Cara Membuat Bot Whatsapp dan Keuntungan untuk Bisnis

3 Februari 2023

Bagi kamu yang sedang menjalankan bisnis melalui Whatsapp, cara membuat bot WhatsApp bisa dicoba. Kenapa? Karena dengan bot WhatsApp, kamu bisa merespon pesan pelanggan dalam hitungan detik. WhatsApp bot banyak digunakan oleh pelaku bisnis di Indonesia untuk meningkatkan customer experience.

Sayangnya, untuk membuat bot whatsapp dari awal memang cukup sulit untuk pemula. Kamu harus mempelajari ilmu pemrograman komputer atau coding dan beberapa hal lainnya. Tentunya ini akan merepotkan jika kamu memiliki kesibukan lainnya. Oleh karena itu, diperlukan pihak ketiga yang membantu pembuatan chatbot WhatsApp seperti Koala+.

Koala+ adalah partner bisnis resmi Facebook yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API, dengan keunggulan fitur chatbot yaitu chat otomatis yang memudahkan proses transaksi online. Dengan Koala+, kamu bisa hemat waktu dan biaya dalam pembuatan bot WhatsApp untuk bisnis. Selain itu fitur chatbot bisa meningkatkan penjualan secara signifikan.

Baca Juga : Cara Membuat Akun Whatsapp Bisnis dan Kelebihannya

Cara Membuat Bot WhatsApp Sederhana

Ada beberapa langkah untuk membuat bot WhatsApps sederhana, kamu bisa simak langkah-langkahnya berikut ini :

1. Request Akun WhatsApp Business API

Langkah yang pertama, kamu bisa request akun WhatsApp Business API di https://www.whatsapp.com/business/api. Setelah itu, kamu perlu mengisi beberapa form identitas dan pastikan bisnis yang kamu jalankan masuk dalam kategori legal yang diterima oleh WhatsApp. Kamu bisa mengecek data komersial WhatsApp di link https://www.whatsapp.com/legal/commerce-policy/.

2. Menentukan Tipe Profil WhatsApp Business

Sebelum membuat bot WhatsApp, kamu sebagai pemilik bisnis perlu menentukan tipe profil untuk WhatsApp bisnis yang diinginkan. Ada tipe akun yang official dan akun bisnis biasa. Tipe akun yang bisnis official akan mendapatkan centang hijau atau badge di samping nama profil.

3. Unduh Aplikasi WhatsApp Business

Selanjutnya kamu sebagai pemilik bisnis wajib mengunduh atau download aplikasi WhatsApp business agar bisa menjalankan bot. Jika sudah memiliki aplikasi WhatsApp business, kamu bisa lanjut ke langkah berikutnya.

4. Proses Pendaftaran dan Verifikasi

Langkah selanjutnya, kamu perlu mendaftarkan WhatsApp API lewat WhatsApp Business Solution Provider. Setelah itu, hanya perlu menunggu akses disetujui. Selain lewat proses verifikasi di atas, kamu juga perlu melakukan integrasi dengan Facebook Business Manager yang terkait dengan sebuah akun bisnis. Proses ini dapat dilakukan lewat tautan di https://www.facebook.com/business/m/whatsapp/business-api. Kamu perlu menyiapkan nama perusahaan, alamat URL situs, domain surel, SIUP/NIB/NPWP bisnis.

5. Masukkan Respon Otomatis/Percakapan

Setelah selesai mengisi formulir, kamu bisa mengisi katalog WhatsApp Business dengan aneka produk. Setelah itu kamu juga bisa memasukkan beberapa respons terkait transaksi atau proses jual beli. Berikut alurnya:

a. Klik Pengaturan

Buka aplikasi WhatsApp Business dan ketuk tiga titik di aplikasi. Setelah itu, klik ‘Pengaturan’ diikuti oleh ‘Pengaturan Bisnis’ dan terakhir pada pesan ‘Pergi’.

b. Klik Kirim Pesan

Klik tombol saklar di sebelah ‘Kirim pesan’. Kemudian, untuk mengedit pesan, ketuk pesan dan masukkan pesan yang ingin kamu kirim ke pelanggan dan klik ‘Ok’.

c. Mengedit Pesan

Ketuk pesan dan masukkan pesan yang ingin kamu kirim ke pelanggan dan klik ‘Ok’.

d. Jadwalkan Pesan

Langkah selanjutnya adalah menjadwalkan pesan, yang terdiri dari tiga pilihan sebagai berikut:

  • Selalu kirim: Pilih opsi ini jika kamu tidak tersedia untuk waktu yang lebih lama.
  • Jadwal khusus: Pilih opsi ini jika kamu ingin mengirim pesan otomatis hanya selama waktu tertentu.
  • Di luar jam kerja: Opsi ini memungkinkan kamu mengirim pesan otomatis hanya di luar jam kerja. Kamu perlu mengatur jam kerja di profil bisnis untuk opsi ini.

 

e. Pilih Penerima

Cara terakhir bikin pesan atau chat otomatis pada WA adalah memilih penerima yang ingin kamu kirimi pesan ini.

  • Semua orang: Pilih opsi ini untuk mengirim pesan otomatis ke semua orang yang mengirimimu SMS setelah jam kerja.
  • Semua orang yang tidak ada di buku alamat: Opsi ini memungkinkan kamu mengirim pesan otomatis ke nomor yang tidak ada dalam daftar kontak.
  • Semua orang kecuali: Untuk mengirim pesan ke semua orang kecuali beberapa kontak.
  • Hanya kirim ke: Kamu bisa pilih opsi ini untuk mengirim pesan ke kontak yang kamu pilih.

 

Contoh penggunaan respons otomatis ini dapat kamu lihat di situs Whatsapp Business. Setelah itu, kamu sudah bisa mulai menggunakan fitur chatbot secara otomatis dengan respons-respons umum yang telah dimasukkan dalam program.

Selain menggunakan fitur Whatsapp Business, kamu juga bisa membuat chatbot lewat aplikasi pihak ketiga seperti Koala+ yang mudah di unduh di Google Play Store atau Apps Store. Koala+ menyediakan layanan hatbot otomatis untuk bisnis di WhatsApp.

Baca Juga : Perbedaan WA Bisnis dan WA Biasa yang Wajib Diketahui

Keuntungan Menggunakan Bot WhatsApp

Ada banyak manfaat saat menggunakan Bot WhatsApp untuk kepentingan bisnis, diantaranya sebagai berikut:

  • Meningkatkan penjualan.
  • Melayani pelanggan selama 24 jam.
  • Berinteraksi dengan pelanggan melalui platform sehari-hari.
  • Meningkatkan efisiensi dan produktivitas dengan menangani lebih dari 1000 pelanggan dalam waktu singkat.
  • Menghemat biaya karena tidak perlu banyak Customer Service.
  • Meningkatkan customer experience agar bisa membangun kepercayaan serta loyalitas.

 

Itulah beberapa cara membuat bot WhatsApp dan keuntungan untuk bisnis. Sekarang kamu bisa mulai menjual produk dan menyiapkan chatbot untuk usahamu lewat WhatsApp dengan mudah. Jika belum memiliki chatbot, kamu bisa menggunakan fitur chatbot Koala+ yang akan merespon chat pelanggan 3x lebih cepat dan meringankan tugas kamu sebagai pemilik toko. Jadi, kamu tidak perlu bingung lagi untuk membalas pesan-pesan atau pertanyaan yang masuk dari pelanggan. Tertarik mencoba? Yuk daftar Koala+ sekarang juga!