Cara Scan Menu Restoran di HP yang Mudah dan Cepat

3 Maret 2023

Di era digital seperti sekarang ini, kamu bisa melakukan cara scan menu restoran di hp dengan mudah dan cepat. Mungkin kamu sudah sering melihat antrian yang panjang di sebuah restoran saat jam-jam sibuk hanya karena melihat menu saja. Dengan hadirnya teknologi QR Code, kamu tidak perlu antri panjang. Cukup lakukan cara scan QR restoran yang telah disediakan daripada menunggu untuk menu di berikan.

Scan menu restoran di HP menggunakan QR Code dinilai lebih memudahkan untuk pelanggan dan pelaku bisnis restoran itu sendiri. Sistem ini juga menjadi solusi untuk bisnis kuliner yang ramai dikunjungi oleh pelanggan. Cara kerjanya cukup sederhana, pelanggan hanya melihat menu dengan scan barcode menu di HP tanpa menunggu menu datang.

Jika masih bingung cara untuk Scan QR menu di restoran, kamu bisa membaca ulasan di bawah ini untuk mengetahuinya.

Baca Juga : Rekomendasi Ide Usaha Kuliner Kekinian yang Wajib Dicoba

Cara Scan QR Restoran Untuk Melihat Menu Melalui HP

1. Menggunakan Kamera atau Aplikasi Bawaan

Cara yang pertama adalah menggunakan kamera atau aplikasi bawaan. Dengan kata lain, kamu bisa melakukan cara scan barcode menu restoran di HP tanpa pihak ketiga atau aplikasi tambahan. Cara ini bisa dilakukan menggunakan HP iPhone dan Android.

a. iPhone

Jika memiliki HP iPhone, kamu bisa mengandalkan kamera bawaannya yang terkenal canggih dengan fitur QR code bawaan. Untuk melakukannya, ikuti langkah – langkah di bawah ini:

  • Buka aplikasi bawaan iPhone.
  • Kemudian, arahkan kamera ke QR Code menu restoran yang ingin kamu lihat.
  • Lalu, klik link yang muncul setelah kamera kamu arahkan ke QR Code.
  • Kemudian, link tersebut akan membawa kamu ke menu digital restoran. Lalu dapat langsung memesan di menu tersebut atau juga dengan memanggil pramusaji terdekat. Tergantung dari sistem di restoran tersebut.
  • Maka, pesanan kamu sudah tersampaikan.

 

b. Android

Sedangkan untuk untuk pengguna HP Android, kamu bisa menggunakan fitur Google Assistant yang memungkinkan kamu untuk melakukan scan barcode dengan melalui Google Lens. Berbeda dengan iPhone yang memiliki fitur kamera bawaan yang canggih, di HP Android mungkin tidak atau kurang mendukung untuk melakukan scan barcode atau QR Code menu makanan secara langsung. Berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk scan menu restoran di HP Android.

  • Pastikan jika Goggle Lens sudah terinstal di HP.
  • Lalu, buka kamera HP Android.
  • Cari simbol Goggle Lens yang berbentuk kotak putus-putus yang berada di bagian kanan atas kamera.
  • Klik ikon Google Lens.
  • Arahkan kamera ke QR Code menu restoran yang ingin kamu lihat.
  • Klik link yang muncul setelah kamera kamu arahkan ke QR Code.
  • Kemudian, link tersebut akan membawa kamu ke menu digital restoran yang dikunjungi, kemudian kamu dapat langsung memesan di menu tersebut atau dengan memanggil pramusaji terdekat, hal ini tergantung dari sistem restoran yang dikunjungi.
  • Maka, pesanan kamu telah tersampaikan.

 

2. Menggunakan Web Browser

Selain menggunakan cara di atas, kamu juga bisa menggunakan Web Browser. Jika tidak memiliki aplikasi bawaan yang dapat mendukung HP melakukan scan QR Code menu restoran, alternatif lain yang bisa dicoba adalah web browser. Simak caranya di bawah ini.

  1. Buka web browser yang terdapat di HP, misalnya Google Chrome, dan lain lain.
  2. Kemudian, masukkan kata kunci ‘QR Code scanner atau QR Code reader’ lalu akan muncul banyak website scanner gratis yang dapat kamu coba.
  3. Pilihlah salah satu dengan cara klik website yang diinginkan.
  4. Izinkan website untuk mengakses kamera HP..
  5. Arahkan kamera ke QR Code menu restoran yang ingin dilihat.
  6. Klik link yang muncul setelah kamera kamu arahkan ke QR Code.
  7. Link tersebut akan membawa kamu ke menu digital restoran yang dikunjungi, kemudian kamu dapat langsung memesan di menu tersebut. Atau juga bisa dengan memanggil pramusaji terdekat, tergantung sistem restoran yang kamu kunjungi.
  8. Jika semua langkah-langkah telah dilakukan pesanan kamu telah tersampaikan.

 

Baca Juga : Kata-Kata Promosi Jualan Makanan Cemilan yang Menarik

3. Menggunakan Aplikasi Baru

Jika cara diatas tidak bisa dilakukan atau tidak berhasil, kamu bisa menggunakan alternatif lainnya dengan mendownload aplikasi Scanner baru di HP. Caranya mudah, ikuti langkah – langkah di bawah ini.

  1. Bukalah AppStore atau PlayStore di Hp Kamu.
  2. Kemudian, memasukkan keyword ‘QR Scanner’ atau ‘QR reader, maka akan muncul berbagai pilihan aplikasi scan menu gratis atau berbayar.
  3. Pilih aplikasi scan menu makanan yang kamu inginkan dan download aplikasi tersebut.
  4. Lalu, buka aplikasi dan izinkan aplikasi untuk mengakses kamera HP.
  5. Arahkan, kamera Hp Kam uke Qr Code menu restoran yang ingin dilihat.
  6. Klik link yang sudah muncul setelah kamera kamu arahkan ke QR Code.
  7. Nah, link tersebut akan membawa kamu ke menu digital restoran yang dikunjungi. Kamu dapat langsung memesan di menu tersebut atau dengan memanggil pramusaji terdekat, hal ini tergantung sistem restoran yang dikunjungi.
  8. Jika sudah, maka pesanan kamu telah tersampaikan.

 

Itulah beberapa cara scan menu restoran yang dapat kamu coba. Setelah mengetahui caranya, kamu bisa menerapkan teknologi QR code di bisnis kuliner yang sedang kamu jalankan. Dengan begitu, pelanggan bisa lebih mudah memesan menu dan semakin banyak pelanggan baru.

Selain QR code, kamu sebagai pemilik restoran bisa menggunakan aplikasi Koala Resto untuk mengembangkan bisnis kuliner. Aplikasi bisa membantu kamu dalam mengelola transaksi bisnis kuliner mulai dari balas chat, cek ongkir dan lainnya tanpa harus pindah aplikasi.

Kamu bisa bikin pesanan di Resto-mu jadi mudah dan cepat. Manfaatkan fitur Chatbot, Broadcast Message, Manajemen Produk & Transaksi dan Live Customer Service di Koala Resto.

Tertarik mencoba? Daftar Koala Resto sekarang juga!