Cara Membuat Website Toko Online untuk Usaha Kecil

6 Oktober 2022

Cara membuat website toko online sebenarnya sangatlah mudah. Saat ini banyak sekali jasa yang menawarkan hal tersebut dan juga platform yang bisa digunakan secara gratis. Ini sangat memudahkan para UKM untuk membuat website toko online mereka. Apalagi harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau. Kamu bisa mempelajarinya bahkan membuat website toko online milikmu sendiri agar lebih terjangkau.

Membuat website toko online untuk usaha kecil sangatlah penting karena selain untuk kebutuhan pemasaran, website toko online juga akan menjadi sumber informasi lengkap bagi pelanggan. Maka dari itu, cara membuat website toko online harus dipahami oleh pemilik usaha agar usaha bisa berjalan dengan lancar.

Cara Membuat Website Toko Online untuk Usaha Kecil

Sebelum membuat website toko online untuk usahamu, kamu juga perlu memahami beberapa kebutuhan lain seperti siapa pelangganmu, siapa target pasarmu, hingga dimana target pasarmu biasa berbelanja. Semua hal tersebut akan bermanfaat untuk kelancaran website toko online mu saat sudah beroperasi.

Berikut ini adalah cara membuat website toko online yang bisa kamu ikuti:

1. Tentukan Target Pasar dan Buat Perencanaan Bisnis

Berjualan secara online artinya kamu akan menjangkau lebih banyak calon pembeli. Para calon pembeli tersebut juga sangat beragam mulai dari usia, jenis kelamin, pekerjaan, dan lainnya. Kamu perlu menarik perhatian target pasar yang sesuai dengan produkmu.

Untuk itulah kamu perlu melakukan analisa dan perencanaan bisnis yang matang terlebih dahulu. Analisa yang perlu dilakukan adalah SWOT analysis dan analisa seputar apa yang dilakukan kompetitor usahamu. Memahami siapa kompetitor dan apa kelebihan serta kelemahan usahamu bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan peluang keberhasilan usaha online mu.

Selanjutnya kamu juga perlu memperhatikan tentang bagaimana target pasarmu. Fokus pada target pasar dan mengerti apa saja kebutuhannya bisa menjadi cara yang efektif untuk menjadi lebih dekat dengan pelanggan. Selain itu, kamu juga bisa memberikan solusi yang tepat kepada pelanggan ketika kamu benar-benar memahami apa kebutuhan dan permasalahan mereka.

Tidak lupa juga untuk menentukan bisinis model yang tepat untuk usahamu. Bisnis model usaha bisa berbeda-beda untuk masing-masing usaha. Terdapat jenis bisnis model B2B, B2C, Dropship, dan lainnya. Kamu perlu menentukan mana bisnis model yang sesuai untuk usahamu karena tampilan website toko online masing-masing jenis usaha berbeda.

Baca Juga: Cara Menghitung Untung Jualan

 

2. Pilih Nama Domain

Cara membuat website toko online selanjutnya adalah menentukan nama domain untuk usahamu. Penentuan nama domain sangat berpengaruh pada trafik usahamu. Menentukan nama domain untuk toko online usahamu sama seperti menentukan nama merek untuk usahamu. Kamu tidak bisa memilih nama yang terlalu panjang atau rumit karena akan merepotkan pembeli yang mencari toko onlinemu.

Sama seperti saat menentukan nama merek, menentukan website untuk toko online juga perlu memikirkan keunikan. Kamau bisa memilih nama yang sama dengan nama usahamu atau menentukan nama lain. Pastikan juga kamu menggunakan nama domain yang singkat agar pelanggan mudah menemukan website toko online milikmu.

Terakhir, pastikan nama domain tersebut belum digunakan oleh usaha lainnya. Karena jika nama domain tersebut sudah digunakan, maka kamu akan kesulitan menggunakan nama tersebut bahkan bisa terkena pelanggaran hak cipta. Jadi pastikan kamu benar-benar memperhatikan pemilihan nama domain agar tidak terjadi permasalahan saat usahamu berjalan.

 

3. Pilih Platform untuk Membuat Website Toko Online

Ada banyak sekali platform yang bisa kamu gunakan untuk membuat website toko online. Ini juga merupakan langkah penting dalam cara membuat website toko online karena platform yang kamu pilih sangat berpengaruh pada sistem jualanmu.

Saat memilih platform mana yang bisa kamu gunakan, kamu bisa memilih berdasarkan apakah platform tersebut terpercaya atau tidak, aman atau tidak, serta bagaimana mereka mau membantu pelanggan dalam mengatasi permasalahan seputar platform.

Jika kamu memutuskan untuk menjual di marketplace, kamu perlu menentukan mana marketplace yang paling sering digunakan oleh pelanggan. Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan berapa besar potongan harga dari marketplace tersebut untuk setiap penjualan.

 

4. Desain untuk Toko Online

Desain juga merupakan bagian penting dalam cara membuat website toko online. Website dengan desain yang menarik tentunya akan membuat pelanggan lebih nyaman berbelanja. Jika desainnya rumit dan terlalu berlebihan tentunya pelanggan akan merasa tidak nyaman untuk berlama-lama. Membuat desain juga tidak bisa sembarangan.

Agar lebih mudah, kamu bisa menyewa jasa yang bisa mendesain website untuk toko online. Ini akan memudahkan pekerjaan desain meskipun harga sewa jasa tersebut lumayan mahal. Agar kamu tidak menghabiskan biaya untuk menyewa jasa desain, kamu bisa memilih template desain yang sudah ada dan pilih yang sederhana saja agar tampilan website tetap nyaman digunakan.

Baca Juga: Cara Membuat Nama Olshop Makanan yang Unik dan Menarik
 

5. Update Produk di Toko Online

Cara membuat website toko online yang wajib dilakukan adalah memasukkan daftar produk yang kamu jual. Ini langkah yang juga penting karena jika pelangganmu tidak tahu apa produk yang kamu jual, maka mereka tidak akan bisa melakukan transaksi. Pastikan kamu selalu memperbarui stok barang yang kamu jual serta terus memberikan informasi seputar promo atau produk terbaru yang dirilis.

Pastikan juga kamu menuliskan deskripsi produk yang jelas dan informatif untuk pelanggan. Tambahkan visual yang menarik seperti foto atau video yang bisa kamu tampilkan untuk pelanggan. Jika kamu memiliki berbagai macam jenis produk, kamu bisa mengisi kategori sesuai jenis produk yang kamu jual agar memudahkan pelanggan mencari mana produk yang mereka inginkan.

 

6. Atur Pengiriman

Kamu perlu menentukan jasa pengiriman mana yang paling terpercaya untuk menjadi partner pengiriman usahamu. Selain itu tentukan alamat pick up untuk pengiriman juga agar pesanan pelanggan lebih mudah untuk diproses.

 

7. Pasarkan Toko Onlinemu

Langkah terakhir untuk cara membuat website toko online adalah memasarkan toko online tersebut. Agar lebih banyak orang yang tahu bahwa kamu memiliki toko online yang bisa diakses pelanggan kapanpun serta dimanapun. Kamu bisa melakukan pemasaran toko online dengan cara-cara internet marketing yang mudah seperti lewat SEO, konten marketing, Blog, dll.

 

Tidak hanya langkah di atas, ada banyak cara membuat website toko online yang bisa kamu ikuti juga. Misalnya dengan membuat toko online lewat media sosial. Ini bisa dilakukan dengan sangat mudah karena saat ini media sosial sudah dilengkapi dengan fitur toko online yang akan memudahkan pelanggan berbelanja.

Cara membuat website toko online lainnya adalah dengan menggunakan KoalaApp. KoalaApp adalah aplikasi yang bisa memudahkan proses jualanmu. Terdapat fitur keyboard jualan, atur transaksi, template chat, dan juga website jualan dalam satu aplikasi. Kamu tidak perlu berpindah-pindah aplikasi dan bisa mengakses semua fitur bisnis yang penting tersebut hanya lewat satu aplikasi saja. Langsung saja cek KoalaApp sekarang!