Cara Membuat Konten Sosmed yang Menarik untuk Pemula

9 Desember 2022

Saat ini cara membuat konten yang menarik di sosmed bisa dilakukan dengan mudah. Konten sosmed perlu dibuat dengan sungguh-sungguh untuk bisa meningkatkan penjualan. Pelaku bisnis harus tahu cara membuat konten sosmed yang menarik agar bisa tepat sasaran. Pembuatan konten perlu memperhatikan beberapa faktor, dimana hal itu akan diulas secara jelas di sini.

Cara Membuat Konten yang Menarik di Sosial Media

Kehadiran sosial media membuka jalan dan memberikan peluang bagi bisnis untuk bisa berkembang dengan pesat. Pembuatan konten medsos sendiri adalah elemen penting yang perlu diperhatikan.

Setiap konten merupakan bagian dari marketing online, oleh karena itu pembuatannya harus dipertimbangkan dan dibuat dengan sungguh-sungguh. Konten yang baik akan membantu bisnis menjangkau audiens lebih banyak dan meningkatkan penjualan.

Sayangnya, tidak semua orang memperhatikan proses pembuatan konten medsos yang baik. Tak sedikit pengguna medsos yang memposting konten berdasarkan mood atau emosi. Padahal hal tersebut perlu dihindari karena konten seperti itu bisa menjadi boomerang. Baiknya buatlah konten sosmed seperti berikut ini:

1. Buatlah yang Berkualitas

Konten yang solid artinya berkualitas tinggi. Isi yang tercantum memiliki kualitas yang baik. Mulai dari resolusinya, pemilihan warna, topik yang diangkat berbobot, dan lain sebagainya. 

Agar bisa membuat kontur dengan kualitas tinggi tanamkan dalam diri untuk membuat karya yang bisa dijadikan investasi. Jadi ketika membuat sebuah konten, prosesnya tidak asal-asalan. Pembuatan konten sosmed seperti itu mungkin akan membutuhkan waktu yang lama namun hasilnya pasti memuaskan.

Agar konten ini kualitasnya sesuai kebutuhan, lakukan penentuan target pasar dulu. Asalkan siapa yang menjadi target pemasaran jelas, isi konten dapat dibuat dengan berkualitas sesuai target itu sendiri.

2. Jangan Lupakan Value

Konten memang dibuat untuk menarik perhatian audiens. Namun jangan lupakan untuk menambahkan value dalam konten yang dibuat. Pastikan untuk membuat sesuatu yang bermanfaat bagi audiens.

Semakin banyak orang yang merasa konten tersebut bermanfaat, semakin banyak pula orang yang membagikannya. Hal ini dapat dikatakan konten yang dibuat telah tepat sasaran dan berhasil. Jika konten tersebut hanya mengandalkan tampilan yang menarik tanpa ada value atau manfaatnya, sulit untuk bisa menjangkau audiens lebih luas.

Konten yang bermanfaat ini bisa disesuaikan dengan usaha atau bisnis yang sedang dijalankan. Setiap jenis usaha pasti memiliki manfaat bagi konsumen. Tinggal bagaimana mengemas informasi tersebut ke dalam konten sosmed agar bisa meningkatkan brand awareness.

3. Gunakan Sistem Polling

Pada sebuah akun media sosial, audiens adalah aset yang utama. Ketika akan membuat sebuah konten, cobalah untuk membuat polling topik apa yang ingin diangkat menjadi konten berikutnya.

Dengan melibatkan audiens yang ada,  komunikasi baik dengan audiens akan terjaga. Selain itu, ide dari audiens biasanya beragam jadi bisa membantu dalam mencari topik konten secara lebih detail dan berbobot.

Baca Juga : 9 Kata-Kata Menarik untuk Promosi di Media Sosial!

4. Manfaatkan Trending Topic

Trending topic atau sesuatu yang sedang viral dapat dijadikan isi konten. Cara ini bisa menarik perhatian audiens lebih cepat dan menjangkau pengguna media sosial lebih luas dalam waktu cukup singkat.

Topik yang viral membantu konten bisa cepat naik karena minat audiens untuk membahas dan membagikannya lebih besar. Hal ini jadi lebih memudahkan konten tersebut tepat sasaran.

5. Gunakan Video

Saat ini banyak sekali konten video yang berhasil menarik perhatian audiens. Selain lebih mudah dipahami, video juga isinya bisa lebih rinci. Konten video juga lebih mudah menyampaikan pesan kepada audiens.

Misalnya saja bisnis kosmetik, ingin membuat satu konten yang bermanfaat, cobalah membuat video tutorial menggunakan make up sederhana. Di akhir video dapat mencantumkan brand kosmetik yang ingin dipromosikan. Selain kontennya berkualitas dan bermanfaat, pelaku usaha juga bisa mencapai target marketing online.

6. Konten Giveaway

Bagi pemula yang baru belajar marketing online, cobalah untuk membuat konten Giveaway. Banyak audiens yang tertarik untuk mengikuti Giveaway. Tak sedikit pelaku usaha yang sudah melakukan ini, karena memang dengan Giveaway, secara tidak langsung engagement pun bisa meningkat.

Giveaway ini biasanya membutuhkan sponsor untuk bisa memberikan hadiah yang menarik pada audiens. Cara ini bisa menambah audiens dengan cepat karena hadiah bisa didapat hanya dengan mengomentari, memberikan like, dan mengikuti akun media sosial yang menjadi sponsor. Dapat dikatakan bagi audiens ini cara mendapatkan hadiah dengan gratis.

Baca Juga : Cara Melihat Insight Instagram untuk Promosi Bisnismu

7. Repost Konten Audiens

Selain konten yang berkualitas dan menarik, pemula yang ingin mendapatkan engagement tinggi bisa juga memanfaatkan konten audiens. Misalnya ada akun media sosial lain yang ada pengalaman bisnis dengan Anda lalu memberikan testimoni, review, atau semacamnya. Konten seperti itu jika di repost akan meningkatkan brand awareness.

Secara tidak langsung cara ini juga bisa menjadi strategi marketing online yang dapat diandalkan. Semakin banyak testimoni dan review dari akun lain dijadikan konten, semakin terbangun citra brand yang sedang dikembangkan.

Pada intinya konten yang menarik bagi audiens adalah konten yang berkualitas dan memiliki value. Setiap konten yang bermanfaat bisa lebih menarik perhatian audiens. Dalam berbisnis hal ini adalah bagian dari strategi pemasaran secara online.

Itulah beberapa cara membuat konten yang menarik di medsos. Selain konten medsos, kamu juga harus cepat menanggapi chat dengan cepat, baik itu chat dari client, konsumen, pelanggan maupun partner. Untuk memudahkan kamu dalam membalas chat, gunakan fitur Template Chat dari aplikasi Koala.