Cara Membuat Iklan Makanan yang Menarik dan Contohnya

4 Februari 2023

Ingin terjun di bisnis kuliner? Jika iya, kamu harus tahu cara membuat iklan makanan yang menarik. Ini penting diperhatikan mengingat tanpa adanya iklan, makanan yang kamu jual tidak akan dikenal banyak orang. Jika sudah begini makanan tersebut tidak akan laku di pasaran.

Iklan makanan yang menarik harus menonjol, baik itu dalam segi desain penampilan gambar ataupun kata-kata yang digunakan. Usahakan untuk membuat iklan dengan bahasa atau kata yang singkat, jujur, objektif, menarik perhatian dan tidak menyinggung. Bagi yang belum tahu cara untuk membuat iklan makanan yang menarik, simak ulasannya berikut ini.

Ketahui Cara Membuat Iklan Makanan yang Menarik

Dalam membuat iklan yang menarik, ada beberapa langkah yang harus dilalui. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan:

1. Merencanakan Strategi

Langkah pertama yaitu merencanakan strategi. Dalam merencanakan strategi ini, kamu harus memikirkan siapa target pemasaran dari iklan yang akan dibuat. Mulai dari gender, umur, hobi, pendidikan, kelas ekonomi dan sebagainya.

Selain harus memikirkan target audiens, kamu juga harus memikirkan citra produk makanan dalam jangka panjang, persaingan iklan dari produk milik kompetitor dan sebagainya. Jika hal-hal ini sudah dipikirkan dengan baik maka bisa lanjut ke langkah berikutnya.

2. Membuat dan Mengembangkan Iklan

Selanjutnya kamu perlu untuk menentukan bentuk iklan yang akan dibuat. Apakah iklan tersebut ditujukan untuk publikasi cetak, iklan audio, iklan siaran, iklan untuk email dan pesan elektronik lainnya, seperti chat.

Jika sudah makan harus menentukan kalimat pokok atau yang dikenal dengan tagline atau slogan iklan. Setelah itu, buat gambaran mengenai produk makanan-mu yang berupa teks, desain dan tata letak iklan.

3. Meluncurkan Iklan

Kapan peluncuran iklan yang tepat? Bisa disesuaikan dengan iklan yang sudah dibuat. Jika iklan yang dibuat berbentuk gambar, maka bisa mempromosikannya melalui banner, reklame, media sosial dan sebagainya.

Pada dasarnya membuat iklan makanan itu tidak jauh berbeda dengan membuat iklan untuk produk lainnya. Tetapi ada satu hal yang membedakan iklan makanan dengan lainnya adalah iklan makanan harus bisa memberikan kesan yang lezat dan lezat, baik itu dari segi kata-kata maupun penampilannya. Intinya iklan tersebut harus bisa menggugah selera audiens-nya.

Supaya iklan makanan yang dibuat bisa menggugah selera audiens, inilah beberapa tips yang harus diperhatikan:

  • Iklan produk makanan harus tetap informatif dalam menyampaikan rasa dan promosi yang ada. iklan ini bersifat memberi informasi dan mampu menerangkan tentang produk makanan yang ditawarkan.
  • Iklan produk makanan yang dibuat harus jelas menampilkan seperti apa bentuk makanan yang dipromosikan.
  • Iklan produk makanan harus menarik dari segi foto sajian makanannya. Dalam hal ini jangan mengambil foto makanan milik orang lain. Gunakan foto makanan milik sendiri.
  • Iklan makanan harus memiliki isi yang jelas. Isi klan makanan disarankan menggunakan bahasa yang singkat, jujur, objektif, menarik perhatian dan tidak menyinggung pihak lainnya.
  • Iklan makanan harus menggunakan bahasa dan kata-kata yang mudah dimengerti.
  • Iklan makanan harus bersifat mengajak dan membujuk agar bisa menarik simpatik atau perhatian calon konsumen yang membacanya.

 

Baca Juga : Tips Membuat Iklan Produk Bisnis yang Kamu Jalankan

Unsur-Unsur Pembuatan Iklan Makanan

Inti dari pembuatan iklan yang menarik yaitu terletak pada isinya. Isi yang dimaksud disini adalah gambar dan kata-kata yang disampaikan. Supaya iklan makanan yang dibuat bisa menarik perhatian banyak audiens, pastikan kamu sudah paham unsur-unsur pembuatan iklan yang benar. Inilah unsur-unsur pembuatan iklan:

1. Kalimat Deskriptif

Kalimat deskriptif adalah kalimat yang berfungsi untuk menjelaskan produk ataupun layanan yang akan diiklankan. Kalimat deskripsi produk makanan ini harus disusun dengan baik dan efisien agar tidak menimbulkan kesan bertele-tele.

2. Kalimat Persuasif

Kalimat persuasif adalah salah satu bagian terpenting dari iklan. Dimana kalimat ini berfungsi untuk membujuk orang lain agar menggunakan suatu produk atau layanan yang sedang di iklankan.

3. Attention

Iklan yang baik adalah iklan yang bisa menarik perhatian audiens. Oleh karena itu, diperlukan ide kreatif agar audiens melirik iklan tersebut.

4. Interest (Minat)

Setelah bisa mendapatkan perhatian dari masyarakat, iklan tersebut harus bisa menimbulkan minat untuk mencari tahu lebih detail tentang produk atau jasa tersebut lebih lanjut.

5. Desire (Keinginan)

Iklan yang dibuat harus bisa menggerakkan hati konsumen. Ini berkaitan dengan segmen dan juga preferensi dari masyarakat yang menjadi sasaran iklan.

6. Conviction (Rasa Percaya)

Cara untuk mendapatkan rasa percaya konsumen adalah iklan harus dibuat dengan tujuan untuk mengedukasi dan bukan untuk menipu sehingga produk atau jasa yang di iklan merupakan sesuai yang nyata.

Baca Juga : Cara Membuat Iklan di Instagram dan Tips Terbaiknya

Contoh Iklan Makanan yang Menarik

Setelah mengetahui cara membuat iklan makanan yang menarik, inilah beberapa contohnya:

1. Iklan Snack Bar Fitbar

“Baru! Snack bar impian untuk makan asyik tanpa takut gemuk. Dengan multigrain dan oats asli Australia, cornflake premium dan rice crispy akan mmembuat setiap gigitannya semakin menggoyang lidah. Tinggal masukkan ke dalam kantong dan siap dibawa nongkrong asyik. Fitbar, snacking with no worry!”

2. Iklan Burger King

Mau traktir burger atau chicken murah dengan rasa enak? Burger King jagonya. Hanya 19.000 saja sudah bisa mendapatkan ayam goreng renyah komplit dengan nasi. Pastinya bikin kenyang dan irit di kantong. Bisa traktir teman, nih! Burger King taste is king”.

3. Iklan Donat Dunkin Donuts

“Ngemil donat memang yang paling asyik. Apalagi bisa ngemil sama teman-teman tersayang. Hangout dan santai bisa makin seru. Cuma donat dari Dunkin Donuts yang bisa bikin suasana makin happy. American runs on dunkin hanya Dunkin Donuts. Rasanya bikin nagih!.”

Nah itulah informasi tentang cara membuat iklan makanan yang menarik dan contohnya. Dalam bisnis, iklan sangat penting sehingga tidak boleh dilewatkan. Setelah iklan yang dibuat membuat banyak audiens tertarik, selanjutnya kamu perlu menggunakan aplikasi Koala Resto.

Dengan aplikasi Koala Resto, konsumen jadi lebih mudah untuk membuat pesanan di resto-mu. Menggunakan aplikasi ini akan meningkatkan penjualan karena mudah digunakan dan serba otomatis mengelola transaksi karena hanya dalam satu dashboard saja.