Strategi bauran pemasaran atau market mix sangat dibutuhkan dalam pemasaran produk maupun jasa agar bisa diterima oleh konsumen. Strategi bauran pemasaran ini meliputi beberapa aspek pemasaran, seperit produk, promosi, harga dan juga tempat. Keempatnya merupakan satu kesatuan yang digunakan untuk menyusun strategi pemasaran yang tepat.
Strategi pemasaran yang tepat, terarah dan fokus pada target tentu saja akan membantu perusahaan untuk menjangkau pelanggan yang tepat. Dengan begini maka produk atau jasa yang ditawarkan laku di pasaran dan tentunya akan memberikan keuntungan bagi perusahaan.
Dalam laman Wikipedia,, bauran pemasaran atau marketing mix adalah suatu konsep yang digunakan dalam manajemen pemasaran untuk menggambarkan kombinasi elemen-elemen yang digunakan oleh perusahaan dalam rangka memasarkan dan juga mempromosikan produk maupun jasa kepada para pelanggan.
Konsep marketing mix ini pertama kali diperkenalkan oleh Neil Boldern pada tahun 1949. Setelah itu, dikembangkan oleh Jerome McCarthy di tahun 1960-an. Strategi bauran pemasaran ini terdiri dari empat elemen (marketing mix 4P) yaitu Product (produk), Price (harga), Place (tempat) dan juga Promotion (promosi).
Keempat elemen tersebut saling berinteraksi dan juga saling mempengaruhi agar bisa mencapai tujuan pemasaran perusahaan. Selain itu, dalam bauran pemasaran juga ada penambahan elemen lainnya. Seperti people (orang), process (proses) dan physical evidence (bukti fisik).
Bauran pemasaran atau marketing mix akan membantu perusahaan dalam merencanakan strategi pemasaran yang efektif serta menyelaraskan dengan kebutuhan dan preferensi pelanggan. Selain itu, juga akan membantu mencapai tujuan perusahaan dalam hal pangsa pasar, peningkatan penjualan dan juga keuntungan.
Baca Juga : Jenis Jenis Promosi untuk Meningkatkan Penjualan
Salah satu alasan kenapa bisnis menggunakan strategi ini adalah untuk menghasilkan respon yang diinginkan dari audiens. Berikut beberapa manfaat yang didapatkan dari penerapan strategi ini:
Baca Juga : 5 Contoh Loyalty Program untuk Mempertahankan Pelanggan
Contoh penerapan strategi bauran pemasaran dalam perusahaan yang menjual produk makanan organik:
Elemen produk mencakup semua aspek yang berkaitan dengan produk ataupun jasa yang ditawarkan oleh perusahan kepada para pelanggan. Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan dalam elemen satu ini, seperti fitur produk, kualitas, desain kemasan, merek dan juga layanan purna jual.
Adapun contoh dari penerapan elemen ini adalah sebagai berikut:
Untuk elemen ini akan melibatkan penetapan harga produk maupun jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Beberapa faktor yang harus dijadikan pertimbangan adalah strategi penetapan harga, rentang harga, diskon serta promosi harga, dan juga marginal keuntungan. Berikut contoh penerapannya:
Di dalam elemen tempat sangat berhubungan dengan saluran distribusi serta cara produk atau jasa disesuaikan dan juga dijangkau oleh pelanggan. Beberapa faktor yang harus dipertimbangkan adalah distribusi fisik, saluran distribusi, distribusi online dan manajemen rantai pasok. Contoh penerapannya yaitu sebagai berikut:
Elemen promosi melibatkan kegiatan promosi yang digunakan untuk memperkenalkan, memasarkan maupun mempromosikan produk ataupun jasa pada pelanggan. Beberapa faktor yang harus dipertimbangan adalah iklan, hubungan masyarakat, penjualan pribadi, promosi penjualan dan juga penjualan langsung. Contoh penerapannya yaitu:
Itulah informasi tentang strategi bauran pemasaran dan contoh penerapannya. Diharapkan informasi diatas bisa membantu kamu memahami strategi ini dan bisa menerapkannya dalam bisnis yang dijalankan.
Agar strategi bauran pemasaran berjalan maksimal, direkomendasikan menggunakan fitur Manajemen Transaksi dan Manajemen Produk dari Koala+ yang sudah terintegrasi WhatsApp API. Melalui fitur manajemen transaksi, kamu bisa memantau semua transaksi yang masuk secara real time, melihat riwayat transaksi yang disimpan dan juga mengirimkan invoice pelanggan.
Sedangkan menggunakan fitur manajemen produk berarti kamu bisa menambah daftar produk yang dijual dan juga mengatur ketersediaannya. Jadi saat stok produk sedang kosong bisa langsung mengaktifkan mode stok habis sehingga pelanggan bisa mendapatkan informasi dari website.
Selain itu, kamu juga bisa menambahkan varian di setiap produk untuk memudahkan dalam pencatatan dan ketersediaan varian produk. Jadi, gunakan Koala+ sekarang juga!