Repeat Order Artinya Apa Sih? Yuk, Cari Tahu di Sini!

8 November 2022

Buat kamu yang belum pernah berjualan mungkin bertanya-tanya apa artinya repeat order. Sedangkan bagi kamu yang sudah familiar dengan berjualan dan sekitarnya pasti tahu apa artinya repeat order. Penting bagi kamu untuk mengetahui repeat order serta kenapa repeat order artinya sangat bagus untuk jualan kamu.

Jualan online adalah salah satu hal yang sudah mulai sering dilakukan orang. Bagaimana tidak, belanja online sudah marak digunakan dan perlahan menjadi kebiasaan bagi masyarakat modern. Di tengah kemajuan digital, tentu tak mengherankan jika belanja juga sudah bisa melalui online.

Terlebih, pandemi melanda dunia beberapa tahun belakangan. Penyebaran virus yang luar biasa cepat dan masif memaksa negara-negara di dunia memperketat dan mencegah penyebaran. Salah satunya adalah dengan penerapan pembatasan mobilitas, termasuk di Indonesia. Bahkan pekerjaan pun dipaksa dilakukan secara online.

Belanja pun terpaksa dilakukan secara online. Padahal, belanja termasuk kebutuhan yang sering dilakukan, apalagi kebutuhan sehari-hari. Belanja online pun menjadi solusinya. Terlebih belanja online dapat digunakan melalui berbagai macam platform, mulai dari media sosial hingga website maupun e-commerce.

Baca Juga: Mengenal Arti Repeat Order dan Cara Memaksimalkannya

Oleh karena itu, tidak heran jika sekarang kamu melihat seringnya kurir paket wara-wiri baik untuk menjemput atau mengantarkan paket. Belanja online sudah mulai sering digunakan baik oleh remaja, maupun para lansia. Sudah pemandangan lumrah untuk melihat seseorang belanja online. Bahkan, tanggal 12 Desember disebut sebagai hari belanja online nasional atau harbolnas di mana banyak promo yang ada.

Berjualan online juga marak digunakan orang. Semakin banyak orang yang berbelanja online, maka sebuah pilihan logis untuk ikut berjualan. Banyak toko fisik yang sudah mempunyai akun berjualan online sehingga bisa diakses secara online, ataupun datang ketika calon pelanggan butuh untuk melihat secara langsung.

Namun, berjualan tetap tidak mudah. Proses yang dilalui tetap sama sulitnya. Hanya medianya saja yang berbeda. Berjualan baik online atau offline tetap membutuhkan pembeli dan pemasukan agar bisnisnya bisa tetap hidup, apalagi mencari pekerjaan juga semakin sulit. Karena itu penting untuk mencari pelanggan agar bisnis tersebut bisa berjalan.

Tapi mempertahankan pelanggan juga tak kalah penting. Dengan mempunyai pelanggan yang loyal, itu berarti mereka mungkin merasa puas dengan produk dan layanan yang kita berikan. Jadi sebaiknya kedua hal tersebut dijalankan bersamaan. Terlebih, jika pelanggan yang sudah pernah melakukan transaksi di toko kamu melakukan pembelian kembali atau yang biasa disebut dengan repeat order.

Apa Artinya Repeat Order?

Secara literal, Repeat Order artinya adalah melakukan pemesanan atau pembelian kembali. Maksudnya adalah seorang pelanggan kembali melakukan pemesanan atau pembelian di toko yang sebelumnya pernah ia kunjungi. Secara tidak langsung, berarti ia merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh toko tersebut. Oleh karena itu, penting sekali agar pelanggan dapat melakukan repeat order.

Ada beberapa tips yang dapat kamu gunakan agar pembeli dapat melakukan repeat order, seperti:

Menjaga Kualitas Produk

Apalah artinya sebuah merek tanpa produk yang baik. Produk yang baik adalah mengapa alasan seorang pelanggan membeli barang di toko tersebut. Produk yang baik juga memiliki harga yang pantas dengan kualitasnya. Oleh karena itu, pelanggan harus menjaga kualitas produk. Karena jika bisnis menginginkan repeat order artinya produk juga harus terjaga kualitasnya.

Jika kualitas yang dimiliki baik, pelanggan pun akan merasa puas. Banyaknya pilihan produk di pasar tentu akan membuat seorang pelanggan bingung untuk memilih toko. Namun jika ia merasa produk tersebut sesuai ekspektasinya, tidak heran jika ia akan melakukan repeat order di toko tersebut. Ia mungkin akan merasa toko tersebut bisa jadi toko langganan jika ia membutuhkan sebuah produk.

Menjaga Kualitas Pelayanan

Jika kamu ingin agar pembeli melakukan repeat order artinya kamu harus membuat pelanggan puas dengan toko kamu. Hal tersebut berarti bukan hanya puas dengan produk yang kamu jual, namun juga dengan kualitas pelayanan yang kamu berikan pada pelanggan. Karena semua orang pasti menyukai pelayanan yang baik, karena akan membuat mereka merasa nyaman berbelanja.

Bahkan tak jarang pelanggan lebih memilih sebuah toko, meskipun harganya lebih mahal sedikit, jika pelayanan yang diberikan sangat memuaskan. Terlebih, jika baru pertama kali datang ke toko yang kamu miliki, kamu harus memberikan kesan yang mendalam hingga mereka merasa senang. Banyak merek besar yang memberikan pelayanan terbaik sehingga meninggalkan kesan baik bagi para pelanggannya.

Membuat Promo Menarik

Salah satu cara yang ampuh untuk membuat pelanggan melakukan repeat order adalah program loyalitas. Dengan program loyalitas artinya pelanggan akan merasa harus melakukan pembelian selanjutnya atau repeat order. Hal tersebut dikarenakan pelanggan akan mendapatkan keuntungan jika ia melakukan pembelian kembali di toko tersebut.

Keuntungan tersebut bisa bermacam-macam. Bisa berupa potongan harga pada pembelian selanjutnya, atau malah mendapatkan layanan gratis jika telah melakukan beberapa kali layanan. Seperti contoh, sebuah barbershop akan memberikan potong rambut secara gratis jika pelanggan melakukan 10 kali pemotongan rambut di tempat tersebut. Program seperti itu tentu menarik dan membuat pelanggan merasa ingin kembali.

Baca Juga: 5 Contoh Loyalty Program untuk Mempertahankan Pelanggan

Menjaga Komunikasi

Ketika sebuah bisnis melakukan transaksi, tak jarang bisnis tersebut akan membutuhkan kontak pelanggan seperti no handphone ataupun alamat email. Melalui kedua hal tersebut, kamu bisa memanfaatkannya untuk menjaga komunikasi dengan pelanggan sehingga mereka tahu info terbaru tentang toko milikmu.

Dengan menjaga komunikasi dengan pelanggan, kamu bisa memberikannya info menarik tentang promo di tokomu, ataupun produk dan fitur terbaru yang tersedia. Karena bisa saja setelah melakukan pembelian pertama, ia sedikit lupa dengan tokomu. Dengan berkomunikasi, bisnis milikmu tentu akan diingat kembali dan ia justru jadi tertarik membeli produk tersebut karena diingatkan.

Mendengarkan Saran

Sebuah bisnis harus terbuka untuk kritik dan saran, terutama dari pelanggan. Kritik dan saran yang membangun hanya akan membuat sebuah bisnis berkembang dan memuaskan para pelanggan. Jadi, jangan sampai sebuah bisnis tidak mendengarkan pelanggan dan hanya sesukanya sendiri.

Kalau kamu ingin pelanggan melakukan repeat order artinya kamu harus membuat pelanggan merasa nyaman dan didengarkan. Karena pelanggan adalah yang merasakan produk dan pelayananmu secara langsung. Kamu bisa mendengarkan apa yang bisa kamu tambahkan dan akomodir. Jika kamu bisa mewujudkan hal tersebut, bukan tidak mungkin mereka akan merasa puas dan kembali melakukan pembelian di toko milikmu.

Demikian penjelasan singkat mengenai artinya repeat order serta beberapa tips yang bisa membantu agar pelanggan bisa melakukan repeat order di sebuah bisnis. Penting agar pelanggan melakukan repeat order di sebuah bisnis agar bisnis tersebut bisa bertahan dan kemudian berkembang. Meskipun sebenarnya lebih sulit mempertahankan dibanding mencari yang baru.


Dengan Koala, kamu bisa memberikan pelanggan pelayanan transaksi yang memuaskan agar ia dapat melakukan repeat order. Selain itu, ada juga website jualan untuk membantu bisnis onlinemu dan fitur-fitur menarik lainnya. Tunggu apa lagi? Yuk, pakai Koala!