Cara Share Lokasi Lewat WA dan Keuntungan untuk Bisnis

1 Februari 2023

Cara share lokasi lewat WA ternyata sangat mudah dilakukan. WhatsApp tidak hanya untuk berkirim pesan, dokumen, maupun file foto maupun bertukar kabar saja, share lokasi juga bisa dilakukan. Melalui WhatsApp, kamu bisa mengirimkan atau berbagi lokasi saat ini berada/live location. Fitur share lokasi ini bisa dikirim ke personal maupun grup yang ada dalam WhatsApp.

Kamu bisa mengatur berapa lama ingin membagikan lokasi dan juga memberhentikan lokasi. Dengan tetap mempertahankan fitur enkripsi end-to-end, posisi yang kamu bagikan juga akan aman, sehingga tidak ada yang bisa melihatnya kecuali yang orang yang kamu kirimi secara personal ataupun yang dikirimkan melalui grup chat.

Cara berbagi lokasi WhatsApp ini sangat mudah. Baik IOS maupun Android mempunyai cara yang cukup sama. Setiap orang awam sebenarnya bisa menggunakan fitur ini. Sayangnya, masih banyak orang yang belum bisa menggunakannya dengan baik. Nah, biar kamu tahu gimana cara aktifin dan menggunakan fitur ini. Disini akan dibahas bagaimana cara share lokasi di WhatsApp. Yuk simak penjelasannya.

Baca Juga : Perbedaan WA Bisnis dan WA Biasa yang Wajib Diketahui

Cara Share Lokasi Melalui WhatsApp

Setelah mengetahui manfaat serta resiko dari fitur berbagi lokasi di WhatsApp ini. Untuk berbagi lokasi lewat WhatsApp ini cukup mudah seperti kamu mengirimkan dokumen, dan file foto. Namun sebelumnya kamu sudah harus memberikan izin atau akses aplikasi WhatsApp untuk boleh mengakses lokasi kamu, untuk mengetahuinya kamu bisa lakukan langkah-langkah berikut :

  • Buka opsi pengaturan pada handphone kamu, masuk pada aplikasi WhatsApp.
  • Kemudian klik “Izinkan”.
  • Selanjutnya klik “Lokasi” lalu izinkan WhatsApp untuk mengakses lokasi pada perangkat.

 

Nah hal ini bisa kamu lakukan ketika ingin mencoba atau merasakan fitur berbagi lokasi lewat WhatsApp. Setelah itu cara untuk mengirimkan share lokasi lewat WhatsApp secara live kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Pastikan jika WhatsApp telah mendapatkan izin untuk mengakses lokasi kamu.
  2. Kemudian buka chat grup atau bisa juga chat individu, tergantung share lokasi ingin kamu bagikan kemana.
  3. Pilih atau tekan attach seperti ketika ingin berbagai file, gambar maupun dokumen.
  4. Pilih opsi location, klik share live location.
  5. Kamu juga bisa mengatur berapa lama melakukan live lokasi.
  6. Kamu juga bisa menambahkan pesan.
  7. Kemudian yang terakhir kirim atau send.

 

Mudah bukan cara yang bisa dilakukan untuk berbagi lokasi live melalui WhatsApp. Lokasi dibagikan melalui WhatsApp tidak hanya melalui live tapi juga bisa dengan cara share current lokasi WhatsApp, berikut caranya :

  1. Buka chat individu atau chat grup.
  2. Ketuk ikon lampiran atau tanda + pada handphone.
  3. Pilih location.
  4. Klik send your current location.
  5. Secara otomatis WhastApp akan mengirimkan lokasi terkini.

 

Cara Mematikan Live Location WhatsApp

Selain bisa berbagi lokasi dengan pengguna lain, kamu juga bisa menghentikan share location kapan saja. Caranya cukup mudah, yuk simak langkah-langkah berikut untuk mematikan berbagi lokasi :

  1. Buka chat yang kamu share live location.
  2. Selanjutnya, ketuk stop sharing pada lokasi yang telah kamu bagikan.
  3. Secara otomatis lokasi akan berhenti dibagikan.

 

Jadi, jika kamu sudah merasa cukup untuk membagikan lokasi, kamu bisa memberhentikannya dengan mengikuti langkah-langkah diatas. Agar yang kamu kirim lokasi tidak bisa mengaksesnya lagi.

Baca Juga : Cara Membuat Akun Whatsapp Bisnis dan Kelebihannya

Manfaat dan Resiko Share Lokasi

Setelah mengetahui cara untuk share lokasi, kamu bisa mempelajari apa saja manfaat yang didapatkan dari share lokasi serta resiko apa yang bisa terjadi. Fitur share lokasi di aplikasi pesan online ini sebagian besar dapat dirasakan sangat berguna. Namun, sebagian lainnya fitur ini dianggap kurang begitu penting.

Tergantung cara untuk memanfaatkannya. Jika bertujuan untuk kebaikan pastinya merasakan manfaatnya dan juga kebalikannya. Misalnya menggunakan fitur ini hanya untuk menipu orang maka tidak akan mendapatkan manfaatnya.

Fitur share lokasi dengan real time berguna disaat-saat tertentu dengan tujuan yang baik, seperti berikut ini.

  • Kamu ingin mengirimkan titik lokasi ke saudara atau teman dengan tujuan menjaga keamanan saat diperjalanan.
  • Selain itu juga berguna saat ingin berkunjung bertemu dengan kerabat di sebuah tempat makan atau tempat wisata, kamu hanya perlu melakukan share lokasi supaya mudah untuk ditemukan keberadaannya.
  • Kemudian ketika kamu ingin mengunjungi rumah teman. Namun belum tahu pastinya, bisa meminta tolong tepat dengan mengirimkan lokasinya dengan akurat.

 

Namun, tidak semua orang setuju dengan fitur bagikan lokasi ini, ada beberapa yang tidak setuju dengan alasan berikut ini:

  • Dapat mengakibatkan dampak yang bahaya jika share lokasi sampai disalahgunakan. Semisal ada orang yang ingin berbuat jahat dan lain lain.
  • Khawatir akan privasi data atau lokasi yang telah dibagikan melalui WhatsApp. Namun tenang saja karena fitur ini memiliki keamanan enkripsi-end-to-end yang mempunyai keamanan yang baik.
  • Menjadikan seseorang tidak bebas, ketika keluarga memaksa kamu untuk membagikan lokasi padahal tidak ingin melakukannya. Padahal saat itu rasanya ingin sendiri untuk menenangkan diri.

 

Keuntungan Share Lokasi WhatsApp untuk Bisnis

Bagi seorang pebisnis, fitur share lokasi sangat bermanfaat dan memudahkan pekerjaan yang dilakukan. Misalnya ketika ada janji dengan rekan bisnis ini merupakan salah satu keuntungan yang sangat dirasakan. Misalnya kamu ada janji dengan klien di sebuah rumah makan. Supaya tidak terjadi kekeliruan tempat atau orang, kamu dapat share location agar klien dengan mudah menemukan keberadaanmu.

Kemudian memudahkan COD atau Cash On Delivery bagi kamu yang memiliki bisnis online dan menerima COD. Fitur ini memudahkan untuk bertemu customer. Jika tidak mengetahui daerah yang dituju ataupun tempat untuk cod kurang terkenal, kamu bisa meminta customer untuk melakukan share location. Dengan tujuan supaya bisa dengan mudah menemukan tempat yang dituju.

Selain itu fitur share lokasi juga berguna bagi kamu yang memiliki toko online atau bisnis dirumah. Tidak perlu ribet-ribet menjelaskan cukup kamu bisa mencantumkan lokasinya di profil WhatsApp. Sehingga orang-orang bisa lebih mudah untuk menemukan keberadaan bisnismu.

Fitur ini cukup berguna bagi seorang pebisnis. Selain itu kamu bisa menggunakan WhatsApp Business agar lebih memudahkan pekerjaan. Ada banyak fitur-fitur yang ditawarkan oleh WhatsApp Business agar memperlancar pekerjaan.

Itulah beberapa cara share lokasi lewat WhatsApp dan keuntungannya untuk bisnis. Selain share lokasi, masih banyak fitur Whatsapp yang harus kamu gunakan untuk bisnis seperti voice note, video call, telephone dan lain sebagainya.

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi Koala+ yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API, dengan keunggulan chat otomatis yang memudahkan proses transaksi online. Fitur Koala+ seperti Broadcast Message dan Chatbot bisa kamu gunakan untuk bisnis.