh DM di Instagram yang kamu riset pasti mencakup masalah ini di dalamnya.
Tidak ada salahnya kalau kamu mengirimkan pesan terlebih dahulu atau follow-up kepada pelanggan atau followers-mu terlebih dahulu, terutama kepada mereka yang pernah mengirimkan pertanyaan atau kritik dan saran sebelumnya.
Beberapa contoh DM di Instagram pada bisnis juga memiliki pesan balasan cepat untuk hal-hal follow-up kepada pelanggan. Hal ini dilakukan sebagai upaya mempertahankan pelanggan pada bisnismu.
Tips terakhir sebelum masuk ke pembahasan contoh DM di Instagram adalah menentukan waktu untuk membalas kiriman pertanyaan dari pelanggan. Ada baiknya kamu menyiapkan template yang menyebutkan jam operasional bisnis di mana pertanyaan atau keluhan dapat dijawab secara jelas, misalnya pada jam 09.00 hingga 17.30 WIB.
Langkah ini akan membantu bisnismu agar tidak kewalahan dengan banyaknya pertanyaan yang masuk dari pelanggan.
Baca Juga: 5 Contoh Strategi Harga Coret yang Ampuh Agar Jualan Laris
Template yang perlu dimiliki oleh bisnismu adalah pemberian salam atau sambutan kepada pelanggan untuk membuka interaksi, antara lain:
Tidak sedikit kiriman yang masuk dari pelanggan yang sifatnya memberikan keluhan. Berikut adalah contoh balasan cepat untuk membalasnya.
Ada kalanya kamu memerlukan informasi tambahan dari pelanggan untuk dapat mengecek jika uk pelanggan yang telah membeli produkmu.
Nah, itulah beberapa contoh DM di Instagram balasan cepat ketika ada kiriman pertanyaan dari pelanggan melalui DM Instagram bisnismu! Menanggapi kiriman pesan dari pelanggan perlu untuk dikelola dengan baik agar pelanggan dapat dipertahankan. Selain itu, hal ini dapat memberikan kesan dan citra baik untuk bisnismu! Jika review dari pelanggan bagus, bisnismu akan dikenal secara luas dan selanjutnya dapat meningkatkan penjualan deh!
Untuk mengelola kiriman pesan dari pelanggan, kamu juga bisa memanfaatkan fitur dari KOALA yaitu, chatbot! Dengan KOALA, kamu tidak perlu ribet bolak-balik buka Instagram lagi. Cukup dengan Koala, kamu bisa membalas pesan pelanggan dengan cepat. Daftar Koala gratis sekarang!