Strategi Bauran Pemasaran dan Contoh Menerapkannya

25 Juni 2023

Strategi bauran pemasaran atau market mix sangat dibutuhkan dalam pemasaran produk maupun jasa agar bisa diterima oleh konsumen. Strategi bauran pemasaran ini meliputi beberapa aspek pemasaran, seperit produk, promosi, harga dan juga tempat. Keempatnya merupakan satu kesatuan yang digunakan untuk menyusun strategi pemasaran yang tepat.

Strategi pemasaran yang tepat, terarah dan fokus pada target tentu saja akan membantu perusahaan untuk menjangkau pelanggan yang tepat. Dengan begini maka produk atau jasa yang ditawarkan laku di pasaran dan tentunya akan memberikan keuntungan bagi perusahaan.

Apa Itu Strategi Bauran Pemasaran?

Dalam laman Wikipedia,, bauran pemasaran atau marketing mix adalah suatu konsep yang digunakan dalam manajemen pemasaran untuk menggambarkan kombinasi elemen-elemen yang digunakan oleh perusahaan dalam rangka memasarkan dan juga mempromosikan produk maupun jasa kepada para pelanggan.

Konsep marketing mix ini pertama kali diperkenalkan oleh Neil Boldern pada tahun 1949. Setelah itu, dikembangkan oleh Jerome McCarthy di tahun 1960-an. Strategi bauran pemasaran ini terdiri dari empat elemen (marketing  mix 4P) yaitu Product (produk), Price (harga), Place (tempat) dan juga Promotion (promosi).

Keempat elemen tersebut saling berinteraksi dan juga saling mempengaruhi agar bisa mencapai tujuan pemasaran perusahaan. Selain itu, dalam bauran pemasaran juga ada penambahan elemen lainnya. Seperti people (orang), process (proses) dan physical evidence (bukti fisik).

Bauran pemasaran atau marketing mix akan membantu perusahaan dalam merencanakan strategi pemasaran yang efektif serta menyelaraskan dengan kebutuhan dan preferensi pelanggan. Selain itu, juga akan membantu mencapai tujuan perusahaan dalam hal pangsa pasar, peningkatan penjualan dan juga keuntungan.

Baca Juga : Jenis Jenis Promosi untuk Meningkatkan Penjualan

Manfaat Strategi Bauran Pemasaran

Salah satu alasan kenapa bisnis menggunakan strategi ini adalah untuk menghasilkan respon yang diinginkan dari audiens. Berikut beberapa manfaat yang didapatkan dari penerapan strategi ini:

  • Bisa membantu memahami apa yang bisa ditawarkan dari produk atau layanan bisnis-mu kepada pelanggan.
  • Membantu bisnis menjadi proaktif dalam menghadapi risiko bisnis.
  • Membantu bisnis dalam memanfaatkan kekuatan yang dimiliki dan juga menghindari adanya biaya yang tidak perlu.
  • Membantu merencanakan penawaran produk dengan sukses.
  • Membantu perencanaan, pengembangan dan juga pelaksanaan strategi pemasaran yang efektif.
  • Membantu menentukan apakah produk atau jasa yang kamu miliki cocok untuk pelanggan
  • Membantu mengidentifikasi dan juga memahami kebutuhan pelanggan.
  • Membantu mempelajari kapan dan bagian mempromosikan produk atau layanan kepada pelanggan.

Baca Juga : 5 Contoh Loyalty Program untuk Mempertahankan Pelanggan

Contoh Penerapan Strategi Bauran Pemasaran

Contoh penerapan strategi bauran pemasaran dalam perusahaan yang menjual produk makanan organik:

1. Product (Produk)

Elemen produk mencakup semua aspek yang berkaitan dengan produk ataupun jasa yang ditawarkan oleh perusahan kepada para pelanggan. Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan dalam elemen satu ini, seperti fitur produk, kualitas, desain kemasan, merek dan juga layanan purna jual.

Adapun contoh dari penerapan elemen ini adalah sebagai berikut:

  • Mengembangkan berbagai produk makan organik, seperti camilan, sereal, makanan begu dan juga makanan cepat saji.
  • Menawarkan variasi produk untuk memenuhi kebutuhan maupun preferensi pelanggan. Contohnya yaitu produk vegan maupun produk bebas gluten.
  • Menekankan kualitas bahan baku organik, tanda adanya tambahan bahan kimia dan memberikan nutrisi yang sehat.

2. Price (Harga)

Untuk elemen ini akan melibatkan penetapan harga produk maupun jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Beberapa faktor yang harus dijadikan pertimbangan adalah strategi penetapan harga, rentang harga, diskon serta promosi harga, dan juga marginal keuntungan. Berikut contoh penerapannya:

  • Menerapkan strategi harga yang kompetitif dengan mempertimbangkan harga pasar produk makanan organik tersebut.
  • Untuk meningkatkan daya tarik, perusahaan bisa menawarkan program keanggotaan atau diskon reguler.
  • Menawarkan harga yang wajar dengan mempertimbangkan keunggulan produk organik, nilai gizinya dan juga kualitas produk.

3. Place (Tempat)

Di dalam elemen tempat sangat berhubungan dengan saluran distribusi serta cara produk atau jasa disesuaikan dan juga dijangkau oleh pelanggan. Beberapa faktor yang harus dipertimbangkan adalah distribusi fisik, saluran distribusi, distribusi online dan manajemen rantai pasok. Contoh penerapannya yaitu sebagai berikut:

  • Menjual produk melalui situs web, saluran distribusi inline, dan platform e-commerce.
  • Menyediakan produk di daerah perkotaan yang memiliki tingkat kesadaran maupun permintaan yang tinggi akan makanan organik.
  • Menjalin kerjasama dengan pasar swalayan toko kelontong organik dan restoran sehat. Kerjasama ini untuk menyediakan produk secara fisik.

4. Promotion (Promosi)

Elemen promosi melibatkan kegiatan promosi yang digunakan untuk memperkenalkan, memasarkan maupun mempromosikan produk ataupun jasa pada pelanggan. Beberapa faktor yang harus dipertimbangan adalah iklan, hubungan masyarakat, penjualan pribadi, promosi penjualan dan juga penjualan langsung. Contoh penerapannya yaitu:

  • Menggunakan strategi pemasaran digital dengan konten berkualitas tinggi, kolaborasi dengan influencer dan juga kampanye iklan online.
  • Melakukan kegiatan promosi penjualan, seperti kupon, diskon khusus dan bundling produk untuk mendorong pembelian.
  • Mengedepankan nilai-nilai kebersihan, kebersihan serta kesadaran lingkungan melalui pesan dalam promosi yang dilakukan.

Itulah informasi tentang strategi bauran pemasaran dan contoh penerapannya. Diharapkan informasi diatas bisa membantu kamu memahami strategi ini dan bisa menerapkannya dalam bisnis yang dijalankan.

Agar strategi bauran pemasaran berjalan maksimal, direkomendasikan menggunakan fitur Manajemen Transaksi dan Manajemen Produk dari Koala+ yang sudah terintegrasi WhatsApp API. Melalui fitur manajemen transaksi, kamu bisa memantau semua transaksi yang masuk secara real time, melihat riwayat transaksi yang disimpan dan juga mengirimkan invoice pelanggan.

Sedangkan menggunakan fitur manajemen produk berarti kamu bisa menambah daftar produk yang dijual dan juga mengatur ketersediaannya. Jadi saat stok produk sedang kosong bisa langsung mengaktifkan mode stok habis sehingga pelanggan bisa mendapatkan informasi dari website.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan varian di setiap produk untuk memudahkan dalam pencatatan dan ketersediaan varian produk. Jadi, gunakan Koala+ sekarang juga!