Kelebihan Whatsapp Bisnis untuk Usaha Baru, Apa Saja?

30 Desember 2022

Bagi pelaku usaha baru penting mengetahui kelebihan WA bisnis. Selain untuk komunikasi, WA bisnis juga bisa digunakan untuk hal-hal lainnya. Salah satunya untuk meningkatkan usaha dan menunjang operasional usaha. WA bisnis hadir dengan fitur lengkap dengan berbagai kelebihan. Namun sebelum mengetahui kelebihannya, ketahui apa itu WA bisnis dibawah ini.

Apa Itu Whatsapp Bisnis?

Whatsapp bisnis adalah aplikasi chatting yang khusus untuk komunikasi bisnis. Aplikasi ini bisa digunakan untuk mengirim pesan ke banyak orang secara bersamaan dengan sangat mudah. Hal ini tentu sangat menguntungkan karena bisa meningkatkan produktivitas usahamu dalam melayani para pelanggan.

WA bisnis berbeda dengan WA biasa. Pada WA bisnis dilengkapi dengan fitur tambahan, seperti profil bisnis, broadcast, katalog dan sebagainya. Fitur-fitur tambahan tersebut sangat efektif digunakan untuk operasional bisnis. Dengan begitu operasional bisnis bisa berjalan lebih optimal, terutama dalam meningkatkan layanan pelanggan.

Kenali 6 Kelebihan WA Bisnis untuk Usaha Baru

1. Mudah Digunakan

Kelebihan Whatsapp bisnis yang pertama yaitu mudah digunakan. Aplikasi ini bisa digunakan dengan mudah, bahkan pemula sekalipun sudah langsung bisa menggunakannya. Hal ini disebabkan karena WA bisnis memiliki tampilan yang sederhana dan tidak rumit.

Tampilannya yang sederhana membuat kamu dan staf menjadi mudah dalam melakukan aktivitas bisnis melalui aplikasi ini. Bagi orang yang gagap teknologi sekalipun, mereka tetap bisa menggunakan WA bisnis tanpa perlu lama-lama belajar.

Baca Juga : Cara Membuat Akun Whatsapp Bisnis dan Kelebihannya

2. Memiliki Fitur Pesan Otomatis

Whatsapp bisnis hadir dengan dibekali banyak fitur. Salah satu fitur unggulannya adalah  fitur pesan otomatis atau auto reply. Dengan fitur ini, kamu tidak perlu standby setiap saat untuk membalas pesan dari pembeli secara manual.

Cukup dengan mengaktifkan fitur ini, sudah bisa mengirim pesan balasan secara otomatis kepada pembeli dalam waktu yang sudah ditentukan dan juga diatur sebelumnya. Dalam aplikasi ini terdapat tiga fitur pesan otomatis, antara lain:

  • Away Message : Kamu bisa membalas pesan dari pembeli secara otomatis meskipun sedang sibuk.
  • Greeting Message : Kamu bisa menggunakannya untuk menyapa dan juga penyambut pelanggan baru melalui pesan otomatis.
  • Quick Replies : Kamu bisa membalas pesan dari pelanggan dengan pertanyaan yang sama.

3. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Whatsapp bisnis memiliki banyak kelebihan, salah satunya mampu meningkatkan kepuasan pelanggan. Bagaimana bisa? Tentu sangat bisa karena kamu bisa menggunakan fitur Chatbot. Dengan menggunakan fitur ini maka kamu bisa mengefisienkan waktu kerja dalam membalas pelanggan hingga 33%. Berkat fitur ini akan ada banyak pelanggan yang puas atas pelayanan yang diberikan.

Fitur Chatbot di WA bisnis membantu pelanggan yang ingin bertanya, baik itu bertanya tentang produk, pengiriman, layanan hingga keluhan. Semua pertanyaan yang diberikan pelanggan bisa dijawab dengan cepat sehingga pelanggan merasa puas atas pelayanan yang diberikan. Pelayanan yang baik akan memudahkan usaha untuk berkembang.

4. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Keberadaan pelanggan sangat penting. Untuk mendapatkan pelanggan bukan suatu yang mudah. Ada banyak hal yang harus dilakukan, salah satunya dengan melakukan promosi dan meningkatkan pelayanan melalui WA bisnis. Gunakan fitur WA bisnis sebaik-baiknya untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Pelayanan yang memuaskan pelanggan bisa memicu terjadinya repurchase intention atau keinginan untuk membeli produk maupun layanan kamu.

Repurchase intention merupakan indikator tingkat kepuasan konsumen. Untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, kamu bisa memanfaatkan fitur balas cepat (autoresponder) dan label. Menggunakan fitur ini akan membuat pelanggan terbantu ketika menanyakan informasi yang berkaitan dengan usaha kamu. Selain itu, pesan kamu menjadi lebih terorganisir sehingga risiko terjadinya kesalahan lebih kecil.

Baca Juga : Contoh Kata-Kata Promosi Lewat WhatsApp untuk Bisnis!

5. Meningkatkan Brand Awareness

Kelebihan WA bisnis selanjutnya yaitu bisa meningkatkan brand awareness. Berbicara tentang brand awareness berarti berbicara tentang seberapa banyak orang yang mengenal usaha yang kamu jalankan. Tujuan dari brand awareness sendiri untuk menciptakan kepercayaan pelanggan terhadap produk dan keberadaan usaha.

Jika kamu ingin meningkatkan brand awareness usaha baru maka bisa memanfaatkan fitur profil bisnis di aplikasi WA bisnis. Fitur ini bisa digunakan untuk memberikan informasi tentang usaha kamu. Di fitur ini kamu bisa menampilkan usaha secara lebih profesional. Adapun informasi yang ditampilkan seperti deskripsi bisnis, profile picture, alamat email, kontak dan juga situs web.

6. Keamanan Pesan Terjamin

Whatsapp bisnis menggunakan enkripsi end-to-end sehingga pesan hanya bisa dibaca oleh pengirim dan juga penerima pesan saja. Hal ini bisa mengurangi kemungkinan terjadinya kebocoran percakapan penting dan penipuan. Dengan enkripsi end-to-end, pengiriman pesan-pesan penting bisa dilakukan lebih leluasa karena keamanan terjamin. Pesan-pesan penting yang biasanya dikirim seperti pengiriman bukti transfer dan sebagainya.

Nah itulah informasi tentang kelebihan WA bisnis untuk usaha baru. Di era digital membuat usaha baru bisa dijalankan dengan mudah. Oleh karena itu, kamu sebagai pelaku usaha harus memanfaatkan kemajuan teknologi dengan baik, salah satunya dengan menggunakan WA bisnis.

Selain itu, kamu bisa menggunakan aplikasi bisnis terbaik di Indonesia yaitu Koala+. Aplikasi dilengkapi banyak fitur yang berguna untuk menjalankan usaha. Misalnya fitur Broadcast Message yang bermanfaat untuk menyebarkan promosi toko ataupun produk melalui pesan broadcast Whatsapp Business API.

Ada juga fitur Chatbot yang bisa digunakan untuk membalas pesan pelanggan lebih cepat. Selain itu, ada juga fitur Manajemen Produk & Transaksi yang bisa digunakan untuk membantu kamu mengelola produk, transaksi maupun membuat website jualan yang sudah terintegrasi dengan Koala.