Mau Rekrut Admin? Intip Gaji Admin Online Shop di Indonesia!

30 Agustus 2022

Seperti halnya dengan upah minimum regional, gaji admin online shop tentu akan berbeda tergantung area tempat kamu tinggal. Nah, kalau kamu berencana untuk merekrut admin untuk mengelola operasional online shop-mu sehari-hari, tentu kamu harus mengetahui berapa besarnya kisaran gaji admin online shop di daerahmu. 

Saat ini, memang profesi admin online shop banyak dicari seiring dengan menjamurnya bisnis-bisnis yang mulai menjual produknya secara daring untuk menarget pasar digital. Peran admin bisa dibilang sangat penting dalam jalannya sebuah online shop karena seorang admin bertanggung jawab untuk membangun komunikasi langsung dengan pelanggan dan secara tidak langsung yang mewakili bisnis kepada pelanggan.

Oleh karena itu selain untuk mengetahui gaji admin online shop di daerah masing-masing, pemilik bisnis juga perlu mempertimbangkan skill dan kompetensi untuk merekrut seorang admin ke dalam bisnisnya karena tanggung jawabnya yang bukan sembarangan. 

Berapa sih kisaran gaji admin online shop di Indonesia? Yuk, simak artikel ini sampai habis untuk mengetahui serba-serbi mengenai profesi admin online shop, mulai dari gaji admin online shop di Indonesia, tanggung jawab, hingga skill yang diperlukan oleh seorang admin!

 

Kisaran Gaji Admin Online Shop di Indonesia

Untuk menghadirkan peran admin untuk mengelola operasional sehari-hari toko online-mu, yuk cari tahu berapa gaji admin online shop di beberapa daerah di Indonesia!

  • Gaji admin online shop di Jakarta berkisar antara Rp3.200.000-Rp3.500.000
  • Gaji admin online shop di Bandung berkisar antara Rp2.600.000-Rp2.800.000
  • Gaji admin online shop di Surabaya berkisar antara Rp2.600.000-Rp2.800.000
  • Gaji admin online shop di Yogyakarta berkisar antara Rp2.500.000-Rp2.700.000
  • Gaji admin online shop di Semarang berkisar antara Rp2.800.000-Rp3.000.000
  • Gaji admin online shop di Denpasar berkisar antara Rp2.400.000-Rp2.600.000
  • Gaji admin online shop di Bekasi berkisar antara Rp2.800.000-Rp3.200.000
  • Gaji admin online shop di Tangerang berkisar antara Rp2.600.000-Rp2.800.000
  • Gaji admin online shop di Batam berkisar antara Rp2.700.000-Rp2.900.000

 

Itulah kisaran gaji admin online shop di beberapa daerah di Indonesia. Namun, bisa ditarik bahwa kisaran gaji untuk peran admin online shop adalah Rp2.500.000 hingga Rp3.500.000. 

Selain berdasarkan daerah, besarnya gaji admin online shop juga dipengaruhi oleh seberapa besar tugas dan tanggung jawab yang dibebankan oleh perusahaan kepada karyawannya. Apa saja tanggung jawab umum admin online shop pada umumnya?

 

Tanggung Jawab Admin Online Shop

Banyak salah kaprah mengenai tanggung jawab peran admin pada sebuah online shop. Admin online shop bukan hanya berperan untuk menjawab pertanyaan atau komentar di media sosial atau platform pesan instan, tetapi juga memiliki peranan lainnya yang penting untuk jalannya online shop. Berikut adalah beberapa tanggung jawab admin online shop secara umum.

 

1. Menjawab keluhan pelanggan

Yang namanya bisnis, pasti tidak bisa luput dari keluhan pelanggan, baik itu komplain terkait produk yang diterima, pengiriman barang, atau pun pelayanan yang mereka dapatkan. Nah, tugas ini merupakan salah satu dari tanggung jawab dari seorang admin, yaitu memberikan tanggapan atas berbagai keluhan yang disampaikan oleh pelanggan melalui mana pun.

Menanggapi keluhan adalah salah satu bentuk komunikasi antara bisnis dengan pelanggan, sehingga kualitas dan cara penyampaian tanggapan harus diperhatikan karena nantinya di sini akan terbentuk loyalitas pelanggan terhadap online shop kita.

 

2. Menjadi yang paling paham tentang produk dalam bisnis kita

Jika ada orang yang paling memahami seluk-beluk atau detail spesifikasi produk dalam bisnis, maka peranan tersebut seharusnya adalah seorang admin. Admin online shop ibaratnya adalah “Google”-nya bisnis, yang tahu apa saja terkait produk yang dijual. 

Pelanggan tentu akan sewaktu-waktu bertanya tentang produk kita secara detail, misalnya jika ada produk keluaran terbaru. Oleh karena itu, admin harus memiliki pengetahuan tentang produk yang memadai untuk dapat menjawab berbagai pertanyaan yang disampaikan oleh pelanggan. Jika admin tidak bisa menjawab, maka akan berisiko untuk kehilangan minat dari calon pelanggan, bukan?

Baca Juga: 5 Contoh Strategi Harga Coret yang Ampuh Agar Jualan Laris

 

3. Mengetahui stok barang

Selain pengetahuan tentang produk, admin online shop juga berperan memiliki tanggung jawab untuk memantau berapa banyak stok produk yang tersedia dan mana stok produk yang habis. Peran ini sangat dibutuhkan oleh online shop, terutama online shop yang memiliki sistem pre-order atau pun yang mengadopsi sistem bisnis dropship.

Admin online shop adalah orang yang akan memberitahu pelanggan apakah barang yang dipesan oleh pelanggan tersedia sekaligus mencarikan solusi jika barang yang dipesan oleh pelanggan tersebut habis. 

 

4. Melakukan follow-up kepada pelanggan

Ketika pelanggan sudah melakukan transaksi pembelian, admin juga berperan untuk memantau pelanggan. Apakah barang yang dipesan sudah diterima? Apakah pengiriman barang mengalami keterlambatan? Apakah pelanggan memiliki komplain lebih lanjut terkait produk? 

Nah, hal-hal seperti ini adalah yang dilakukan oleh admin. Admin online shop juga berperan dalam menaikkan rating dari toko online yang kita punya lho!

 

5. Memantau media sosial online shop

Ada kalanya terdapat oknum-oknum yang melakukan spamming pada bagian komentar media sosial online shop kita. Agar media sosial kita terhindar dari hal-hal yang merugikan bisnis, admin juga bertugas untuk melakukan supervisi terhadap media sosial misalnya Instagram, mulai dari komentar yang bersifat positif, negatif, hingga yang bersifat spamming.

Baca Juga: Tips Membuat Kata-kata Promosi Jualan Online biar Laris

 

3 Skill Wajib yang Harus Dimiliki Oleh Admin Online Shop

Besarnya gaji admin online shop juga dapat dipertimbangkan dari skill yang dipunya. Nah, pada umumnya, skill yang harus dimiliki oleh admin online shop adalah sebagai berikut.

1. Komunikasi

Untuk dapat menjawab pertanyaan, keluhan, atau pun saran dan kritik dari pelanggan secara jelas, admin online shop wajib memiliki keahlian komunikasi yang memadai.

 

2. Problem-solving

Masih berhubungan dengan bagaimana untuk menanggapi pertanyaan atau keluhan pelanggan, admin online shop memerlukan skill problem-solving agar mampu memberikan jawaban yang tidak hanya menjawab, tetapi juga solutif bagi pelanggan.

 

3. Attention to detail

Admin online shop akan dibanjiri dengan beribu-ribu pertanyaan pelanggan yang masuk ke berbagai platform yang dimiliki oleh online shop. Oleh karena itu, diperlukan skill ketelitian agar admin dapat menyortir pertanyaan satu persatu tanpa terlewat.

 

Itulah tiga skill yang umumnya diperlukan oleh admin online shop untuk dapat memberikan pelayanan terbaik secara operasional.

Pada intinya, terdapat tiga faktor yang mempengaruhi besar kisaran gaji admin online shop, yaitu, lokasi online shop, besar tanggung jawab, dan juga skill yang dimiliki oleh mereka. TIdak dipungkiri, peran admin diperlukan dalam jalannya sebuah online shop karena peran inilah yang akan memantau keseharian online shop.

Nah, ada cara lain yang dapat kamu lakukan untuk mengelola online shop-mu secara efektif lho. Pakai aja aplikasi KOALA! Salah satu fitur dari aplikasi KOALA adalah website jualan, di mana kamu bisa mengatur jualan, seperti menambah produk baru hingga menjawab pertanyaan pelanggan di toko online-mu hanya dengan satu aplikasi saja!