Cara Membuat Auto Reply DM Instagram yang Mudah

25 Februari 2023

Auto Reply DM Instagram merupakan fitur yang berfungsi untuk balas cepat di Direct Message (DM) di instagram secara otomatis. Fitur ini mempunyai sistem Bot Instagram yang dapat membalas DM dengan otomatis. Dengan DM otomatis Instagram, kamu bisa melayani pelanggan selama 24/7. Fitur Auto reply DM Instagram ini hanya tersedia di akun Instagram API. Maka, karena itu, kamu perlu untuk meng- upgrade akun instagram Business kamu menjadi Instagram API.

Cara auto DM Instagram ini mudah serta aman dan banyak di cari oleh pemilik toko di instagram (Instagram Shopping). Cara tersebut memberikan rasa nyaman dan aman untuk pemilik instagram shop atau orang yang ingin berbelanja. Lalu bagaimana caranya? Yuk simak uraian di bawah ini untuk mendapatkan jawabannya.

Baca Juga : Contoh Kata-Kata Auto Reply Whatsapp untuk Bisnis

Cara Membuat Auto Reply DM Instagram dengan Bot

Bagi kamu yang ingin membuat Auto DM Instagram dengan menggunakan bot itu cukup mudah. Namun sebelum itu, kamu harus mempunyai Instagram API. Berikut ini merupakan langkah yang dapat kamu lakukan.

1. Daftar ke Mitra Resmi Instagram

Daftar ke mitra API untuk Instagram yang resmi di Indonesia. Hal ini merupakan syarat pertama untuk bisa mendapatkan auto replay DM Instagram. Kamu bisa menghubungi mitra API untuk membantu kamu dalam menjalankan auto reply DM melalui Instagram.

2. Pastikan Mempunyai Facebook Page dan Role Admin

Pastikan bisnis kamu telah mempunyai Facebook Page. Apabila belum punya, kamu bisa membuatnya terlebih dahulu. Sudah banyak panduan resmi cara membuat Facebook Page di internet yang bisa dipelajari. Jika kamu sudah mempunyai Facebook Page, pastikan juga sudah punya role sebagai admin di Facebook Page tersebut.

3. Pastikan Menggunakan Akun Instagram Business

Auto reply DM di Instagram umumnya digunakan untuk perusahaan dan bisnis, jadi pastikan akun Instagram merupakan akun Instagram Business atau juga Professional Account. Berikut ini langkah-langkah mengubah akun Instagram biasa ke akun Instagram Business (Professional Account), yakni sebagai berikut:

  • Buka halaman profil Instagram serta kilik tombol yang berada di pojok kanan atas.
  • Kemudian, klik ‘Setting’ lalu klik ‘Account”.
  • Selanjutnya, klik ‘Switch to Professional Account’ kemudian klik ‘Continue’.
  • Pilih kategori bisnis Kamu serta klik ‘Done’ kemudian selanjutnya ‘OK’ untuk meng – konfirmasi.
  • Lalu, klik ‘Next’ dan masukkan detail kontak. 

 

4. Sambungkan Facebook Page dengan Akun Instagram Business

Setelah mempunyai Facebook Page dan juga akun Instagram Business (Professional Account), kamu harus menghubungkan keduanya. Berikut ini cara menghubungkan Facebook Page dengan akun Instagram Business yakni sebagai berikut ini:

  • Buka halaman profil Instagram.
  • Kemudian, pilih ‘Edit Profil’.
  • Pada bagian ‘Public Business Information’, pilih ‘Page’.
  • Selanjutnya, tekan ‘Create Facebook Page’ atau ‘Connect an Existing Page’.
  • Lalu, pilih Facebook Page yang ingin Kamu sambungkan atau pilih ‘Create a New Facebook Page’.
  • Terakhir, klik ‘Done’.

 

5. Mitra Resmi akan Melakukan Set-Up Instagram API

Jika persyaratan di atas semuanya telah lengkap, mitra resmi akan membantu untuk men set-  up Instagram API kamu. Jadi, kamu tidak perlu merasa kebingungan atau ragu karena mitra resmi akan membantu untuk set up.

6. Instagram API Siap untuk Di Gunakan

Setelah set-up selesai, mitra resmi akan memberikan informasi yakni berupa username serta password untuk mengakses auto reply DM di Instagram. Cara membuat auto reply DM Instagram selesai dan kamu bisa menggunakan fitur auto reply DM di Instagram untuk bisnis. Dengan begitu, penjualan produk atau jasa akan meningkat signifikan.

Baca Juga : Pengertian dan Cara Kerja Whatsapp API untuk Usaha

Cara Menggunakan Instagram Balasan Cepat

Selain cara-cara di atas, kamu juga bisa untuk menggunakan Instagram Balasan Cepat untuk membuat auto reply DM di instagram. Agar bisa menggunakan fitur ini, Kamu harus memastikan jika akun Instagram merupakan akun bisnis. Kamu bisa ikuti langkah – langkah di bawah ini untuk mengaktifkannya.

  • Buka aplikasi Instagram.
  • Kemudian, klik opsi profil di bagian bawah.
  • lalu, pilih opsi garis tiga yang berada di pojok kanan atas.
  • Masuk ke menu pengaturan Akun.
  • Scroll ke bawah serta tap di opsi beralih akun profesional.
  • Akun harus menjadi akun bisnis terlebih dahulu.
  • Kemudian, pilih jenis usaha serta beberapa data yang dibutuhkan.
  • Pada bagian akhir, kamu akan diberikan opsi Creator atau Business.
  • Pilihlah opsi Business untuk mengubah akunmu.
  • Lalu, balasan tersimpan dan mulai untuk membuat balasan cepatmu.

 

Itulah beberapa cara untuk mendapatkan Auto Reply DM Instagram. Dengan mengaktifkan Auto Reply ini kamu bisa mendapatkan beberapa manfaat seperti hemat biaya karena tidak perlu mempekerjakan orang sebagai admin, hemat waktu karena tidak perlu capek mengetik satu-satu dan terakhir engagement meningkat karena interaksi yang baik antara penjual dan pembeli.

Untuk mengembangkan bisnis lebih besar lagi, kamu juga harus menggunakan aplikasi bisnis terbaik yang terintegrasi dengan Whatsapp Business API seperti Koala+. Aplikasi ini menyediakan fitur-fitur premium seperti Broadcast Message, Chatbot, Manajemen Produk & Transaksi dan Live Customer Service. Fitur-fitur ini memudahkan kamu jualan online dan bisa meningkatkan penjualan setiap hari.

Jika kamu tidak memiliki toko online, tenang saja karena Koala+ memiliki fitur website jualan dengan katalog yang menarik. Caranya sangat gampang, kamu hanya perlu isi nama toko saja lalu tambahkan produk jualanmu. Toko online dari Koala+ bisa dikombinasikan dengan media sosial Instagram. Caranya dengan meletakkan link di bio Instagram. Jadi tunggu apa lagi, segera daftar Koala+ sekarang juga !