Contoh Kata-kata Promosi Lewat WhatsApp untuk Bisnis!

8 November 2022

Kalau kamu mencari kata-kata promosi di WhatsApp, banyak yang bisa kamu gunakan. Karena promosi sangat penting dalam bisnis. Tanpa promosi, tidak banyak orang yang bisa mengetahui bisnis yang sedang kamu jalankan. Dengan menggunakan kata-kata promosi lewat WhatsApp, kamu bisa menjangkau banyak orang.

Saat ini belanja online semakin marak dilakukan oleh hampir kebanyakan orang. Kemudahan dan praktis membuat orang memilih untuk belanja online. Orang tidak perlu repot mengeluarkan kendaraan atau menaiki transportasi umum untuk membeli barang di tempat tertentu. Yang mereka lakukan cukup mencari barang yang mereka ingin beli, lalu memesan dan menunggu hingga barang tersebut sampai.

Baca Juga: Contoh Kata-Kata Promosi Jualan Baju untuk Online Shop Kamu

Kamu pun tidak akan kerepotan mencari di mana harus membeli barang tersebut. Dengan sekedar memasukkan nama barang tersebut di mesin pencari, kamu bisa menemukan benda yang kamu inginkan beserta harganya. Terlebih, kalau kamu hanya ingin membeli sebuah barang yang bahkan tidak terlalu mahal, tentu rasanya malas untuk keluar.

Selain itu, mudah untuk membandingkan barang ketika belanja online. Ketika kamu mencari sebuah barang, kamu dapat membandingkan harga dengan toko lain atau dengan produk lain dengan range harga yang tidak jauh berbeda. Selain itu, kamu juga bisa saja tidak perlu lama menunggu. Jika kamu membutuhkan barang tersebut secepatnya, kamu bisa menggunakan layanan instan. Tentu saja dengan syarat penjual harus berada satu kota dengan kamu.

Banyaknya orang yang sering belanja online berarti berjualan online juga menjadi sebuah kesempatan yang menarik. Setali tiga uang dengan berbelanja, berjualan juga diberi kemudahan. Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk berjualan secara online. Yang perlu kamu lakukan hanya lebih fokus ke produk dan melakukan promosi. Bahkan kamu juga bisa berjualan di media sosial yang mempunyai jangkauan sangat luas.

Dengan berjualan online, kamu bisa menghemat modal, waktu dan tenaga. Meski mungkin saja jika bertambah besar, kamu akan membutuhkan toko fisik untuk berjualan. Namun kemajuan dunia digital tentu membuat berjualan online cukup mudah dilakukan dan dijalankan pada masa sekarang.

Meskipun begitu, tak berarti semuanya jadi mudah. Sama halnya dengan berjualan offline, berjualan online juga tetap sulit. Meskipun berbeda platform, tapi kamu tetap harus melakukan hal yang sama. Memproduksi barang, melayani pelanggan, hingga melakukan promosi produk yang kamu jual.

Promosi Produk

Melakukan promosi untuk layanan ataupun produk yang kamu jual tidak pernah mudah. Tidak hanya butuh tenaga yang banyak, namun juga harus tepat dalam melakukan promosi agar para calon pelanggan menjadi tertarik untuk mencoba produk atau jasa yang kamu jual. Banyak medium promosi yang bisa kamu gunakan. Jika dulu bisnis lebih sering menggunakan brosur, pamflet, iklan di tv atau radio, saat ini sudah semakin banyak.

Kamu bisa menggunakan media sosial sebagai promosi, kamu bisa menggunakan ads di berbagai platform, dan semacamnya. Kemajuan digital membuat hal tersebut semakin memungkinkan. Jika tepat, bahkan promosi yang kamu lakukan bisa mencapai belahan dunia lain.

Bahkan, kamu bisa menggunakan aplikasi pesan instan sebagai media promosi, apallagi aplikasi pesan instan adalah aplikasi yang paling sering digunakan masyarakat di dunia dalam kehidupan sehari-hari. Setiap negara biasanya menggunakan aplikasi pesan instan yang berbeda. Pada Indonesia, WhatsApp adalah aplikasi yang paling sering digunakan. WhatsApp tidak hanya digunakan untuk kepentingan berbicara saja, namun juga bisnis.

Bahkan banyak kantor yang menggunakan WhatsApp sebagai media komunikasi. Jadi tidak heran jika WhatsApp juga bisa digunakan sebagai media promosi karena salah satu aplikasi yang paling sering digunakan harian adalah WhatsApp. Biasanya kontak orang lain dapat terekam secara otomatis di WhatsApp. WhatsApp sendiri pun mempunyai akun bisnis melalui WhatsApp for Business.

Oleh karena itu, menggunakan WhatsApp untuk keperluan promosi juga merupakan langkah yang logis. Aplikasinya juga cenderung mudah digunakan, serta jangkauannya luas. Mulai dari anak kecil hingga lansia banyak yang menggunakan WhatsApp. Alasan-alasan tersebut membuat promosi menggunakan WhatsApp sebaiknya menjadi salah satu metode yang harus kamu lakukan. Ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk melakukan promosi di WhatsApp.

Tips dan Contoh Kata-Kata Promosi di WhatsApp

Berikut ini adalah tips dan contoh kata-kata promosi di WhatsApp. 

Menjelaskan Produk atau Layanan

Karena WhatsApp sendiri merupakan platform untuk berkirim pesan secara instan, jadi meskipun akun bisnis kamu tidak seleluasa itu untuk melakukan promosi. Saat melakukan promosi, sebaiknya kamu menjelaskan produk atau layanan yang kamu jual secara singkat, padat, dan tepat. 

“Jika kamu mencari mie ayam yang bisa kamu simpan sebelum kamu makan, kamu berada di tempat yang tepat. Di mie ayam X, kami menyediakan mie ayam frozen yang bisa kamu hangatkan sewaktu-waktu. Kamu tidak perlu repot keluar untuk beli mie ayam”. Kata-kata ini merupakan contoh kata-kata promosi lewat WhatsApp yang bisa kamu gunakan.

Memberikan Promo

Tidak ada masyarakat yang tidak menyukai promo, bahkan orang yang lebih dari cukup sekalipun. Selain itu, promo juga baik untuk suatu produk. Dengan memberikan promo, kamu bisa meningkatkan awareness untuk merek dan produk yang sedang kamu jual. Jika berhasil, setelah masa promo selesai, para pembeli sudah merasa cocok dengan produk kamu dan tetap akan melakukan pembelian meskipun sudah tidak ada promo lagi.

“Promo bulan Mei, setiap pemesanan 1 lusin donat T, anda akan mendapatkan 6pcs donat mini beraneka rasa. Terbatas selama persediaan masih ada”. Ini merupakan contoh kata-kata promosi lewat WhatsApp dengan menekankan promo yang ada. Hal ini tentu akan menarik minat calon pembeli. Misalnya para pembeli yang tadinya hanya ingin membeli setengah lusin donat jadi tertarik untuk membeli satu lusin. Atau malah seseorang yang tidak ingin membeli donat jadi tertarik untuk membelinya karena menginginkan cemilan manis setelah melihat promosi tersebut.

Baca Juga: Kata-Kata Promosi Jualan Makanan Cemilan yang Menarik


Berikan Keunggulan Produk Kamu

Karena online, semua orang mempunyai banyak pilihan. Jadi apapun media promosinya, penting bagi kamu untuk menekankan keunggulan produk kamu sehingga orang mempunyai urgensi untuk membeli produk di toko kamu. Hal tersebut akan membuat calon pelanggan berpikir dibandingkan jika kamu tidak menulis keunggulan yang dimiliki oleh produk kamu.

“Dengan mencuci sepatu di Laundry B, kamu tidak perlu repot-repot mengantarnya pada kami. Kami dapat menjemput sepatu dengan minimal pencucian 2 sepatu dan radius 2 kilometer. Kami juga akan mengantarnya kembali ke tempat anda”. Kata-kata tersebut adalah contoh kata-kata promosi lewat WhatsApp yang menekankan keunggulan produk yang kamu jual.

Demikian adalah artikel singkat mengenai belanja online serta contoh kata-kata promosi lewat WhatsApp. Kamu bisa menyesuaikan bahasa yang digunakan sesuai dengan target pasar yang kamu tuju. Dengan begitu calon pelanggan akan merasa lebih relatable dengan produk kamu.


Kamu bisa memakai Koala untuk membantu kamu berjualan lho! Keunggulan Koala+ adalah sudah terintegrasi dengan WhatsApp Business API sehingga kamu bisa mengelola transaksi dengan mudah dan otomatis dalam satu dashboard. Mudah dan efisien, bukan?