Cara Chat WA tanpa Save Nomor dan Kegunaannya dalam Bisnis

3 Februari 2023

Saat ini cara chat WA tanpa save nomor bisa dilakukan dengan mudah. Seperti yang kamu ketahui, biasanya saat ingin mengirim pesan ke seseorang lewat WhatsApp harus menyimpan nomornya terlebih dahulu. Tentu ini menghambat kamu saat ingin mengirim pesan ke banyak pelanggan karena harus save nomornya satu-satu. Berikut ini beberapa cara chat WA tanpa save nomor dan kegunaannya dalam bisnis.

Cara Chat WA Tanpa Save Nomor

 

1. Click to Chat

WhatsApp menyediakan opsi mengirimkan pesan ke nomor yang belum di save di kontak kamu. Namun, penggunaan fitur ini memang terbilang cukup rumit. Sebab, tak bisa diakses langsung dari aplikasinya.

Fitur click to chat hanya bisa digunakan saat kamu mempunyai nomor telepon yang akan dikirimi pesan. Dengan fitur tersebut, kamu bisa membuat link, dimana saat dibuka langsung membuka chat baru dengan pengguna wa tersebut.

Adapun untuk langkah-langkah menggunakannya antara lain:

  • Pertama, bukalah browser di smartphone.
  • Setelah itu masukkan alamat https://wa.me/nomorwhatsapp. Nah, untuk nomor telepon yang kamu tuliskan tersebut harus mencakup kode wilayah dan kode negara, tanpa adanya embel-embel tanda baca lainnya.
  • Lalu, tekan tombol enter dan WhatsApp segera mengarahkan kamu ke situs click to chat.
  • Tekan tombol hijau yang muncul pada layar agar memulai chat di WhatsApp kamu.

 

Baca Juga : Cara Membuat Akun Whatsapp Bisnis dan Kelebihannya

2. Berada dalam Grup yang Sama

Saat sedang berada di dalam grup, kamu punya akses untuk melihat kontak siapa saja yang tergabung ke dalam grup tersebut. Nah, disinilah kamu bisa mengirimkan pesan ke kontak yang tertera di grup, bahkan kamu bisa menelpon kontak tersebut. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka dulu grup chat.
  • Kemudian tampilkan partisipan atau anggota grup yang ada di dalamnya.
  • Klik nomor telepon yang ingin kamu hubungi.
  • Setelah itu, pilih opsi send message agar chat room bisa terbuka segera.
  • Sekarang kamu sudah bisa saling mengirim pesan.

 

3. Melalui Link Resmi Whatsapp

Apabila kamu dan penerima pesan tidak berada di grup yang sama, tak perlu khawatir ya. Karena kamu bisa memanfaatkan link resmi dari WA agar bisa menghubunginya tanpa harus menyimpan nomor teleponnya. Berikut caranya:

  • Pergi ke browser yang ada di laptop atau smartphone.
  • Setelah itu, masukkan link https://wa.me/nomortelepon ke mesin pencari.
  • Lalu gantilah nomor telepon menggunakan nomor HP yang akan dicat. Masukkan dengan lengkap tetapi tanpa tanda plus (+) ya.
  • Setelah itu, masuk ke laman wa web. Nah, klik message dan continue to chat agar ruang chatnya terbuka.

 

4. Melalui Link Alternatif

Kamu juga bisa menggunakan link alternatif agar bisa chat WA tanpa save nomor. Kurang lebih caranya hampir sama dengan poin diatas. Kamu tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan cukup lewat link API WhatsApp saja. Jadi, untuk keamanannya sangat terjamin.

Berikut ini linknya : https://api.whatsapp.com/send?phone=nomor telepon

Langkah pertama, ganti “nomor telepon” dengan nomor telepon teman atau seseorang yang ingin kamu chat. Setelah itu salin link di browser smartphone atau komputer. Lalu link akan segera mengalihkan kamu ke chat room WhatsApp.

5. Memasukkan Nomor Telepon ke Widget Google

Terakhir, kamu bisa chat WA tanpa save nomor dengan memasukkan nomor telepon ke widget Google. Sayangnya, cara ini hanya bisa digunakan di perangkat smartphone android saja. Kamu cukup memasukkan nomor hp yang akan dihubungi di widget pencarian google. Selain itu pastikan kode negara dan tanda plusnya tercantum ya. Ikuti langkah di bawah ini:

  • Pilih nomor dan tanda plusnya sampai muncul perintah call, cut, copy, paste, serta titik tiga.
  • Lalu, klik tanda titik tiga dan pilih opsi message dengan iko wa di sampingnya.
  • Kamu akan segera diarahkan ke aplikasi WhatsApp.
  • Nanti, chat room akan segera terbuka dan sekarang kamu bisa saling mengirimkan pesan.

 

Baca Juga : Perbedaan WA Bisnis dan WA Biasa yang Wajib Diketahui

Kegunaan Chat WA tanpa Save Nomor Dalam Bisnis

Ada banyak alasan kenapa pelaku bisnis tidak suka menyimpan nomor pelanggannya. Mulai dari kontak yang terlalu penuh atau hanya punya satu nomor pribadi yang hanya digunakan untuk chat keluarga, teman dan partner. Untuk itu chat WA tanpa save nomor perlu dilakukan. Berikut berbagai kegunaannya:

  • Praktis, kamu tidak perlu repot untuk menyimpan nomor tujuan menjadi kontak telepon terlebih dahulu.
  • Menghemat waktu dan memori telepon karena tidak menyimpan nomor di kontak
  • Fleksibel, kamu bisa membagikan dan mengirimkan link chat WhatsApp ke siapapun tanpa menyimpan nomor tujuan
  • Meningkatkan penjualan karena bisa kontak banyak orang tanpa save nomor.

 

Itulah beberapa cara chat WA tanpa save nomor dan kegunaannya dalam bisnis. Dengan cara ini, kamu bisa fokus untuk mengembangkan bisnis. Jika menggunakan cara manual, kamu harus menyalin ulang setiap nomor yang akan dikirimkan pesan. Tentu, ini akan menghabiskan waktu dan tenagamu. Namun jika kamu menggunakan link, cukup sekali klik saja langsung keluar chat room untuk berinteraksi dengan pelanggan.

Masih banyak cara memaksimalkan WhatsApp untuk bisnis. Salah satu caranya dengan menggunakan aplikasi bisnis terbaik di Indonesia yaitu Koala+. Kamu bisa menggunakan berbagai fitur yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API seperti Broadcast Message untuk promosi toko atau produk dan Chatbot untuk membalas pesan pelanggan lebih cepat.

Selain itu, Koala+ juga memiliki fitur Manajemen Produk & Transaksi yang bisa membantu kamu mengelola produk, transaksi dan membuat website jualan dengan mudah dan cepat. Ada juga fitur Live Customer Service untuk melayani pelanggan dengan cepat di berbagai channel.

Semua fitur Koala+ diatas bisa meningkatkan penjualan toko online kamu secara signifikan merespon chat pelanggan 3x lebih cepat dan meringankan tugas penjual. Tidak hanya mendapatkan keuntungan dari penjualan, kamu juga lebih hemat biaya operasional sebesar 52% karena bisa promosi produk lebih direct & massal, sekaligus punya website sendiri.

Tertarik mencoba? Yuk daftar Koala+ sekarang juga!