Manfaat dan Tips Kepuasan Pelanggan Selama Bulan Ramadhan

30 Maret 2023

Kepuasan pelanggan adalah hal penting yang wajib dicapai pelaku bisnis khususnya di bulan Ramadhan. Di bulan ini, umat muslim di Indonesia melaksanakan ibadah puasa dan mempersiapkan kebutuhan untuk lebaran hari raya Idul Fitri. Tentu ini menjadi peluang untuk menarik pelanggan baru mengingat mayoritas masyarakat Indonesia beragama muslim.

Bisa dikatakan, bulan Ramadhan adalah momen penting untuk bisa meningkatkan pelayanan bagi setiap pelanggan. Ramadhan dapat menjadi kesempatan dalam memaksimalkan penjualan serta keuntungan bagi pelaku usaha. Namun agar bisa mewujudkan itu, perlu mengutamakan kepuasan pelanggan dulu.

Kenapa kepuasan pelanggan penting? Karena kepuasan pelanggan adalah kunci adanya penjualan produk. Jika kepuasan bisa ditingkatkan maka nanti secara otomatis akan terjadi kenaikan pada penjualan dan juga penghasilan. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa simak manfaatnya dibawah ini.

Manfaat Kepuasan Pelanggan

  1. Memperkuat Posisi Brand di Pasar.
  2. Impresi Positif pada Bisnis.
  3. Pelanggan Loyal.
  4. Faktor Pembanding dengan Bisnis Kompetitor.

Tips Menjaga Kepuasan Pelanggan dan Manfaatnya

Kepuasan pelanggan memang menjadi salah satu kunci sukses dalam berbisnis. Jadi jangan heran jika pelaku bisnis memang harus melakukan beberapa hal untuk dapat memuaskan pelanggan. Berikut ini beberapa tips agar bisa membuat pelanggan merasa puas selama bulan Ramadhan.

1. Berikan Layanan yang Ramah dan Cepat

Ketika memasuki bulan suci Ramadhan biasanya orang akan sibuk dengan kegiatan ibadah dan sosial. Sebagai pelaku bisnis pastikan untuk memberikan layanan pelanggan yang cepat dan ramah agar tidak mengganggu kegiatan beribadah para pelanggan.

Minta kepada pegawai atau karyawan untuk memberikan respons pada setiap permintaan pelanggan dengan segera serta memberikan solusi yang memuaskan. Bila perlu adakan latihan khusus untuk hal ini kepada setiap pegawai. Dengan pelayanan dari pegawai yang maksimal, cekatan, dan solutif hal ini akan membuat pelanggan merasa senang dan puas.

2. Memperbanyak Stok Barang

Ketika bulan puasa permintaan pelanggan pada suatu produk tertentu biasanya akan meningkat. Misalnya untuk pelaku bisnis frozen food atau hampers serta makanan matang. Pastikan untuk memiliki stok barang atau produk yang cukup agar bisa memenuhi permintaan pelanggan dengan baik. 

Ketika stok mulai menipis langsung pesan lebih banyak agar tidak sampai membuat pelanggan kecewa karena tidak kebagian barang atau produk yang dibutuhkan. Ketersediaan barang atau produk yang selalu ada juga akan menjadi satu hal yang bisa memuaskan setiap pelanggan.

3. Berikan Ucapan Ramadhan

Di era digital seperti sekarang, memberikan ucapan pada momen spesial akan terasa lebih mudah. Agar bisa menjaga hubungan baik dengan pelanggan salah satu caranya adalah dengan mengirim ucapan ramadhan. Meski singkat ini akan membuat pelanggan merasa mendapatkan perhatian lebih.

Kirimkan ucapan menyambut bulan suci Ramadhan yang singkat sederhana kepada setiap pelanggan. Hal tersebut akan memunculkan rasa senang dan dihargai sebagai seorang pelanggan. Dengan begitu potensi untuk mendapatkan pelanggan setia akan semakin besar.

Baca Juga : Manfaat, Cara Menulis, dan Contoh Ucapan Terima kasih kepada Pembeli Online

4. Berikan Diskon dan Promosi

Selanjutnya berikan diskon dan promosi. Di bulan puasa ini memang waktu yang tepat untuk membagikan diskon serta promosi kepada pelanggan. Strategi yang cukup efektif dalam meningkatkan penjualan dan memberikan kepuasan kepada pelanggan.

Berikan penawaran yang menarik untuk produk atau layanan yang bisa menarik perhatian pelanggan. Jika pelanggan sudah merasa puas secara otomatis kepercayaan akan meningkat pada bisnis tersebut.

5. Tingkatkan Kualitas Produk dan Layanan

Selama bulan puasa banyak orang yang lebih kritis pada kualitas suatu produk maupun layanan. Oleh karena itu, pastikan untuk memberikan produk dan layanan yang lebih berkualitas dari biasanya. Harapan pelanggan pun bisa terpenuhi terhadap produk tersebut. Selain itu, jika ada masalah pelayanan segera berikan solusi terbaik dan memuaskan agar kepercayaan dan kepuasan kepada pelanggan tetap terjaga dengan baik.

6. Loyalty Program

Kepuasan pelanggan juga dapat diraih dengan memberikan loyalty program. Ini merupakan bentuk apresiasi yang bisa diberikan kepada setiap pelanggan setia. Untuk customer yang sudah lama berinteraksi dengan satu bisnis layan untuk mendapatkan hadiah yang menarik. Misalnya saja memberikan produk gratis atau potongan harga spesial. Dengan begitu retensi dan kepuasan kepada pelanggan setia akan terjaga dengan baik.

7. Mengutamakan Kebersihan dan Sanitasi

Bulan suci Ramadhan banyak diisi dengan makan bersama seperti buka puasa bersama, baik itu untuk keluarga maupun teman kerja, sekolah, dan sebagainya. Biasanya tempat yang dicari untuk mengadakan buka bersama ini adalah tempat dengan kebersihan yang baik dan juga keamanan yang optimal.

Pelanggan akan merasa nyaman dan puas dengan tempat yang bersih dan sesuai standar sanitasi yang tinggi. Jadi pastikan untuk lebih menjaga kebersihan pada saat bulan puasa. Ini nanti bisa meningkatkan kepuasan kepada pelanggan.

8. Memperluas Jam Operasi

Selama bulan puasa, akan lebih banyak orang yang mengalami perubahan jadwal atau rutinitas. Sebagai pelaku bisnis harus bisa membaca situasi tersebut. Lakukan perluasan jam operasi agar bisa mengakomodasi pelanggan serta memastikan setiap customer bisa mengakses produk serta layanan dengan mudah.

9. Sediakan Menu yang Beragam

Untuk pengusaha tempat makan seperti restoran atau kafe baiknya berikan menu yang lebih beragam ketika memasuki bulan puasa. Misalnya ada menu takjil bagi yang menjalankan ibadah puasa. Bisa juga memberikan menu takjil tambahan gratis misalnya kurma. Ini akan memberikan kepuasan tersendiri pada pelanggan.

Baca Juga : Cara Menawarkan Menu di Restoran Agar Customer Nyaman

Itulah manfaat dan tips kepuasan pelanggan selama bulan Ramadhan yang bisa kamu coba. Pada intinya, kepuasan kepada pelanggan bisa dicapai dengan memaksimalkan pelayanan. Salah satu layanan yang harus ditingkatkan adalah layanan Customer Service. Bagaimana caranya? Kamu bisa menggunakan fitur Customer Service di  Koala+.

Dengan Koala+, kamu bisa mendelegasikan tugas Customer Service kepada karyawan untuk melayani pelanggan dengan cepat di berbagai channel. Dengan Customer Service yang maksimal, kamu bisa meningkatkan penjualan secara signifikan. Selain itu, Koala+ juga memiliki fitur broadcast atau chatbot untuk mengirim ucapan menyambut Ramadhan.