Cara Verifikasi WhatsApp Centang Hijau dan Keuntungannya

31 Januari 2023

Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi chatting yang bernama WhatsApp. Sejak muncul di tengah masyarakat, peminatnya sudah membludak dan sampai sekarang terus bertambah. Apalagi sudah ada versi bisnisnya dengan fitur centang hijau. Sayangnya cara verifikasi Whatsapp centang hijau tidak mudah, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan.

Centang hijau WhatsApp ini sendiri adalah tanda yang menunjukkan akun WA bisnis yang sudah terverifikasi sebagai usaha atau bisnis yang resmi oleh pihak WhatsApp. Akun tersebut sudah autentik dan terkenal. Lencana green tick tersebut biasanya muncul di samping kanan profil nomor akun WA.

Syarat Whatsapp Centang Hijau

Sebelum melakukan verifikasi WhatsApp centang hijau, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Pertama, pastikan menggunakan akun WhatsApp Business API yang resmi. Kemudian, pastikan juga akun Facebook Business Manager sudah diverifikasi oleh Meta atau pihak Facebook sendiri.

Harus diingat hanya akun bisnis yang bisa menggunakan centang hijau. Agar bisa mendapatkan centang hijau, bisnis juga harus sudah terkenal serta memiliki reputasi di masyarakat. Akan lebih bagus ketika sudah ada di level perpesanan tingkat dua.

Baca Juga : Perbedaan WA Bisnis dan WA Biasa yang Wajib Diketahui

Cara Verifikasi WhatsApp Centang Hijau

Setelah mengetahui dan memenuhi persyaratannya, saatnya untuk melakukan cara verifikasi Whatsapp centang hijau. Berikut ini beberapa tahapan yang bisa kamu lakukan agar Whatsapp terverifikasi dengan centang hijau. Jika dipelajari dengan baik, tahapannya tidak terlalu banyak dan caranya cukup sederhana untuk dilakukan.

1. Menyiapkan Nomor yang Digunakan Untuk Akun WhatsApp API

Hal pertama yang perlu dilakukan di sini adalah menyiapkan nomor serta nama usaha yang nanti dipakai pada akun WhatsApp Business API. Nomor yang digunakan harus benar karena setelah di input pengguna tidak bisa mengubah atau mengedit lagi. Jadi ketika menginput harus sangat hati-hati dan teliti.

2. Daftarkan Nomor ke BSP Resmi

Setelah nomor sudah ada dan telah diinput dengan benar. Maka selanjutnya adalah mendaftarkan nomor tersebut ke Business Solution Provider atau BSP resmi. Nanti akan ada tim yang membantu dalam masalah pendaftaran ini.

3. Verifikasi Akun Facebook Business Manager

Jika nomor berhasil didaftarkan nanti akan bisa lanjut ke langkah selanjutnya yaitu melakukan proses verifikasi akun Facebook Business Manager. Pengguna atau pemilik akun hanya perlu menyiapkan beberapa dokumen.

Dokumen yang dibutuhkan mulai dari nama perusahaan, URL situs atau website bisnisnya, jenis industri, daerah operasional, hingga Facebook Business Manager ID. Semua itu harus lengkap agar tidak ada kendala ketika verifikasi.

4. Menunggu Verifikasi Selesai

Ketika sudah melakukan verifikasi pada akun FB bisnis maka selanjutnya ada melakukan pada akun WhatsApp bisnis. Jika prosesnya sudah selesai maka tanda centang hijau akan langsung muncul pada profil pengguna. Artinya proses verifikasi selesai dan berhasil.

Baca Juga : Cara Membuat Akun Whatsapp Bisnis dan Kelebihannya

Keuntungan WhatsApp Centang Hijau

Melihat penjelasan tentang cara verifikasi whatsapp centang hijau di atas tentunya sangat mudah dan tidak memakan waktu yang lama. Meski begitu, masih banyak pelaku usaha baru yang belum mengetahui pentingnya memiliki akun Whatsapp centang hijau. Berikut ini keuntungan Whatsapp centang hijau yang wajib diketahui.

1. Membangun Kredibilitas Bisnis

Akun WhatsApp yang sudah centang hijau artinya memiliki kredibilitas yang baik di mata pelanggannya. Hal ini akan membuat pelanggan baru atau calon pelanggan lebih percaya dan tertarik pada akun tersebut.

2.  Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Selain untuk menarik pelanggan baru, centang hijau yang ada di akun WhatsApp bisnis juga bisa menjaga kepercayaan pelanggan lama sehingga tidak akan beralih ke akun yang lain. Di sini kepercayaan pelanggan adalah asset yang penting bagi pelaku bisnis untuk bisa meraih sukses.

3. Mengurangi Potensi Pemblokiran

Pelanggan atau calon pelanggan sekarang selalu mencari akun yang terpercaya karena tidak ingin terlibat masalah penipuan. Centang hijau ini merupakan salah satu klaim suatu bisnis kalau akunnya terpercaya dan profesional.

Jika sudah berhasil mendapatkan kepercayaan pelanggan maka kemungkinan akun dihapus atau diblokir akan menipis. Justru sebaliknya akan semakin banyak pelanggan baru yang datang.

Tak hanya itu saja, secara otomatis akun WhatsApp bisnis yang sudah mendapatkan centang hijau maka brandingnya meningkat. Ini bagus untuk pelaku bisnis yang sedang merintis karena dengan centang hijau ini tadi bisnis jadi lebih cepat dikenal masyarakat.

Itulah penjelasan lengkap mengenai cara verifikasi Whatsapp centang hijau dan keuntungannya. Intinya,  centang hijau pada akun WhatsApp hanya berlaku untuk pengguna WhatsApp bisnis yang resmi saja. Selain itu syarat pentingnya adalah memiliki akun bisnis di Facebook yang diintegrasikan dengan WhatsApp bisnis yang ada.

Tanda centang hijau ini memberikan banyak keuntungan bagi bisnis seseorang. Bisnis akan lebih banyak dikenal masyarakat dan mendapatkan kepercayaan secara penuh. Penjualan bisa maksimal dan pelanggan baru bisa terus bertambah.

Namun semua hal itu juga perlu ditunjang dengan pelayanan lain yang maksimal juga. Jadi, selain WhatsApp harus centang hijau, kamu juga wajib menggunakan aplikasi bisnis seperti Koala+ yang sudah terintegrasi dengan WhatsApp Business API.

Koala+ memiliki fitur whatsapp Business API dengan keunggulan pengelolaan chat terbaik yang memudahkan proses transaksi online seperti chatbot, broadcast message dan live customer service dalam satu dashboard Koala+.

Dengan memanfaatkan semua fitur Koala+ diatas, penjualan usaha kamu bisa naik secara signifikan dan semua chat dari pelanggan akan direspon otomatis dan cepat. Selain itu, kamu lebih hemat biaya operasional karena promosi sudah direct & massal dan punya website sendiri. Tunggu apalagi, yuk daftar Koala+ sekarang juga!