Cara Broadcast Whatsapp ke Banyak Kontak Aman dan Anti Blokir

3 Februari 2023

Untuk memaksimalkan promosi lewat Whatsapp, cara broadcast WhatsApp penting kamu lakukan. Apa itu broadcast WhatsApp? Broadcast WhatsApp adalah fitur WhatsApp yang berfungsi untuk mengirimkan pesan yang sama ke banyak kontak sekaligus dalam satu kali kirim. Jadi, kamu tidak perlu repot-repot mengirim pesan siaran satu persatu secara manual.

Broadcast WhatsApp sangat penting untuk kamu yang sedang menjalankan bisnis. Hampir semua profesi menggunakan fitur WhatsApp ini, mulai dari guru, pengusaha dan profesi lainnya menggunakan broadcast WhatsApp untuk kebutuhan kerja setiap hari. Apalagi fitur WhatsApp ini bisa dikirim secara gratis jadi lebih membantu lagi. 

Tanpa perlu membuat grup lebih dulu, user Whatsapp sudah bisa membagikan pesan kepada kontak yang ada. Bahkan kamu bisa melakukan sortir penerima pesan sesuai kebutuhan. Jadi pemilihan kontan yang mendapat pesan siaran bisa lebih leluasa karena tanpa batasan dan bisa bebas memilihnya.

Jika kamu tertarik menggunakan broadcast WhatsApp, ada beberapa syarat dan langkah-langkah cara menggunakan broadcast WhatsApp yang bisa dilakukan dengan mudah. Apa saja? Simak penjelasannya dibawah ini.

Baca Juga : Cara Membuat Akun Whatsapp Bisnis dan Kelebihannya

Syarat Mengirim Broadcast WhatsApp

Untuk broadcast WhatsApp ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi. Syaratnya tidak banyak dan cukup sederhana. Syarat ini penting untuk memudahkan proses pengiriman broadcast tanpa perlu takut diblokir. Jadi, pastikan untuk memahaminya dengan baik. Syarat-syaratnya antara lain:

  1. Hal pertama yang harus dipastikan adalah semua kontak di daftar siaran sudah menyimpan nomor teleponmu. Jadi di sini user hanya bisa berhasil menggunakan broadcast, jika pesan dikirim kepada kontak yang sama-sama menyimpan nomor telepon baik pengirim dan penerima.
  2. Tidak ada batasan berapa banyaknya daftar siaran atau broadcast yang dapat user WhatsApp buat.
  3. Pengguna WhatsApp bisa memilih hingga maksimal 256 kontak di setiap daftar siaran.
  4. Untuk memastikan agar semua pesan berhasil terkirim, disarankan untuk tidak mengirim pesan broadcast dalam satu waktu sekaligus. Nanti bisa dianggap sebagai bentuk tindakan spamming.
  5. Jika pengguna WA ingin mengirimkan pesan broadcast WhatsApp kepada lebih dari 256 kontak, user dapat mengubah nama daftar siaran atau menghapus daftar siaran yang sudah menerima pesan siaran.
  6. User juga perlu untuk menyalin template pesan agar nanti tidak perlu mengetik ulang pesan, kecuali jika ada isi pesan yang ingin diedit.

 

Baca Juga : Perbedaan WA Bisnis dan WA Biasa yang Wajib Diketahui

Cara Broadcast WhatsApp dengan Mudah

Cara menggunakan fitur pesan siaran WhatsApp ada beberapa perbedaan tergantung pada jenis smartphone atau perangkat telepon yang digunakan. Di sini, perangkat yang akan dibahas ada Smartphone Android dan iPhone. Meski berbeda, namun penggunaan broadcast WA tetap mudah dan anti ribet.

1. Cara Broadcast WhatsApp di Perangkat Android

Pertama mari mencari tahu bagaimana cara broadcast WhatsApp di perangkat Android lebih dulu. Langkah-langkahnya cukup mudah dan bisa dilakukan dalam waktu singkat.

  • Buka dan jalankan aplikasi WhatsApp.
  • Klik ikon titik 3 yang terletak di pojok kanan atas.
  • Pilih menu “New broadcast”.
  • Pilih lagi kontak tujuan untuk broadcast.
  • Setelah selesai memilih, ketuk tanda centang di pojok kanan bawah..
  • Secara otomatis fitur broadcast WhatsApp yang dibuat akan menampilkan ruang obrolan khusus untuk pesan siaran.
  • Ketik pesan broadcast di chat room dan jika sudah selesai, lanjut ketuk tombol kirim.

 

2. Cara Broadcast WhatsApp di Perangkat iOS

Setelah mengetahui bagaimana cara menggunakan fitur broadcast pada smartphone atau perangkat Android. Selanjutnya ketahui cara broadcast WhatsApp pada smartphone iOS atau iPhone.

  • Pertama silahkan buka aplikasi WhatsApp pada perangkat iPhone lalu ketuk menu Broadcast List atau daftar siaran yang ada di interface sebelah kiri atas
  • Selanjutnya silahkan membuat daftar kontak yang ingin diberi atau dikirim pesan lebih dulu dengan memilih menu New List
  • Jika sudah membuat daftar siaran nanti secara otomatis user akan dialihkan ke ruang chat untuk bisa membuat atau mengetik pesan. 
  • Jika pesan sudah dibuat dan diketik sesuai kebutuhan langsung saja ketuk tombol send atau kirim. Secara otomatis pesan yang sudah dibuat tadi terkirim kepada semua kontak yang sudah ditentukan sebelumnya. 

 

Cara Mengirim Broadcast WA ke Banyak Kontak

Bagi user WhatsApp yang ingin mengedit atau mengubah kontak, informasi, atau menghapus kontak penerima pesan siaran WhatsApp, berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan.

  • Pertama buka chat room broadcast.
  • Ketuk ikon titik tiga yang letaknya di pojok kanan atas.
  • Pilih menu “Broadcast list info”.
  • Untuk mengubah atau mengedit nama broadcast ketuk ikon titik tiga di kanan atas, dan pilih “Change broadcast list name”.
  • Untuk menambahkan kontak broadcast WhatsApp, klik pilihan “Edit recipients” yang terletak di atas daftar kontak broadcast.
  • Jika kamu ingin menghapus daftar di kontak broadcast, silahkan pilih “Delete broadcast list” yang posisinya terletak di bawah daftar kontak broadcast.

 

Itulah beberapa syarat dan cara broadcast WhatsApp ke banyak kontak yang mudah dan aman anti blokir. Untuk memaksimalkan fitur broadcast WhatsApp, kamu bisa menggunakan aplikasi Koala+ yang memiliki fitur Broadcast Message dan terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Dengan Koala+, kamu bisa promosi toko atau produk lewat pesan broadcast WhatsApp Business API.

Selain itu, fitur Broadcast Message Koala+ bisa meningkatkan penjualan kamu secara signifikan dan lebih hemat. Kamu bisa hemat biaya operasional sebesar 52% karena bisa promosi produk lebih direct & massal. Tidak hanya memiliki fitur Broadcast Message saja, Koala+ juga memiliki fitur chatbot, manajemen produk & transaksi dan live customer service. Dalam satu aplikasi semuanya ada. Tertarik mencoba? Yuk daftar Koala+ sekarang juga!