Cara Mengganti Email Instagram Melalui Handphone dan Desktop

25 Februari 2023

Ingin ganti email di Instagram? Jika iya, lakukan beberapa cara mengganti email instagram yang mudah dan cepat disini. Namun sebelum itu, pahami dulu penggunaan email di Instagram. Saat membuat akun Instagram, pastinya membutuhkan email yang aktif supaya bisa untuk membuat akun, memverifikasi, serta masih banyak lagi. Kemudian, kamu juga akan log in dengan email tersebut seterusnya untuk mengakses akun di aplikasi maupun di situs Instagram.

Jika terjadi masalah di akun Instagram, kamu dapat menggunakan email utama supaya dapat memperbaikinya dengan memilih opsi yang telah disediakan, misalnya reset password ketika lupa. Sayangnya, kamu pasti kerepotan jika tiba-tiba email tersebut sudah tidak aktif atau mengalami masalah.

Apabila masih bisa login di Instagram, sebaiknya ganti email tersebut dengan alamat baru supaya tidak terjadi masalah di kemudian hari. Selain itu, Instagram juga telah menyediakan proses yang mudah untuk mengganti email bisa dilakukan melalui handphone maupun desktop. Berikut merupakan langkah-langkah yang dapat kamu lakukan.

Cara Mengganti Email Instagram Melalui Handphone

Cara mengganti email instagram melalui handphone itu tidak jauh berbeda dengan cara mengganti password Instagram. Akan tetapi, supaya lebih mudah ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mempermudah dalam mengganti alamat email di Instagram melalui Handphone.

  • Buka aplikasi Instagram di Handphone.
  • Lakukan log in, jika memang belum log in akun Instagram. Jadi, di sini kami tidak dapat menggunakan cara mengganti email di Instagram tanpa log in.
  • Jika telah berhasil log in akun Instagram, buka profil Instagram yang ingin di ubah alamat email-nya.
  • Kemudian, pilih menu ‘Edit Profile”.
  • Lalu pada bagian Profile Information, ubah email Instagram yang di gunakan untuk ke alamat email terbaru.
  • Jika sudah, maka tap di ikon centang yang berada di pojok kanan atas.
  • Apabila sudah melakukan tahap tersebut, akan muncul pop-up yang meminta kamu untuk melakukan konfirmasi email melalui link yang telah di kirimkan tim Instagram ke alamat email yang terbaru.
  • Buka alamat email Instagram baru dan carilah pesan masuk dari tim Instagram.
  • Kemudian, lakukan konfirmasi penggantian email dengan menekan tombol ‘Confirm Email Address’.
  • Jika email sudah berhasil di ganti, kamu akan mendapatkan pop-up pemberitahuan saat membuka Instagram.

 

Baca Juga : Cara Membuat Link di Bio Instagram Agar Lebih Menarik

Cara Mengganti Email Instagram Melalui Laptop/PC

Selain menggunakan Handphone, kamu juga bisa mengganti email Instagram dengan melalui laptop atau PC. Nah, untuk memudahkan kamu dalam mengganti emailnya, ikuti langkah – langkah dibawah ini untuk memperlancar proses mengganti email.

  • Login akun Instagram di Laptop, bisa menggunakan aplikasi browser di laptop atau juga dapat membuka website Instagram dan melakukan log in seperti biasa.
  • Jika sudah berada di Home Instagram, klik di foto Profil yang letaknya di pojok kanan atas.
  • Langkah selanjutnya, pilih menu ‘Edit Profile’ untuk mulai mengganti email Instagram.
  • Pada bagian Personal information, ubah email Instagram ke alamat email yang terbaru yang ingin kamu gunakan.
  • Apabila sudah, tekan tombol ‘Submit’ yang berada di bagian bawah.
  • Setelah itu kamu akan menerima pesan konfirmasi perubahan email Instagram di alamat email yang baru.
  • Kemudian, buka email tersebut dan tekan di tombol ‘Confirm Email Address’ untuk mengkonfirmasi penggantian email di Instagram.
  • Setelah klik link tersebut, kamu akan di arahkan kembali ke halaman Instagram serta email sudah berhasil untuk diganti.

 

Baca Juga : Cara Melihat Insight Instagram dan Bagaimana Menganalisanya

Manfaat Email Instagram

Email instagram sangat penting diperhatikan khususnya dalam hal verifikasi identitas. Jika kamu lupa password, email menjadi solusi untuk reset password. Dengan kata lain, email Instagram menjamin keamanan akun Instagram yang kamu miliki. Jika ada oknum yang ingin mengganti password, akan muncul notifikasi di email Instagram. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan dibawah ini.

  • Apabila terdapat aktivitas yang membahayakan atau mencurigakan di Instagram, Kamu akan di beritahu melalui email ke alamat yang telah kamu daftarkan.
  • Agar mendapatkan keamanan yang lebih baik lagi, kamu dapat mengikuti anjuran untuk mengganti password secara berkala, nah berikut ini langkah-langkahnya.
  • Ketika diminta untuk memasukkan password, klik lupa password.
  • Kemudian, sebuah email akan dikirimkan ke alamat email yang telah didaftarkan. Kamu akan diminta untuk melakukan penggantian password.
  • Lalu, masukkan password yang baru. Dengan begitu password telah resmi di ganti.

 

Itulah beberapa cara mengganti email Instagram melalui handphone maupun desktop. Sangat mudah dan cepat untuk dilakukan, akan tetapi jangan lupa bahwa cara di atas hanya dapat dilakukan jika kamu dapat melakukan log in di akun Instagram. Ada beberapa manfaatnya dari mencantumkan alamat email ke akun Instagram. Pencantuman tersebut akan menambah keamanan akun Instagram. Jadi, tidak perlu khawatir jika akun kamu mengalami masalah atau hal – hal lainnya.

Jika kamu menggunakan Instagram untuk jualan online, keamanan akun Instagram harus dijaga salah satunya mengganti email yang aktif dan jangan sampai lupa akses passwordnya. Agar usaha semakin berkembang, kamu harus menggunakan aplikasi bisnis yang terintegrasi dengan Whatsapp Business API seperti Koala+. Dengan aplikasi ini, kamu bisa sebar promo dengan cepat menggunakan fitur pesan broadcast WhatsApp Business API dan pesan otomatis seperti chatbot. Selain itu, ada fitur Manajemen Produk & Transaksi dan Live Customer Service.

Koala+ juga menyediakan fitur website jualan cocok untuk kamu yang baru memulai jualan online. Adanya website jualan ini bisa membantumu untuk menyediakan katalog produk yang bisa dilihat oleh pengguna. Hanya perlu isi nama toko dan tambah produk, maka langsung dibuat otomatis dan bisa digunakan. Tunggu apalagi, yuk daftar dan download aplikasi Koala+ di Google Play Store dan App Store.