Perbedaan WA Bisnis dan WA Biasa yang Wajib Diketahui

30 Desember 2022

Perbedaan wa bisnis dan wa biasa penting diketahui pengguna Whatsapp. Aplikasi chatting ini terus berkembang dan menambah fungsionalitas serta layanan bagi pengguna. Pada tahun 2018, WhatsApp telah merilis WA bisnis atau Whatsapp Business, sebuah aplikasi obrolan OTT atau over of the top yang bisa menciptakan fungsi dan kenyamanan pesan pribadi kepada pelanggan.

Whatsapp Business memberikan berbagai fitur yang mendukung pelaku bisnis online. Kamu bisa melakukan promosi brand atau merk melalui Whatsapp Business. Penggunaannya juga sangat mudah, bisa akses melalui PC atau Smartphone. Lalu apa bedanya dengan Whatsapp biasa? Untuk lebih jelas mari simak apa saja perbedaan WA bisnis dan WA biasa dibawah ini.

Perbedaan WA Bisnis dan WA Biasa

Melihat dari kemampuan operasionalnya, ada fitur yang membedakan keduanya. Namun pada intinya kedua jenis messenger tersebut dapat digunakan secara perorangan untuk komunikasi pribadi atau secara kelompok. Komunikasi pribadi dilakukan dengan WA biasa dan untuk komunikasi kelompok menggunakan WA bisnis. Berikut penjelasannya:

1. Logo Aplikasi

Pembeda yang cukup mencolok namun sering terlewat antara WA bisnis dan yang biasa ada pada logo aplikasi. Tampilan logo WA bisnis ini memiliki background atau latar belakang berwarna hijau dengan huruf kapital B.

Sementara itu, untuk aplikasi WhatsApp biasa logonya hanya menggunakan gambar gagang telepon dengan warna hijau.

2. Profil

Selain logo aplikasi, ada juga perbedaan yang cukup jelas diantara WA bisnis dan biasa yaitu profil pengguna. Pada WA bisnis user bisa menampilkan informasi terkait kategori bisnis sampai tampilan katalog produk.

Ini gunanya memudahkan proses order bagi pelanggan. Hanya dengan mengklik profil informasi penting sebuah bisnis online sudah tertera secara lengkap dan jelas. Jika ada yang kurang dipahami, pelanggan bisa langsung mengirim chat pada adminnya.

Berbeda dengan WA bisnis, pada WhatsApp biasa atau penggunaan pribadi, isi dari profil pengguna hanya tentang nama, foto atau gambar, serta nomor telepon. Sangat berbeda sekali dengan WA bisnis yang bisa menampilkan nama bisnis, logo, kategori, URL web, katalog, lokasi dan jam kerja.

Baca Juga : Cara Membuat Akun Whatsapp Bisnis dan Kelebihannya

3. Label pada Kontak

Untuk yang belum pernah menggunakan WhatsApp khusus untuk bisnis, ada fitur label kontan dengan kode warna secara kategoris. Fitur ini dapat dimanfaatkan pelaku bisnis untuk mengurutkan kontak sesuai nama serta label khususnya. User bisa membuat hingga maksimal 20 label khusus pada daftar chat.

4. Keamanan

Bicara soal keamanan, WhatsApp bisnis atau pribadi memiliki sistem yang sama. Kedua platform mempunyai enkripsi ujung ke ujung untuk setiap pesan. Setiap pesan yang masuh sepenuhnya diamankan oleh satu protokol yang tidak bisa dibobol atau diakses dengan pengguna pihak ketiga.

Namun untuk WhatsApp bisnis, user bisa mengumpulkan informasi pelanggan. Nantinya user bisa meningkatkan pengalaman belanja mereka dari layanan yang ada pada WA bisnis tersebut.

5. Otomatisasi Pesan

Perbedaan lain dari WA bisnis dengan yang biasa adalah otomatisasi pesan. Pengguna WhatsApp pribadi tidak bisa melakukan otomatisasi pesan. Namun sebaliknya, user WA bisnis dapat melakukan hal itu karena memang fiturnya tersedia.

Jadi di sini, user WhatsApp bisnis bisa melakukan pesan otomatis yang bisa terkirim kepada pelanggan yang mengirim chat dengan fast respon. Fitur tersebut tentunya sangat bermanfaat bagi orang yang sibuk atau memiliki banyak pelanggan yang harus direspon dengan cepat.

Di sini ada tiga fungsi otomatisasi pesan pada WhatsApp bisnis, yaitu Quick replies atau teks balasan cepat, away messages atau pesan di luar jam, lalu greeting messages atau pesan salam.

6. Statistik Pesan

Fitur yang membedakan dan cukup mencolok antara WhatsApp bisnis dan yang biasa ada pada statistik pesan. Di sini user dapat membuat laporan statistik pesan dengan detail dan terperinci. Tentunya hal ini tidak ada pada WhatsApp biasa karena laporan statistik pesannya terbatas. Pengguna dapat melakukan analisis melalui metrik aplikasi yang sudah ditentukan sebelumnya, untuk user WA bisnis.

Isi dari statistic pesan ini berisi jumlah pesan yang telah dikirim, dibaca, serta yang diterima. Fitur ini menjadi salah satu elemen penting untuk pelaku bisnis, analisis kinerja jadi bisa dilakukan dari dasbor akun.

Baca Juga : Contoh Kata-Kata Promosi Lewat Whatsapp untuk Bisnis

7. Konektivitas Profil

Baik WhatsApp untuk personal atau yang untuk bisnis, sama-sama mendukung tautan klik untuk terhubung dengan memanfaatkan kode QR. Hal itu pun dapat dilakukan untuk berinteraksi dengan nomor telepon yang digunakan untuk WA. Pengguna hanya perlu melakukan pemindaian kode dan sudah bisa memulai obrolan.

Setiap akun akan memiliki kode QR sendiri-sendiri dan berbeda. Pemilik WA bisnis yang dapat membuat short link melalui pengaturan akunnya. Setelah link tersebut jadi bisa dibagi kepada pelanggan. Ini cara untuk memulai obrolan dengan calon pelanggan ke akun WA bisnis yang dimiliki.

Pada intinya WA bisnis dan personal berbeda fungsi dan fitur hampir secara keseluruhan. Tujuan dibuatnya WA bisnis ini sendiri untuk membantu pelaku bisnis lebih mudah berkomunikasi dengan pelanggan.

Itulah perbedaan WA bisnis dan WA biasa. Jadi, jika kamu sedang menjalankan bisnis sebaiknya gunakan WA bisnis untuk berkomunikasi dengan client atau pelanggan. Atau jika ingin menggunakan Whatsapp lebih maksimal lagi untuk bisnis gunakan aplikasi bisnis terbaik seperti Koala+.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa menjalankan usaha dengan mudah. Aplikasi Koala sudah dilengkapi dengan beberapa fitur canggih, seperti Broadcast Message yang berguna untuk menyebarkan promosi toko atau produk melalui pesan broadcast Whatsapp Business API. Selain itu, ada fitur Chatbot yang berguna membantu kamu membalas pesan pelanggan lebih cepat.