Engagement Instagram: Pengertian dan Cara Meningkatkannya

25 Februari 2023

Engagement instagram merupakan salah satu kunci konten dikatakan berhasil atau sukses. Jika engagement tinggi artinya konten diterima dengan baik oleh para audiens. Ini penting untuk diketahui terutama bagi pengguna  instagram untuk kepentingan bisnis. Dibawah ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai engagement di instagram serta cara meningkatkannya. Mari simak ulasannya sampai selesai.

Apa itu Engagement Instagram?

Dalam dunia marketing engagement adalah parameter untuk mengukur pengaruh akun terhadap followers. Dapat dikatakan, definisi dari engagement instagram adalah parameter sejauh mana akun IG menarik audiens sehingga bisa menciptakan interaksi baik dalam bentuk like atau komentar.

Meningkatkan engagement ini sangat penting di dunia digital marketing. Sebab dapat membantu dalam mengembangkan usaha dengan efisien. Tingkat engagement dapat menunjukkan seberapa jauh jangkauannya akun IG yang dimiliki terhadap followers dan pengguna lain.

Jangkauan tadi dapat dilihat dari jumlah interaksi yang dihasilkan pada setiap postingan baik itu gambar, video atau story. Brand experience yang positif pun dapat terbangun. Dari engagement ini juga pengguna instagram bisa menjadikannya sebagai sarana mengembangkan hubungan bisnis yang dekat dengan pelanggan serta untuk mengembangkan strategi baru.

Cara Meningkatkan Engagement Instagram

Dalam meningkatkan engagement pada instagram atau untuk media sosial yang lain, ada beberapa hal yang perlu dilakukan dan itu tidak instan. Butuh waktu cukup panjang dalam menaikkan engagement.

Hal ini karena engagement ini merupakan bentuk pencapaian yang memang perlu proses setiap hari sehingga bisa mengalami peningkatan. Membuat strategi dan melakukan riset mendalam adalah kuncinya.

Untuk bisa membuat audiens lebih banyak terlibat, mari ikuti cara ini agar bisa meningkatkan engagement instagram.

Baca Juga : Impresi Instagram adalah: Pengertian dan Cara Meningkatkannya

1. Mencoba Berbagai Konten

Membuat sebuah konten tidak harus terpaku pada satu jenis saja. Ada banyak pilihan jenis konten yang dapat digunakan untuk meningkatkan engagement pada instagram yang bisa dicoba.

Setiap jenis konten akan berpengaruh pada tingkat engagement asalkan berkualitas serta menarik keterlibatan audiens. Untuk itu lakukan riset pada akun kompetitor agar tahu jenis konten yang banyak disukai audiens.

2. Melakukan Analisis Konten

Pertumbuhan engagement pada media sosial instagram memang cukup sulit apalagi jika tidak tahu caranya memulai. Baiknya catat semua aspek IG mulai dari jumlah pengikut, banyaknya komentar masuk, hingga jumlah suka atau like yang didapat.

Lakukan pemantauan yang rutin dari setiap aspek IG sehingga nanti terlihat perkembangannya. Secara otomatis nanti bisa diketahui juga kelebihan dan kekurangan yang perlu diperbaiki. Agar mudah coba pakai tool analytics yaitu insight Instagram.

Dari insight nanti dapat dilihat sudah seberapa jauh jangkauan konten yang sudah diposting. Apakah sudah ada kemajuan pada engagement atau belum. Hal itu dapat dilihat melalui tool analytics Insight dengan mudah.

3. Konsisten

Kunci dari peningkatan engagement adalah konsisten dalam membuat sebuah konten. Hal ini karena instagram mempunyai algoritma yang suka dengan pengguna aktif.

Semakin sering memposting konten baru maka eksposur yang didapatkan jadi semakin tinggi. Jadwalkan konten yang akan dibuat agar bisa lebih teratur.

Usahakan membuat jadwal rutin dan tentukan waktu terbaik posting Instagram misalnya satu hari posting 3 kali dengan jenis konten yang berbeda. Ada yang konten gambar, video pendek, atau story. Gunakan juga hastag yang sesuai agar lebih mudah menaikkan engagement pada setiap postingan.

4. Ikuti Tren

Perkembangan dunia digital yang cukup pesan membuat user IG perlu melakukan riset setiap akan memproduksi konten. Konten harus dibuat berdasarkan hal yang sedang trending.

Dengan mengikuti trend yang sedang ramai di tengah masyarakat, konten jadi bisa berpeluang besar mendapatkan tanggapan dari audiens. Hal ini juga nanti yang meningkatkan engagement.

Tren dalam membuat konten ini disesuaikan dengan fitur instagram yang sedang populer misalnya sekarang banyak yang suka reels, maka buat konten reels namun isinya tetap yang bermanfaat dan berkaitan dengan produk yang akan ditawarkan.

Selain mendapatkan perhatian dari audiens, secara otomatis produk sebuah bisnis pun jadi lebih dikenal dari konten yang bermanfaat tadi.

Baca Juga : 5 Tips Balas Cepat dan Contoh DM di Instagram untuk Bisnis

5. Bangun Interaksi Audiens

Jika sudah mengikuti tren cara berikutnya agar bisa menaikkan engagement adalah dengan membangun interaksi dengan para audiens. Buatlah konten yang interaktif.

Informasi yang bermanfaat menjadikan konten bisa menarik perhatian audiens yang kemudian berinteraksi dengan akun instagram. Contoh konten yang interaktif adalah giveaway, Q&A (questions and answers), atau bisa juga kuis.

6. Memanfaatkan Berbagai Fitur

Konsisten dalam membuat konten harus diimbangi dengan penggunaan fitur yang ada di media sosial instagram terutama yang bisa meningkatkan interaksi dengan audiens seperti live.

Fitur-fitur dalam instagram memang digunakan untuk memudahkan pengguna mendapatkan banyak komentar, like dan share pada setiap postingannya. Asalkan konten yang dibuat berkualitas, bermanfaat, dan menarik perhatian audiens akan secara otomatis bisa didapatkan. 

Itulah penjelasan lengkap mengenai pengertian engagement instagram dan cara meningkatkannya. Engagement sangat penting dipahami jika ingin jualan online di Instagram. Menggunakan instagram untuk bisnis pun dapat menjadi jalan untuk memaksimalkan marketing secara digital. Terutama untuk brand awareness serta menggaet lebih banyak konsumen.

Agar lebih maksimal, kamu bisa menggabungkan media sosial instagram dengan aplikasi bisnis yang terintegrasi dengan Whatsapp Business API seperti Koala+. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, mulai dari Manajemen Produk & Transaksi dan Live Customer Service. Pengguna lebih mudah mengelola setiap pesan yang masuk sehingga pelanggan akan mendapatkan pelayanan yang maksimal. 

Dalam menjalankan sebuah bisnis, kepuasan pelanggan sangat penting. Menjadikan konsumen sebagai raja adalah kunci sukses sebuah bisnis. Jadi maksimalkan pelayanan dan jalin interaksi yang baik melalui Koala+ dan juga media sosial lain. Tunggu apalagi, yuk daftar dan download aplikasi Koala+ di Google Play Store dan App Store!