Jenis Jenis Promosi untuk Meningkatkan Penjualan

30 Maret 2023

Agar penjualan meningkat, pemilik bisnis harus mengetahui jenis-jenis promosi yang efektif untuk meningkatkan penjualan. Dalam bisnis, melakukan promosi produk merupakan hal yang sangat penting. Tanpa melakukan promosi, produk yang dijual tidak akan dikenal banyak orang. Brand-brand ternama sekalipun masih tetap melakukan promosi agar penjualannya terus meningkat.

Maka dari itu, kamu yang terjun di dunia bisnis harus gencar melakukan promosi. Promosi yang dilakukan sangat efektif untuk meningkatkan penjualan. Jadi, jangan malas untuk melakukannya. Sebelumnya kamu juga perlu tahu apa saja jenis-jenis promosi dan jenis promosi apa yang cocok diterapkan saat bulan Ramadhan.

Jenis-Jenis Promosi untuk Meningkatkan Penjualan

Fungsi dari promosi tidak hanya untuk menawarkan produk atau jasa kepada calon pembeli, tetapi juga sebagai sarana untuk menjelaskan informasi produk atau jasa kepada calon pembeli. Berikut beberapa jenis promosi yang perlu diketahui:

1. Traditional Marketing

Pertama ada jenis promosi tradisional marketing. Jenis promosi ini sudah ada sejak lama tetapi masih banyak digunakan hingga saat ini. Untuk melakukan promosi ini, kamu bisa menggunakan media cetak seperti pamflet, brosur, baliho, koran dan sebagainya. Selain melalui media cetak, juga bisa dilakukan melalui media elektronik.

Adapun media elektronik yang bisa digunakan adalah radio atau televisi. Traditional marketing memiliki kelebihan berupa produk atau jasa yang dipromosikan bisa menjangkau pasar di berbagai daerah. Akan tetapi, biaya yang dikeluarkan untuk melakukan biaya ini sangatlah besar. 

2. Digital Marketing

Digital marketing menjadi salah satu jenis promosi yang banyak digunakan saat ini. Hal ini cukup beralasan karena hampir semua orang menggunakan media sosial. Selain itu, promosi dengan cara ini sangat mudah dilakukan dan biayanya murah. Dikatakan murah karena kamu bisa memanfaatkan keberadaan media promosi online.

Beberapa media sosial yang bisa digunakan adalah Instagram, Facebook, YouTube, Twitter, TikTok dan sebagainya. Meski harganya murah tetapi jangkauan pasar promosi ini sangat luas dan bisa menjangkau pasar yang lebih spesifik. 

3. Endorsement

Endorsement hampir sama dengan digital marketing. Dimana keduanya sama-sama memanfaatkan media sosial untuk promosi. Bedanya, endorsement memanfaatkan artis ataupun influencer yang aktif di media sosial dan memiliki banyak followers untuk mempromosikan produk atau jasa yang kamu miliki. 

Memilih jenis promosi ini berarti kamu harus membayar artis atau influencer untuk mempromosikan bisnis yang dimiliki. Cara ini cukup efektif dan menjanjikan karena artis atau influencer bisa mempengaruhi follower-nya atau masyarakat dengan review yang dilakukan.

4. Direct Marketing

Jenis promosi selanjutnya adalah direct marketing atau promosi secara langsung. Melakukan promosi dengan cara ini juga sangat menjanjikan. Keuntungan direct marketing adalah bisa mempromosikan bisnis kamu menggunakan sales representative yang berbicara secara langsung kepada calon pembeli.

Promosi secara langsung sangat efektif karena terjadi interaksi secara langsung antara penjual dan pembeli. Bisa dibilang cara ini lebih meyakinkan karena adanya komunikasi dua arah antara penjual dan calon pembeli. Akan tetapi, untuk melakukannya butuh tenaga tambahan sehingga biaya yang dikeluarkan juga akan bertambah.

Baca Juga : Cara Promosi yang Menarik Secara Online agar Jualan Laris

5. Personal Selling

Personal selling adalah jenis promosi yang efektif untuk meningkatkan penjualan. Personal selling ini hampir sama dengan direct marketing karena sama-sama bertemu langsung dan memberikan informasi secara langsung kepada calon pembeli mengenai produk atau jasa yang ditawarkan.

Bedanya, personal selling dilakukan langsung oleh pemilik produk atau jasa. Penjelasan akan produk atau jasa yang dilakukan langsung oleh pemilik perusahaan dirasa bisa lebih mudah dalam meyakinkan calon pembeli sehingga penjualan akan meningkat. 

6. Publicity

Terakhir ada jenis promosi publicity. Publicity merupakan promosi yang dilakukan dengan cara melakukan pendekatan kepada masyarakat agar masyarakat bisa mengenal produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Jenis promosi publicity bisa dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya dengan melakukan jumpa pers, publisitas produk, melakukan bimbingan atau demo kepada masyarakat dan sebagainya.

Jenis Promosi yang Cocok Dilakukan Selama Bulan Puasa

Dari beberapa jenis promosi yang disebutkan diatas, kira-kira jenis promosi apa yang cocok diterapkan saat bulan Ramadhan? Berikut ulasannya:

1. Digital Marketing

Digital marketing masih menjadi jenis promosi yang paling tepat digunakan saat bulan puasa. Dimana promosi ini dilakukan dengan menggunakan media sosial. Agar promosi yang dilakukan bisa lebih optimal, kamu harus membuat konten sosmed yang menarik dengan isi yang sesuai dengan bulan Ramadhan.

Tidak ada salahnya untuk memberikan promo atau bundling khusus agar banyak calon pembeli yang berminat untuk membeli produk yang dijual. Jadi, mulai sekarang kamu bisa segera mencari ide konten menarik untuk promosi dengan digital marketing.

Baca Juga : Cara Promosi yang Menarik Saat Berbisnis Online Shop

2. Endorsement

Jika memiliki modal untuk promosi yang besar, kamu bisa menjalin kerja sama dengan artis atau influencer. Sebelumnya kamu perlu mencari artis atau influencer yang aktif di media sosial dan memiliki jumlah followers yang banyak. Semakin banyak jumlah followers yang dimiliki berarti semakin banyak orang yang akan mengenal produk atau jasa milikmu. 

Biasanya produk-produk yang di review oleh artis atau influencer pada bulan puasa adalah produk busana muslim, baju lebaran, kue lebaran, jilbab, mukena dan sebagainya. Jika kamu menjual produk-produk seperti itu, sebaiknya jalinlah kerja sama dengan artis atau influencer. Dijamin produk-produk yang dijual akan ludes dibeli konsumen. 

Itulah jenis-jenis promosi untuk meningkatkan penjualan. Dari penjelasan diatas, diketahui jika promosi sangat berperan penting pada tingkat penjualan produk. Tanpa promosi maka produk atau jasa yang dimiliki tidak akan dikenal banyak orang sehingga penjualan menjadi sangat minim.

Agar promosi lebih maksimal, gunakan fitur Broadcast Message dari Koala+. Dengan fitur ini, kamu bisa menyebarkan promosi toko atau produk melalui pesan broadcast Whatsapp Business API. Selain Broadcast Massage, Koala+ memiliki fitur Chatbot, Manajemen produk & Transaksi serta Live Costumer Service. Jadi, tunggu apa lagi segera gunakan  Koala+ sekarang juga!