Bagaimana Caranya Membuat Chatbot Tanpa Coding? Simak Disini

2 April 2023

Bagaimana caranya membuat chatbot? Kamu bisa mempelajarinya disini. Sebelum mengetahui cara membuatnya, sebaiknya ketahui dulu apa itu chatbot. Chatbot adalah program komputer berbasis Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang dapat membalas pesan pelanggan lebih cepat dan otomatis. Agar lebih jelas, kamu bisa simak pengertian chatbot dibawah ini.

Pengertian Chatbot

Chatbot adalah robot percakapan yang didesain untuk menjawab atau membalas pesan dengan otomatis berdasarkan kata kunci yang sudah diatur sebelumnya. Teknologi chatbot ini sering digunakan untuk bisnis B2C (business to consumer) dan B2B (business to business), dimana interaksi konstan dengan pelanggan diperlukan.

Kamu mungkin pernah melihat chatbot di berbagai situs web dan juga platform. Biasanya, saat mencari produk atau layanan, sebuah pop up akan terbuka menawarkan bantuan. Kamu bisa menulis pertayaan kamu di sana dan akan langsung mendapatkan jawaban. Itu, merupakan chatbot.

Cara Membuat Chatbot Tanpa Coding

1. Tentukan Tujuan Chatbot Serta Pilih Tempat Untuk Meletakkannya

Tentukan apakah chatbot kamu ingin menjawab pertanyaan, menghasilkan prospek, atau juga mengarahkan kueri ke manajer. Coba untuk lakukan lebih spesifik. Kemudian identifikasi dimana chatbot akan ditempatkan. Identifikasi saluran komunikasi utama kamu serta tentukan dimana kamu paling sering berinteraksi dengan pengguna.

Baca Juga : Cara Chat WA tanpa Save Nomor dan Kegunaannya dalam Bisnis

2. Pilih Platform untuk Membuat Chatbot

Untuk membuat chatbot tanpa coding, kamu bisa menggunakan Koala+ yang memiliki fitur chatbot. Fitur ini membantu kamu membalas pesan pelanggan lebih cepat melalui fitur chat otomatis di WhatsApp Business API.

Fitur chatbot Koala+ siap dipakai kapanpun dan dimanapun tanpa perlu memikirkan coding. Kamu akan dengan mudah untuk menggunakannya serta membuat chatbot dalam waktu yang singkat.

Kenapa harus chatbot Koala+? Karena chatbot Koala+ memiliki fitur yang lengkap dan kompleks. Jika kamu membuat chatbot dari awal dengan coding tentu membutuhkan waktu yang lama dan biaya yang tidak sedikit. Dengan chatbot Koala+, kamu bisa lebih hemat biaya operasional.

3. Cara Membuat Chatbot di Koala+

Untuk membuat chatbot Whatsapp di platform Koala+, pelaku bisnis harus buat akun Koala+ dan berlangganan dulu untuk mendapatkan fitur Chatbot. Harga terjangkau mulai dari 333rb/bulan dan buka akun tanpa biaya. Jika sudah memiliki akun Koala+ dan berlangganan, ikuti cara membuat Chatbot WhatsApp dibawah ini.

  • Login di akun Koala+..
  • Pilih menu WhatsApp di Dashboard Koala+.
  • Klik Chatbot.
  • Aktifkan Chatbot. Biaya auto reply chatbot adalah 276.48 chat credits/conversation dalam 24 jam.
  • Selesai, chatbot Whatsapp di Koala+ sudah aktif dan bisa digunakan.
  • Pesan yang masuk bisa dilihat di fitur inbox menu Customer Service.
  • Jika ada yang ditanyakan, bisa hubungi tim Koala+.

4. Rancang Percakapan Chatbot Dan Juga Pikirkan Tentang Pesan Sambutannya

Tentukan pesan pertama di chatbot. Gunakan sebagai pemicu untuk memulai komunikasi misalnya, mulai dengan salam, terima kasih dan juga tawarkan bantuan pada pengguna.

Sangat penting untuk membuat alur percakapan di chatbot ini. Ini penting karena akan membantu kamu untuk membuat chatbot dengan cara yang lebih terorganisir.

5. Latih Bot

Langkah ini diperlukan untuk chatbot AI. Siapkan chatbot untuk memahami maksud pengguna dengan lebih baik. Caranya, kamu bisa menggunakan kumpulan data dari email yang diterima atau kueri dukungan serta mengajari bot untuk memahami berbagai cara pelanggan bisa mengirimkan permintaan mereka.

6. Uji Chatbot

Kamu harus melakukan uji coba chatbot. Cobalah skenario percakapan yang berbeda untuk melihat bagaimana bot bisa berperilaku serta meningkat saat diperlukan.

Baca Juga : Arti Istilah Fast Respon Chat untuk Bisnis dan Manfaat

Manfaat Menggunakan Chatbot Tanpa Coding

Ada beberapa manfaat yang dapat kamu rasakan saat melakukan menggunakan chatbot tanpa coding, diantaranya:

1. Bisa Langsung Digunakan

Kamu bisa menggunakan chatbot secara langsung tanpa perlu memikirkan coding karena sudah ada tim developer yang menghandle. Cukup klik, drag dan drop saja, kamu bisa membuat chatbot dengan mudah. Tentunya dengan platform terpercaya seperti Koala+ karena memiliki fitur chatbot yang mudah digunakan.

2. Solusi Kustom

Dengan menggunakan Koala+, kamu bisa membuat bot sesuai keinginan. Selain itu, chatbot Koala+ lebih responsif dan konsumen akan mendapatkan pelayanan setiap saat tanpa ada batasan waktu. Dengan memasukkan kata kunci ke sistem, pelanggan bisa mendapatkan jawaban yang sesuai dengan kata kunci.

3. Integritas Layanan Pihak Ketiga

Chatbot tanpa coding memungkinkan kamu untuk terhubung dengan aplikasi serta layanan lainnya. Misalnya Google Spreadsheet atau database untuk memberikan kinerja bot yang lebih baik serta fungsionalitas yang lebih beragam.

4. Efektifitas Biaya

Dengan menggunakan chatbot tanpa coding, kamu tidak perlu membayar pengembang dan developer. Selain itu, kamu tidak membuang waktu untuk membuatnya chatbot dari awal. Untuk itu gunakan chatbot tanpa coding dari sekarang seperti chatbot Koala+. Kamu bisa lebih hemat biaya operasional sebesar 52% karena bisa promosi produk lebih direct & massal.

5. Layanan 24/7

Beberapa platform chatbot tanpa coding seperti chatbot Koala+ memberikan layanan 24/7, artinya chatbot bekerja sepanjang waktu tanpa libur. Tentunya ini membantu kamu dalam melayani pelanggan seperti membalas chat dari pelanggan saat malam hari atau saat kamu sedang sibuk melakukan hal lainnya.

6. Bisnis Lebih Produktif dan Efektif

Chat otomatis atau chatbot tanpa coding akan merespon chat pelanggan 3x lebih cepat dan meringankan tugas penjual. Dengan fitur chatbot ini, bisa membuat penjual 6x lebih produktif dan berpotensi membuat penjualan naik secara signifikan.

Itulah penjelasan mengenai bagaimana caranya membuat chatbot tanpa coding yang bisa kamu terapkan. Kamu bisa menggunakan Koala+ untuk membuat chatbot dengan mudah dan cepat. Dengan menggunakan chatbot Koala+, pelaku bisnis bisa memberikan pelayanan pada pelanggan dengan cepat dan juga menghemat banyak waktu. Daftar Koala+ sekarang juga!