Apa Itu Pesan Kosong di Whatsapp? Ini Cara Membuatnya

23 Februari 2023

Pesan kosong WA menjadi salah satu fitur WhatsApp yang banyak digunakan saat ini. Sebagai salah satu aplikasi chatting paling populer di dunia, WhatsApp selalu memperbarui fitur-fiturnya agar lebih canggih dan serba otomatis seperti pesan otomatis dan pesan kosong di WhatsApp. Fitur pesan kosong WhatsApp memungkinkan pengguna WhatsApp bisa mengirim pesan kosong kepada orang lain. Berikut penjelasannya.

Apa Itu Pesan Kosong WA?

Banyak pengguna WhatsApp yang belum tahu apa itu fitur pesan kosong. Jadi, pesan kosong WA adalah fitur untuk mengirimkan pesan kosong ke pengguna WhatsApp lainnya tanpa ada satu huruf atau stiker dalam pesan tersebut.

Pesan kosong WhatsApp bisa kamu gunakan untuk berbagai keperluan. Tentu saja, orang yang menerima pesan kosong tersebut akan merasa heran karena tidak ada text atau stiker yang kamu kirimkan. Apalagi, belum banyak orang yang menggunakan fitur seperti ini.

Mungkin kamu pernah mencoba mengirimkan pesan kosong kepada pengguna WA lain menggunakan ‘spasi’. Namun, ketika kamu melakukannya ternyata tombol kirim di WhatsApp tidak aktif, sehingga kamu tidak dapat mengirim pesan WhatsApp tersebut.

Lalu, bagaimana cara untuk membuat pesan kosong di WhatsApp? Ternyata, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk membuat text kosong di WhatsApp. Ada cara yang menggunakan kode dan ada juga yang membutuhkan aplikasi pihak ketiga.

Baca Juga : Cara Membuat 2 Akun WA dengan 1 Nomor Anti Blokir

Inilah 3 Cara Membuat Pesan Kosong WhatsApp Paling Mudah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk membuat pesan kosong di WhatsApp. Tentu saja, semua cara tersebut sangat mudah untuk dilakukan. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, simak tutorial membuat pesan kosong WhatsApp berikut ini!

1. Cara Kirim Pesan Kosong WhatsApp Tanpa Aplikasi

Jika ingin mengirim pesan kosong di WhatsApp dengan mudah dan praktis, silahkan gunakan cara yang pertama ini. Caranya sangat sederhana, yaitu hanya perlu menyalin kode tulisan kosong, lalu menempelkannya ke kolom percakapan di WhatsApp. Untuk lebih jelasnya ikuti langkah berikut ini.

  • Salin kode pesan kosong berikut => ( ‏‏‎ ‏‏‎ ‏‏‎ ‏‏‎ ).
  • Pastikan untuk menyalin pesan kosong yang ada di dalam tanda kurung saja. Untuk tanda kurungnya sendiri bisa diabaikan tanpa perlu ikut disalin.
  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Pilih kontak WA yang ingin dikirimi pesan kosong tersebut.
  • Pada kolom percakapan, tekan dan tahan sampai muncul opsi tambahan.
  • Pilih opsi “Salin” atau “Tempel”.
  • Klik tombol kirim pada kolom percakapan tersebut.

 

Jadi, cukup dengan copy paste saja, pesan kosong bisa terkirim. Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, maka otomatis pesan yang dikirim akan kosong tanpa adanya teks atau huruf satupun. Cara ini bisa kamu gunakan untuk WhatsApp di android, iPhone, ataupun WhatsApp Web.

2. Cara Kirim Pesan Kosong WA di WhatsApp Web

Fitur kirim pesan kosong WA bukan hanya bisa digunakan pada smartphone saja. Kamu juga bisa mengirimkan pesan kosong tersebut melalui WhatsApp Web. Caranya adalah dengan menggunakan kode rahasia. Seperti apa kode rahasia tersebut? Yuk, ikuti tutorial berikut ini!

  • Buka situs WhatsApp Web, yaitu www.whatsapp.com lewat laptop atau komputer.
  • Login ke WhatsApp Web seperti biasa dengan menscan kode QR menggunakan HP.
  • Tunggu beberapa saat sampai proses login selesai dilakukan.
  • Pilih kontak WhatsApp yang ingin kamu kirim pesan kosong.
  • Klik kolom percakapan, kemudian tekan tombol “ALT + 0173” pada keyboard PC.
  • Klik ikon “Kirim” pada kolom chat tersebut.
  • Selesai, pesan kosong berhasil terkirim.

 

Setelah klik tombol “Kirim”, pesan kosong WhatsApp langsung terkirim ke kontak WA yang kamu pilih. Bagaimana, caranya sangat mudah bukan? Cukup dengan menekan kode rahasia tersebut, kamu bisa langsung mengirim pesan kosong ke kontak WA yang diinginkan.

Baca Juga : Cara Chat WA tanpa Save Nomor dan Kegunaannya dalam Bisnis

3. Cara Kirim Pesan Kosong WhatsApp dengan Aplikasi

Sudah mencoba dua acara di atas tapi belum berhasil mengirim pesan kosong? Tenang saja, karena masih ada satu alternatif lagi yang bisa dilakukan untuk mengirimkan pesan kosong di WhatsApp. Solusinya adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Sebenarnya, ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk mengirim pesan kosong WhatsApp. Salah satu aplikasi terbaik yang bisa kamu coba adalah Empty Chat. Aplikasi ini direkomendasikan karena cukup ringan, sehingga tidak perlu memakan banyak ruang di memori smartphone.

  • Download dan instal aplikasi Empty Chat terlebih dahulu.
  • Jika sudah terpasang, buka aplikasi Empty Chat tersebut.
  • Pada halaman utama, beri centang pada opsi “Empty Text’.
  • Tekan tombol ‘Send’.
  • Kamu akan diarahkan menuju ke halaman utama aplikasi WhatsApp.
  • Silahkan pilih salah satu kontak yang ingin dituju.
  • Terakhir, tekan tombol ‘Kirim’ untuk mengirimkan pesan kosong ke kontak tersebut.

 

Jika sudah menekan tombol ‘Kirim’, pesan kosong akan langsung terkirim ke kontak tujuan. Cara mengirim pesan kosong dengan aplikasi pihak ketiga ini dijamin berhasil. Jadi, jangan ragu untuk menggunakan cara yang satu ini agar bisa mengirim pesan kosong ke kontak yang kamu inginkan.

Itulah cara mengirim pesan kosong WA yang bisa kamu coba. WhatsApp memang selalu menyediakan banyak fitur yang unik dan menarik bagi penggunanya. Bukan itu saja, berbagai fitur di WhatsApp juga sangat bermanfaat. Salah satunya adalah WhatsApp Business API yang bisa digunakan oleh pelaku usaha untuk berkomunikasi dengan customernya.

Agar komunikasi dengan customer semakin praktis, WhatsApp Business API sebaiknya juga diintegrasikan dengan aplikasi bisnis terbaik seperti Koala+. Aplikasi bisnis ini menyediakan fitur yang sangat lengkap, seperti broadcast, chatbot, serta live customer service. 

Dengan memanfaatkan semua fitur aplikasi Koala+, bisnis  akan lebih terorganisir. Penjualan juga bisa semakin meningkat karena customer merasa puas dengan pelayanan cepat yang bisnis kamu berikan. Yuk, download Koala+ sekarang agar bisnis semakin berkembang!