Cara Membuat Akun Whatsapp Bisnis dan Kelebihannya

9 November 2022

Meskipun kamu sehari-hari memakai WhatsApp, tapi belum tentu kamu mengerti atau malah mengetahui tentang cara membuat wa bisnis. Padahal, wa bisnis penting untuk dimiliki sekarang ini. Hal tersebut tak lepas dari banyaknya para pengguna WhatsApp. Oleh karena itu, mari bahas cara membuat wa bisnis.

Saat ini sudah banyak orang yang berjualan online. Mudahnya transaksi yang dilakukan secara online adalah salah satu alasan kenapa banyak orang yang melakukan hal tersebut. Kemajuan digital adalah mengapa saat ini banyak yang serba online, mulai dari bekerja hingga belanja. Apalagi pandemi menyerang dunia beberapa tahun belakangan ini. 

Penyebaran yang begitu cepat memaksa pemerintah harus melakukan pembatasan di mana-mana. Orang-orang dilarang berkumpul agar tidak menyebarkan virus. Namun hal tersebut membuat kegiatan sehari-hari menjadi cukup sulit, seperti belanja. Karena itu, belanja online digunakan.

Belanja online sebenarnya sudah lama adanya. Namun perkembangannya semakin signifikan semenjak pandemi belakangan. Belanja online tidak membutuhkan kontak fisik sehingga menjadi pilihan bagi masyarakat. Apalagi ketika belanja online, banyak hal yang tersedia. Mulai dari kebutuhan primer, atau bahkan aksesoris hingga perkakas.

Kelengkapan itu memudahkan para calon pembeli untuk mendapatkan barang yang mereka mau. Mereka bisa memilih bahkan sambil menunggu tertidur atau ketika baru terbangun di pagi hari. Apalagi tidak membutuhkan biaya untuk melihat barang-barang tersebut. Belum lagi banyak promo yang diberikan mulai dari potongan harga hingga gratis ongkir. 

Berjualan juga sama mudahnya. Seseorang bisa membuat akun untuk menjual produk yang ingin mereka jual. Bisa melalui e-commerce atau sosial media. Bahkan kamu bisa hanya sekedar menjual barang bekas dengan kondisi baik. Dengan promosi yang tepat, kamu bisa menjual barang yang ingin dijual.

Baca Juga: Contoh Kata-kata Promosi Lewat WhatsApp yang Bikin Laris

Salah satu platform yang sering digunakan untuk belanja online adalah e-commerce. Karena transaksi menggunakan e-commerce cenderung lebih aman dan lebih sistematis. Kamu dapat melihat di mana paket kamu berada tanpa perlu melacak paket. Sistem e-commerce akan melaporkan di mana barang kamu berada.

Sebelumnya, orang juga sering melakukan transaksi belanja online dengan media sosial. Apalagi media sosial adalah salah satu aplikasi dengan banyak pengguna. Jumlah pengguna media sosial mungkin mencapai milliaran di dunia. Jangkauan media sosial juga cukup luas. Platform seperti Facebook dan Instagram menjadi media sosial favorit untuk berjualan. Mereka juga menyediakan akun bisnis bagi para pelaku usaha.

Apalagi banyak masyarakat yang menghabiskan sebagian besar waktu hariannya di media sosial. Jadi, berjualan di media sosial merupakan sebuah pilihan logis. Kamu juga bisa berjualan sambil melakukan promosi di media sosial tanpa dipungut biaya alias gratis. Bahkan rata-rata bisnis terutama menengah ke atas biasanya memiliki akun Instagram official.

Pengguna Instagram juga sangat beragam. Mulai dari anak kecil hingga orang tua biasanya mempunyai Instagram tempat mereka membagikan foto pribadi mereka. Jadi berjualan di Instagram bisa menjadi pilihan tepat karena variasi pasar yang tersedia di dalamnya. Pembuatan akunnya juga cukup mudah.

Akun online shop biasanya meletakkan nomor kontak agar para pelanggan menghubungi mereka. Apalagi penjual tidak selalu membuka aplikasi tersebut. Salah satu nomor kontak yang sering digunakan adalah melalui aplikasi WhatsApp. WhatsApp sendiri adalah salah satu aplikasi pesan instan terbesar di dunia dan paling banyak digunakan di Indonesia.

WhatsApp mudah digunakan dan sangat ramah pengguna. Seorang yang sebelumnya belum pernah menggunakan pasti akan bisa terbiasa memakainya dalam waktu cepat. Praktis dan mudah digunakan membuat WhatsApp cocok digunakan oleh para pelaku usaha. Apalagi WhatsApp juga mempunyai versi untuk bisnis.

Akun Bisnis WhatsApp

Akun bisnis WhatsApp adalah versi dari WhatsApp yang penggunaannya ditujukan bagi bisnis atau pelaku usaha. fitur -fitur yang terdapat di dalamnya dibuat untuk memudahkan para pelaku usaha agar dapat bertukar pesan dengan pelanggan dengan mudah.

Di bawah ini merupakan langkah untuk membuat akun bisnis WhatsApp

  • Unduh aplikasi WhatsApp for Business di handphone yang dijadikan sebagai media untuk berjualan.
  • Lalu, buat akun bisnis WhatsApp dari bisnis yang bersangkutan dengan nomor yang ingin kamu jadikan sebagai nomor kontak.
  • Kemudian, kamu bisa pilih menu pengaturan, pengaturan bisnis dan profil.
  • Di menu profil, kamu harus mengisi semua informasi tentang bisnis kamu. Mulai dari nama usaha, lokasi, situs, ataupun kontak lainnya. Kamu sebaiknya mengisi selengkap mungkin agar calon pelanggan merasa percaya. Isi informasi mengenai bisnis kamu. Kamu bisa mengisi nama bisnis kamu, tempat kamu berjualan, tautan dan kontak-kontak lainnya. Semakin banyak yang kamu isi, semakin terpercaya bisnis kamu.

 

Kelebihan Akun Bisnis WhatsApp

Berikut ini beberapa kelebihan akun bisnis WhatsApp yang perlu kamu ketahui. 

Profil

Berbeda dengan akun WhatsApp biasa, pada akun bisnis WhatsApp kamu akan mendapatkan profil untuk berjualan. Profil tersebut tentu bisa kamu isi dengan bisnis yang sedang kamu jalani mulai dari nama toko, lokasi toko, jam buka ataupun tautan lainnya mengenai bisnis yang sedang dijalani tersebut.

Profil tersebut akan membuat para pelanggan semakin merasa yakin dengan toko milikmu. Dibanding dengan akun WhatsApp biasa, tentunya hal tersebut akan membuat akun WhatsApp bisnis toko akan menjadi lebih terpercaya.

Baca Juga: Begini Caranya Membuat Link WhatsApp di Instagram!

Katalog

Penting bagi suatu toko, apalagi yang menjual beberapa produk, untuk memiliki katalog. Dengan begitu, para calon pelanggan bisa langsung memilih produk mana yang ingin mereka beli. Akun WhatsApp bisnis memiliki fitur tersebut sehingga tidak jauh berbeda dengan platform belanja online.

Apalagi katalog di dalamnya bisa berisi informasi mengenai produk-produk yang kamu jual. Informasi tersebut berupa nama produk, foto produk maupun deskripsi mengenai produk yang dijual. Jadi ketika pelanggan chat dengan kamu, mereka bisa langsung memilih dari katalog tersebut tanpa melihat dari platform lain.

Penjawab Pesan Otomatis

Akun WhatsApp bisnis pasti akan jauh lebih sibuk dari WhatsApp biasa. Hal tersebut karena semua pengirim pesan pasti dari pelanggan, baik yang hanya ingin bertanya atau justru ingin melakukan pemesanan.

Kamu akan mendapatkan template untuk menjawab pesan otomatis sehingga jika pertanyaan yang ditanyakan adalah yang biasa dan sering ditanyakan, kamu bisa menjawab pesan tersebut secara otomatis meskipun kamu sedang tidak online.

Label

Akun WhatsApp suatu toko pasti akan penuh dengan chat dari pelanggan. Apalagi jika bisnis yang dijalankan mulai ramai, tentu setiap harinya chat pelanggan akan membludak. Hal tersebut akan membuat kewalahan.

Dengan adanya fitur label dari akun bisnis WhatsApp, kamu tidak lagi merasa kewalahan. Kamu dapat memberi label pada tiap chat, mulai dari chat pesanan tertentu, chat pesanan yang sedang diproses ataupun sudah diselesaikan.


Demikian penjelasan singkat mengenai akun bisnis WhatsApp serta fitur-fitur yang bisa kamu dapatkan untuk bisnis. Kamu juga dapat menggunakan Koala untuk manfaat lain yang bisa membantu bisnis yang kamu jalani seperti kontak pelanggan. Ada fitur Koala+ yang berisi chatbot dan live customer service. Tunggu apalagi, yuk pakai Koala!