Cara Memindahkan Whatsapp ke HP Baru yang Mudah dan Cepat

1 Februari 2023

WhatsApp adalah salah satu aplikasi chat untuk jualan online yang memiliki banyak fitur, salah satunya fitur pemindahan data dari perangkat lama ke perangkat baru. Dengan fitur ini, cara memindahkan Whatsapp ke HP baru jadi lebih mudah dan cepat. Sangat cocok untuk kamu yang sering berganti HP.

Mengganti HP memang sesuatu yang harus dilakukan. Apalagi sekarang teknologi terus mengalami perkembangan. Hal inilah yang membuat masyarakat perlu mengikuti perkembangan dengan berganti ke HP baru. Tidak hanya HP yang selalu update, aplikasi Whatsapp juga terus melakukan pembaruan.

Meski sudah ada fitur pemindahan data Whatsapp, ada beberapa hal yang harus diketahui pengguna Whatsapp agar proses pemindahan Whatsapp ke HP baru berjalan lancar. Seperti yang diketahui, proses pemindahan seperti chat perlu waktu agak lama meskipun dilakukan secara otomatis.

Cara Memindahkan WhatsApp ke HP atau Perangkat Baru

Agar chat atau media yang ada di WhatsApp lama bisa dipindahkan ke HP baru dengan mudah, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan. Ini penting diperhatikan agar semua data sukses ditransfer ke HP atau perangkat yang baru. Berikut ini cara memindahkan Whatsapp ke HP atau perangkat baru yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Baca Juga : Perbedaan WA Bisnis dan WA Biasa yang Wajib Diketahui

1. Cara Memindahkan WhatsApp di HP Android

Pertama ada cara transfer data WA dari Android ke Android. Ada dua langkah penting yang harus dilakukan di sini yaitu melakukan backup data dan merestorenya. Untuk backup data ini sendiri pengguna harus menyimpan data-datanya di perangkat lama terlebih dahulu. 

Caranya adalah dengan menjalankan aplikasi WA lalu ketuk ikon tiga yang ada di kanan atas lalu pilih menu Pengaturan kemudian ketuk opsi Chat. Jika sudah pilih lagi menu Chat Backup dan akun yang ingin digunakan untuk menyimpan semua data WA. Klik pada Backup dan tunggu proses selesai.

Ketika selesai melakukan backup ini secara otomatis file percakapan dan media akan otomatis masuk ke dalam penyimpanan yang sudah dipilih sebelumnya. Tujuan melakukan hal ini untuk menyimpan file dan data dalam WA ke Google Drive agar nanti proses pemindahan jadi lebih mudah.

Proses backup selesai dilakukan selanjutnya adalah memindahkan semua data yang sudah dibackup tadi ke perangkat baru. Pastikan sudah menginstal dan memasang WA di HP yang baru. Setelah itu log in menggunakan nomor yang sama. Ketuk restore ketika diminta untuk melakukan pemulihan file yang sudah disimpan di Google Drive.

Tunggu proses restore sampai benar-benar selesai. Baru bisa lanjut dengan mengetuk opsi Next dan percakapan serta media yang sudah tersimpan di Google Drive sebelumnya sudah berpindah ke Hp yang baru.

2. Cara Memindahkan WhatsApp di HP iPhone

Untuk pemindahan data atau file dari WhatsApp di iPhone, caranya tidak jauh berbeda dengan yang pertama. Ada dua langkah penting yang harus dilakukan yaitu backup dan restore file.

Untuk melakukan backup data pada iPhone pastikan iOS 12 ke atas yang digunakan. iCloud Drive harus menyala serta ruang penyimpanan yang cukup tersedia untuk melakukan backup. Jika semua sudah siap, langsung saja masuk ke menu pengaturan pada aplikasi WA dan pilih opsi Chat dan ketuk lagi pada Chat Backup. Ketuk Backup Now dan tunggu proses selesai.

Setelah proses backup sudah selesai, secara otomatis semua data dan media otomatis masuk dalam iCloud Drive. Artinya file sudah siap dipindahkan atau di restore pada iPhone yang baru. Caranya pun mudah, pastikan saja data backup datanya ada di iCloud.

Instal dan pasang aplikasi WhatsApp pada iPhone yang baru. Masuk dan lakukan verifikasi nomor yang sama di HP iPhone lama. Ikuti instruksi selanjutnya untuk memulihkan file yang tadi sudah di backup di iCloud Drive ke perangkat yang baru.

Baca Juga : Cara Membuat Akun Whatsapp Bisnis dan Kelebihannya

3. Cara Memindahkan WhatsApp dari Android ke iPhone

Cara selanjutnya memindahkan file percakapan dan media dari WhatsApp Android ke iPhone. Namun perlu diingat, data yang bisa dipindahkan terbatas. Hanya bisa mentransfer informasi akun, foto profil, chat pribadi, chat dari grup, riwayat percakapan, media, dan setelannya saja.

Pastikan HP Android yang digunakan sudah menggunakan operation system Lollipop atau lebih. Untuk iPhonenya, pastikan sudah menggunakan iOS 15.5 ke atas. Jika di bawah itu maka pemindahan data WA ini tidak bisa dilakukan. Hubungkan kedua perangkat dengan WiFi agar proses bisa berjalan lancar.

Caranya adalah membuka aplikasi Move to iOS pada HP Android lalu ikuti instruksi yang muncul. Input kode yang terlihat di layar iPhone ke Android dan klik Continue. Pilih lagi opsi WhatsApp pada layar Transfer Data. Ketuk Start atau mulai pada perangkat Android lalu tunggu sampai data siap. Instal dan buka aplikasi WA di HP iPhone.

Jika aplikasi di iPhone baru sudah terpasang lakukan verifikasi menggunakan nomor WA yang sama. Tutup dengan proses aktivasi perangkat baru dan proses pemindahan data WA dari Android ke iPhone pun selesai.

Itulah beberapa cara memindahkan WhatsApp ke HP baru yang  mudah dan cepat. Tidak perlu waktu lama untuk bisa melakukan hal tersebut. Dengan mengetahui cara ini, kamu bisa berkomunikasi dengan pelanggan atau partner bisnis dengan nyaman.

Jika kamu ingin mengembangkan bisnis melalui Whatsapp, gunakan aplikasi bisnis terbaik seperti Koala+. Aplikasi ini sudah menjadi partner bisnis resmi Facebook yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API, dengan keunggulan chat otomatis yang memudahkan proses transaksi online.

Banyak fitur Koala+ yang bisa kamu coba seperti Broadcast Message untuk promosi toko online atau produk lewat pesan broadcast WhatsApp Business API. atau fitur Chatbot untuk balas pesan pelanggan lebih cepat, melalui fitur chat otomatis di WhatsApp Business API.

Koala+ memberikan solusi lengkap dalam pengelolaan bisnis. Tertarik mencoba? Yuk download aplikasi Koala+ sekarang juga!