Cara Membuat Instagram Bisnis dan Keuntungan untuk Usaha

25 Februari 2023

Sudah memiliki instagram bisnis? Jika belum, kamu bisa mengikuti langkah-langkah cara membuat instagram bisnis yang mudah disini. Instagram bisnis merupakan salah satu jenis media sosial yang bisa digunakan oleh para pelaku bisnis untuk mengembangkan usaha serta menjual produk-produknya. Ini karena banyak fitur instagram bisnis yang mempermudah pebisnis dalam mengelola usaha yang dijalankan.

Posting instagram bisnis lebih mudah digunakan untuk penjualan serta mencari konsumen baru yang berpotensi membeli dan berlangganan. Seperti apa cara membuat akun instagram bisnis ini? Simak penjelasannya sampai akhir di sini.

Cara Membuat Instagram Bisnis

Untuk membuat akun instagram bisnis kurang lebih sama seperti membuat akun media sosial pada umumnya. Kamu perlu melakukan beberapa langkah dengan benar dan teliti. Tak banyak perbedaan juga dengan pembuatan akun IG bisnis dengan yang personal. Mari intip step by step nya.

  • Pertama silahkan buka akun Instagram personal yang dimiliki lalu masuk ke halaman profil. Pilih opsi garis titik tiga yang ada di pojok kanan atas dimana itu adalah menu Setting atau Pengaturan.
  • Setelah masuk ke menu setting silahkan cari opsi menu Account dan ketuk.
  • Jika sudah langsung saja pilih Switch to Professional Account atau Beralih ke Akun Bisnis dengan mengetuk nya satu kali.
  • Lanjutkan dengan prose mengubah jenis akun dengan cara mengetuk tombol Lanjutkan atau Continue.
  • Jika sudah bisa menentukan kategori akun dari pilihan yang ada sesuai kebutuhan, lalu ketuk Selesai atau Done.
  • Lalu tentukan juga jenis akun antara akun bisnis atau kreator. Jika ingin berjualan di instagram maka silahkan buat akun usaha. Akun kreator untuk membuat konten digital.
  • Jika sudah menentukan kategori bisnis maka langkah selanjutnya melakukan konfirmasi alamat email serta nomor telepon yang khusus digunakan untuk bisnis.
  • Langkah selanjutnya adalah menghubungkan profil IG bisnis ke laman media sosial lain yaitu Facebook. Kalau belum ada akun FB bisa klik Skip.
  • Akun personal yang ada sudah beralih menjadi akun bisnis dan langsung bisa digunakan.
  • Cukup mudah bukan mengubah akun instagram personal menjadi bisnis. Untuk membuat akun baru juga bisa dimana caranya sama dengan membuat akun personal hanya saja dibedakan pada pilihan kategori akun.

 

Baca Juga : Cara Membuat Iklan di Instagram dan Tips Terbaiknya

Keuntungan Menggunakan Instagram Bisnis Untuk Usaha

Bagi pelaku bisnis terutama yang jenis bisnisnya online sangat disarankan menggunakan akun instagram bisnis agar usaha lebih cepat maju. Banyak sekali keuntungan yang dapat dirasakan pengguna IG bisnis tersebut. Apa saja? Yuk simak beberapa keuntungan menggunakan instagram bisnis dibawah ini.

1. Berpeluang Besar Menambah Pelanggan Baru

Dalam sebuah bisnis, pelanggan adalah kunci keberhasilan. Semakin banyak pelanggan artinya bisnis semakin berkembang dan maju. Instagram yang menjadi salah satu media sosial dengan banyak pengguna sangat membantu dalam meningkatkan konsumen.

Sekarang pengguna instagram sendiri tak hanya fokus menggunakan akunnya untuk menyimpan momen berharga dan berkomunikasi, banyak juga yang menggunakannya untuk berbelanja kebutuhan.

Hal ini karena IG memang memiliki fitur khusus untuk shopping layaknya aplikasi marketplace. Tak heran jika pelaku bisnis sangat membutuhkan akun instagram bisnis untuk bisa lebih cepat sukses.

2. Bisa Menghasilkan Uang Langsung

Dari instagram, pelaku bisnis juga bisa menghasilkan uang secara langsung. Di sini pengguna media sosial populer tersebut bisa membuat konten yang menarik terkait produknya. Nanti akan ada orang yang tertarik lalu melakukan pemesanan.

Secara tidak langsung pengguna menghasilkan uang hanya dengan memposting produk di IG bisnis. Ini bisa memaksimalkan penjualan apalagi di bio instagram ada fitur untuk menambah link.

3. Usaha Berkembang Cepat

Ketika sudah mendapatkan pelanggan baru yang banyak dan penjualan terus meningkat, secara otomatis usaha bisa berkembang dengan cepat. Memiliki akun instagram bisnis tersebut memang memudahkan pengguna memajukan usahanya.

Usaha yang memiliki akun IG bisnis citranya bagus di mata konsumen. Dianggap sebagai usaha yang tidak main-main dan berkualitas oleh pelanggan. Tentunya itu akan membuat usaha jadi lebih populer dan mendapatkan kepercayaan dari konsumen.

4. Efektif Terlibat dengan Pelanggan

Akun instagram bisnis juga akan memudahkan pelaku bisnis dalam berinteraksi langsung dengan konsumen. Respon cepat dan pelayanan profesional jadi lebih mudah dilakukan dengan adanya akun khusus bisnis ini.

Pelanggan akan merasakan pelayanan yang memuaskan terutama dalam hal respon yang cepat. Tak hanya itu , konsumen juga jadi lebih mudah dalam mengenal usaha yang sedang dijalankan. Secara tidak langsung membuat akun IG bisnis artinya membangun brand awareness juga.

Baca Juga : Impresi Instagram adalah: Pengertian dan Cara Meningkatkannya

5. Memantau Kompetitor

Selama melakukan atau menjalankan sebuah usaha tentu ada yang namanya kompetitor. Dari akun instagram khusus usaha pelaku bisnis bisa memantau siapa saja pesaingnya.

Dengan memantau para kompetitor pelaku bisnis dapat menentukan strateginya dalam mengembangkan bisnis agar tidak kalah saing dengan yang lain. Jadi disini pemantauan pesaing adalah untuk memotivasi diri agar bisa lebih baik lagi dalam berbisnis.

Itulah beberapa cara membuat instagram bisnis dan keuntungan untuk usaha. Cukup mudah bukan cara membuatnya? Hasil akan lebih maksimal jika memadukan media sosial tersebut dengan aplikasi bisnis yang terintegrasi dengan Whatsapp Business API seperti Koala+.

Aplikasi Koala+ menyediakan fitur website jualan dengan katalog yang menarik. Caranya sangat gampang, kamu hanya perlu isi nama toko saja lalu tambahkan produk jualanmu. Link katalog produk di Koala+ bisa ditaruh di bio instagram bisnis.

Selain itu, Koala+ juga memiliki fitur pengelola chat yang canggih cocok untuk para pelaku bisnis. Dengan aplikasi bisnis ini, kamu bisa sebar promo dengan cepat dan otomatis. Jadi tunggu apa lagi, segera daftar Koala+ sekarang juga!