Ide Jualan Bulan Puasa yang Laris dan Menguntungkan

30 Maret 2023

Saat ini sudah banyak ide jualan bulan puasa yang bisa kamu coba. Seperti diketahui, bulan puasa adalah momen penting bagi umat islam, dimana masyarakat Indonesia mayoritas beragama islam. Tentu ini menjadi peluang untuk kamu yang ingin mencari penghasilan di bulan puasa mulai dari jualan takjil, jualan kue, jualan baju muslim dan lain sebagainya.

Jualan di bulan puasa umumnya tidak membutuhkan modal yang besar karena termasuk usaha musiman. Meski begitu, keuntungan yang didapat dari berbagai ide usaha di bulan puasa cukup signifikan. Lalu, apa saja ide jualan yang laris manis di bulan puasa? Berikut ini beberapa ide jualan bulan puasa yang laris dan menguntungkan wajib dicoba.

7 Ide Jualan Bulan Puasa

1. Jasa Jahit

Ide jualan yang pertama adalah jasa jahit. Ketika mendekati bulan puasa biasanya sudah banyak orang yang mencari penjahit baju lebaran. Hal ini adalah bentuk antusias masyarakat untuk menyambut hari lebaran setelah satu bulan penuh berpuasa. Di momen istimewa tersebut mereka ingin terlihat serasi dan kompak dengan memakai baju lebaran baru untuk satu keluarga.

Bicara soal penghasilan dari menjahit ini tidak bisa dibilang sedikit karena biasanya ongkos menjahit ini dihitung per baju. Jadi langsung saja buka jasa jahit lebaran untuk yang memiliki keahlian atau hobi menjahit.

2. Kue Lebaran

Kue lebaran juga menjadi ide jualan bulan puasa yang bisa kamu coba. Kue lebaran ini biasa juga disebut dengan kue kering. Jenis kue kering untuk lebaran ini sangat beragam mulai dari lidah kucing, nastar, kastengel, dan lain sebagainya. Untuk yang ingin memiliki penghasilan tambahan selama bulan puasa, menjual kuker atau kue kering ini sangat disarankan. 

Manfaatkan media sosial untuk promosi dengan cara memposting kue kering buatan sendiri. Dijamin usaha ini akan laris manis karena banyak orang yang membutuhkan kue kering sebagai hidangan untuk tamu di saat lebaran nanti.

Baca Juga : Resep dan Cara Membuat Kue Bawang Renyah

3. Parsel atau Hampers

Dari berjualan kue kering, bisa kamu kembangkan menjadi usaha jasa parsel atau hampers. Kue kering yang sudah dibuat dapat dibungkus dengan cantik dan dijadikan parsel lalu dijual. Kamu akan mendapatkan banyak pelanggan karena memang sudah menjadi budaya di Indonesia untuk saling berkirim hampers atau parsel di momen spesial seperti lebaran.

Selama bulan puasa, permintaan kue kering, hampers, dan parcel sangat tinggi. Tak heran, jika banyak pebisnis yang membuka usaha parcel atau hamper di bulan puasa. Keuntungannya cukup besar karena peminatnya pun cukup tinggi.

4. Ketupat

Bulan puasa memang melekat dengan momen lebaran juga. Ketika bulan puasa sudah berjalan, banyak orang yang membuka jasa pembuatan ketupat. Ketupat ini seperti sebuah simbol untuk merayakan Idul Fitri. Ide jualan makanan ini cocok disantap bersama dengan opor dan rendang. 

Tidak semua orang memiliki waktu untuk membuat ketupat ini untuk menyambut lebaran. Oleh karena itu, peluang usaha dari menjual ketupat ini cukup bagus. Masyarakat lebih banyak yang memilih membeli ketupat yang sudah siap makan daripada harus membuatnya sendiri.

5. Fashion Muslim

Fashion muslim atau baju-baju muslim juga banyak dicari ketika mendekati dan masuk bulan puasa. Biasanya baju muslim tersebut dibutuhkan untuk pergi tarawih serta untuk menyambut hari lebaran setelah puasa. Setiap keluarga biasanya mencari baju muslim baru, artinya setiap orang membutuhkan satu sampai dua pasang baju lebih. Jadi cobalah untuk menjual baju muslim mulai dari ukuran bayi sampai yang dewasa.

Baca Juga : Rekomendasi Situs Gratis Membuat Logo Online Shop Fashion

6. Perlengkapan Ibadah

Ide jualan bulan puasa selanjutnya adalah perlengkapan ibadah. Banyak orang yang mencari mukena dan sarung baru untuk menyambut bulan puasa. Selama puasa, banyak orang yang akan melaksanakan sholat tarawih selama satu bulan penuh. Ini membutuhkan perlengkapan ibadah seperti sajadah, sarung, peci, dan mukena.

Apalagi sekarang ini banyak juga yang mencari perlengkapan ibadah untuk dijadikan hampers kepada orang terdekat. Misalnya saja hampers mukena dan al-quran, ada juga hampers perlengkapan ibadah couple yang isinya sarung, mukena, dan sajadah couple, dan masih banyak lagi. Sebelum puasa perlengkapan ibadah ini akan banyak dicari hingga nanti mendekati momen lebaran.

7. Takjil

Selama bulan puasa, takjil menjadi hal yang paling dicari dan diminati. Makanan untuk buka puasa ini banyak dijual ketika mendekati waktu buka puasa. Berjualan takjil sendiri menjadi salah satu cara untuk memeriahkan dan menyambut bulan penuh berkah. Orang yang tidak sempat masak untuk sahur dan buka puasa biasanya akan pergi ke tempat orang berjualan takjil ini.

Peluang usaha berjualan takjil ini sangat besar. Bagi yang hobi memasak dan membuat kue basah atau jajanan pasar maka bisa mulai berjualan takjil. Keuntungannya nanti bisa digunakan untuk membeli baju baru lebaran.

Takjil ini sendiri biasanya berupa makanan dan minuman manis seperti jus buah, salad buah, kolak, es buah, dan lain sebagainya. Bahkan banyak juga yang menjual lauk dan sayur matang yang bisa disantap ketika buka puasa dan juga sahur.

Itulah ide jualan bulan puasa yang laris dan menguntungkan. Setelah memilih dan memulai ide jualan diatas, kamu bisa mengelola produk, transaksi dan membuat website jualan menggunakan fitur Manajemen Produk & Transaksi dari dashboard Koala+. Dashboard ini memudahkan transaksi serta mengelola bisnis yang sedang dijalankan.

Koala+ memiliki banyak fitur canggih yang bisa memudahkan pelaku bisnis untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada setiap pelanggan. Semakin baik pelayanan maka akan semakin bagus citra usaha yang sedang dijalankan. Jika pelanggan merasa nyaman maka bisnis akan lebih cepat berkembang dan meraup banyak keuntungan.