Kata-Kata Promosi Produk yang Bisa Membuat Jualanmu Laris

29 Agustus 2022

Kata-kata promosi produk yang kamu pilih untuk mempromosikan bisnismu agar  jualanmu laris akan bergantung pada apa strategi promosi yang kamu gunakan. Pemilihan kata untuk promosi produk akan sangat mempengaruhi bagaimana penjualanmu bisa semakin naik. Saat memilih kata-kata promosi produk ada beberapa elemen yang perlu kamu pertimbangkan juga, berikut ini adalah elemen-elemen tersebut:

 

Menyampaikan Keamanan dan Kualitas

Elemen kata-kata promosi produk pertama yang perlu diperhitungkan adalah jaminan keamanan dan kualitas dari produk tersebut. Salah satu alasan kenapa banyak orang yakin untuk berbelanja secara online adalah adanya jaminan keamanan dan kualitas dari penjual. Tidak jarang ada penipuan yang terjadi ketika berbelanja online sehingga pembeli lebih mementingkan toko yang memberikan jaminan keamanan dan kualitas.

Memberikan jaminan keamanan dan kualitas bisa sangat membantu untuk proses jualanmu. Kamu bisa menggunakan kata untuk promosi produk seperti: “Kualitas Terbaik!”, “Jaminan Asli”, “Terjamin Kualitasnya, dan yang lain. Bentuk kata untuk promosi produk tersebut dapat menarik perhatian calon pembeli yang mementingkan kualitas terbaik. Selain itu kata-kata produksi dengan elemen keamanan dan kualitas juga bisa dimasukkan dalam pitch deck untuk investor. Kamu bisa menggunakan “produk kami merupakan produk yang terjamin kualitas dan keasliannya” atau “produk kamu 100% asli dibuat di Indonesia” dan lainnya.

 

Memberikan Manfaat kepada Pelanggan

 Elemen kata-kata promosi produk selanjutnya adalah memberikan manfaat kepada pelanggan. Cara ini juga cukup sering digunakan untuk menarik perhatian pelanggan agar membeli produk yang kamu jual. Bisa menjadi salah satu solusi untuk menaikkan penjualan di tokomu. Kalimat promosi produk yang memiliki elemen manfaat kepada pelanggan bisa muncul dalam berbagai bentuk promosi. Misalnya “Beli 1 Gratis 1”, “Diskon 70%”, hingga “Gratis produk untuk pembelian minimal Rp 100.000”.

Fungsi dari elemen pemberian manfaat kepada pelanggan ini adalah agar pelanggan bisa berbelanja lebih banyak. Sebagian besar pelanggan lebih suka membeli barang yang sudah diskon atau mendapatkan gratis produk di setiap pembelian tertentu sehingga dengan menggunakan kalimat promosi produk yang memiliki elemen manfaat pada pelanggan, mereka menjadi lebih tertarik. 

 

Mengundang Pembeli

Call-to-action merupakan salah satu cara yang juga bisa diterapkan untuk meningkatkan penjualan. Kata-kata promosi produk yang memiliki elemen untuk mengundang pembeli bisa membuat pembeli langsung melakukan transaksi saat itu juga. Cara ini sangat ampuh digunakan untuk banyak jenis industri. Contoh kata untuk promosi produk yang memiliki elemen mengundang pembeli adalah “penawaran terbatas! Dapatkan sekarang juga!”, “Diskon hanya untuk 100 pembeli pertama!”, dan seterusnya.

Kalimat promosi produk yang memiliki elemen untuk mengundang pembeli juga sering digunakan jenis usaha digital. Usaha yang berbasis langganan banyak menggunakan elemen ini untuk menarik perhatian pelanggan agar mereka segera melakukan transaksi.

 

Informasi Terbaru dan Unik

Kata-kata promosi produk yang selanjutnya bisa kamu gunakan adalah yang memiliki elemen informasi terbaru dan keunikan produkmu. Menggunakan informasi terbaru dan juga keunikan produk bisa membuat calon pembeli merasa penasaran untuk mencoba produk tersebut. Cara ini akan sangat ampuh digunakan untuk promosi produk terbaru. Selain itu, kata untuk promosi produk yang memiliki keunikan produk juga lebih menarik perhatian calon pembeli dari kompetitor.

Contoh dari kalimat promosi produk yang memiliki elemen informasi terbaru dan keunikan adalah “Produk Terbaru!” , “Menggunakan Teknologi Terbaru!”, “Pertama di Indonesia”, dan seterusnya. Selain cocok digunakan untuk perilisan produk baru, kalimat promosi produk dengan elemen informasi terbaru dan keunikan juga bisa digunakan saat re-branding sebuah produk.

 

Memprioritaskan Tokomu

Elemen terakhir untuk kata-kata promosi produk adalah dengan memprioritaskan tokomu. Buat seolah-olah hanya tokomu yang memiliki produk tersebut atau penawaran spesial tersebut. Ini akan sangat bermanfaat jika jenis usaha yang kamu lakukan adalah jenis usaha yang berada dalam ranah red ocean atau sudah banyak kompetitornya. Kalimat promosi produk yang mengunggulkan tokomu dibandingkan lainnya bisa meyakinkan pembeli untuk berbelanja di tokomu.

Kamu bisa meyakinkan calon pembeli dengan beberapa kata untuk promosi produk seperti “Pengiriman 24Jam Hanya di Toko ABC!”, “Gratis ongkir hanya di sini!”, “Satu-satunya distributor asli”, dan seterusnya. Pembeli yang membaca kalimat promosi produk tersebut akan tertarik dengan fasilitas dan langsung melakukan pembelian di tokomu.

Baca Juga: 5 Contoh Loyalty Program untuk Mempertahankan Pelanggan

 

Contoh Kata-Kata Promosi Produk yang Menarik Digunakan

 Jika kamu masih bingung menentukan mana kata-kata promosi produk yang paling cocok untuk digunakan, kamu bisa melakukan beberapa pertimbangan. Pertimbangan tersebut bertujuan untuk memilih mana kata untuk promosi produk yang paling pas digunakan. Berikut ini adalah contoh kata-kata promosi produk yang sesuai dengan pertimbangan: 

1. Promo Potongan Harga Akhir Bulan

Saat melakukan promo potongan harga akhir bulan, kamu perlu menggunakan elemen yang memberikan manfaat untuk pelanggan. Misalnya jika usahamu bergerak di bidang retail dan kamu akan menghabiskan stok di akhir bulan, kata-kata promosi produk yang bisa kamu gunakan adalah “Diskon hingga 70%”, “Harga Spesial Akhir Bulan!” dan “Hanya hari ini Diskon 80%”.

2. Menambah Pelanggan Baru

Menambah pelanggan baru merupakan tantangan tersendiri bagi setiap usaha. Bisa dibilang, menarik pelanggan baru akan membutuhkan lebih banyak tenaga dibandingkan membuat pelanggan lama melakukan pembelian ulang. Agar kamu bisa terus menarik pelanggan baru, kamu bisa menggunakan elemen mengundang pembeli untuk kata-kata promosi produk usahamu. Jika usahamu bergerak dalam bentuk langganan, Misalnya seperti usaha katering harian, kamu bisa menggunakan promo seperti “Gratis 1 minggu pertama, Coba Sekarang!” atau “Eksklusif Menu Khusus Diet Hanya untuk 20 Pelanggan Pertama”.

3. Perilisan Produk Terbaru

Saat merilis produk baru, kamu tidak bisa menggunakan gaya promosi yang sama seperti sebelumnya. Kamu perlu menggunakan elemen informasi terbaru dan unik dari produkmu agar pelanggan menjadi lebih tertarik. Informasikan apa yang berbeda dari produkmu kali ini dan tunjukkan keunikan dari produkmu. Misalnya jika kamu memiliki usaha di bidang food and beverages dan menjual makanan ringan, kamu bisa menggunakan kata-kata promosi produk seperti “Resep terbaru untuk Snack ABC”, “Extra gurih untuk Snack XYZ”, dan seterusnya.

Baca Juga: Mengenal Repeat Order dan Cara Memaksimalkannya

4. Penjual Eksklusif

Menjadi penjual yang eksklusif bisa memberikan manfaat untuk penjualanmu. Selain lebih dipercaya oleh pelanggan, kamu juga akan lebih mudah mendapatkan pelanggan baru. Toko yang resmi lebih cenderung memiliki kepercayaan lebih dari pelanggan sehingga mereka tidak ragu untuk melakukan transaksi dengan aman dan nyaman. Jika tokomu merupakan distributor utama, kamu bisa menggunakan kata-kata promosi produk seperti “Distributor Resmi Produk ABC” atau “Garansi langsung dari ABC di Toko kami”. Cara tersebut bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan.

 

Mengenali apa saja kata-kata promosi produk yang tepat akan sangat membantu usahamu sehingga penjualan bisa semakin naik dan keuntungan usaha juga semakin meningkat. Pastikan kamu memilih mana kata-kata promosi produk yang paling pas untuk usahamu.

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan usahamu adalah dengan mengelola pelanggan dengan baik. Misalnya dengan menggunakan fitur Kotak pelanggan KoalaApp untuk mengelola kontak pelanggan sehingga kamu bisa mengirimkan kata-kata promosi produk terbaik langsung kepada pelangganmu. Coba KoalaApp sekarang juga!