Tips Membuat Iklan Produk Bisnis yang Kamu Jalankan

8 November 2022

Saat menonton iklan, pasti kamu sering berpikir bagaimana cara membuat iklan produk seperti itu. Apalagi pada masa sekarang, iklan yang ada semakin nyeleneh. Namun semua iklan tersebut mempunyai makna dan filosofi dibaliknya. Oleh karena itu, mari kita bahas bagaimana membuat iklan produk.

Pada masa sekarang, kamu bisa melihat bagaimana semakin banyak orang berbelanja online. Hal tersebut tak lepas dari perkembangan digital yang semakin melesat. Hampir semua hal bisa dilakukan secara online. Apalagi semenjak pandemi menerpa, banyak kegiatan yang tidak bisa dilakukan secara offline. Pekerjaan adalah salah satu hal utama yang harus dilakukan secara online. 

Pekerjaan yang merupakan kegiatan utama saja harus dilakukan secara online. Namun ternyata hal tersebut berjalan lancar. Begitu pula dengan kehidupan sehari-hari seperti belanja. Mobilitas masyarakat dibatasi, jadi tempat-tempat publik juga mempunyai kuota pengunjung. Tidak banyak orang bisa berada di satu tempat.

Oleh karena itu, belanja online menjadi pilihan masyarakat. Apalagi sebagian besar masyarakat terutama di kota yang padat penduduk sudah mempunyai akses internet dan smartphone. Hal itu membuat belanja online bisa dilakukan. Apalagi cara untuk belanja online cenderung mudah dilakukan.

Kamu bisa berbelanja online melalui e-commerce, website maupun media sosial. Banyak pilihan yang bisa kamu gunakan. Banyak variasi barang yang tersedia secara online. Mulai dari makanan, pakaian, hingga barang-barang elektronik. Barang yang berukuran kecil maupun besar juga tersedia secara online. Jadi kamu bisa memesan barang yang kamu butuhkan tanpa perlu pergi ke toko tersebut. Kamu dapat menghemat biaya dan waktu untuk membeli barang yang kamu inginkan. 

Baca Juga: https://koalaapp.id/blog/430-tips-trik-119630-cara-promosi-yang-menarik-secara-online-agar-jualan-laris

Jika ada pembeli, tentu ada penjual. Hal yang sama membuat banyak orang yang mulai berjualan online. Mulai dari mereka yang mencari duit tambahan, mereka yang kehilangan pekerjaan atau malah mereka yang mengambil kesempatan. Kemajuan digital juga memudahkan para penjual untuk menjual barang. Tak hanya barang baru, kamu juga bisa menjual barang bekas yang telah kamu pakai.

Kamu tidak perlu membuka toko fisik jika berjualan online dan belum memiliki modal yang cukup. Kamu bisa membuka toko online karena memang membukanya tidak membutuhkan modal. Modalnya bisa kamu alihkan untuk produk yang akan kamu jual. Kamu bisa memilih untuk berjualan di salah satu platform atau bahkan platform apapun. Kamu cukup memantaunya dengan smartphone atau laptop yang kamu miliki.

Jadi jangan heran jika saat membeli barang online, akan ada banyak pilihan. Sudah banyak orang yang berjualan dengan memberi harga yang kompetitif pula. Tentu hal itu menjadi keuntungan tersendiri bagi pembeli. Pembeli jadi mempunyai banyak pilihan ketika membeli barang. Namun tidak begitu dengan penjual. 

Penjual harus bersaing mulai dari kualitas produk hingga harga. Mereka harus meyakinkan pelanggan kenapa harus membeli barang di toko mereka. Mereka harus menjadi kompetitif agar produk mereka dapat terjual. Itu dilakukan dengan berbagai hal, dengan memberikan diskon atau malah melakukan promosi.

Promosi adalah salah satu hal yang harus dilakukan dalam bisnis, tidak peduli apapun produk dan layanannya. Bisnis offline maupun online membutuhkan promosi agar produk ataupun merek dapat dikenal oleh masyarakat. Tanpa promosi, kemungkinan produk diketahui masyarakat luas sangat kecil. Penting bagi suatu merek untuk melakukan promosi agar awareness merek atau produk dapat terjaga.

Seperti berjualan, media promosi online juga mulai ramai digunakan. Jika sebelumnya kita lebih familiar dengan media promosi seperti tv, koran, ataupun radio, saat ini media promosi di media sosial ataupun berbentuk ads sudah tersedia banyak. Jadi jika kamu mempunyai bisnis kecil, kamu tidak perlu mengeluarkan modal besar untuk membuat iklan di tv. Kamu bisa membuat video dengan durasi pendek sebagai ads ataupun berbentuk poster dan banner di media sosial.

Saat membuat iklan produk, tujuan mereka kurang lebih sama. Mereka ingin meningkatkan awareness dan penjualan dari produk dan brand tersebut. Jadi ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam membuat sebuah iklan produk, yaitu sebagai berikut. 

Tips Membuat Iklan Produk

  • Padat dan Jelas

Saat membuat sebuah iklan produk, baik bergerak ataupun tidak, jangan sampai bertele-tele. Masyarakat modern cenderung akan melewatkannya. Oleh karena itu, sebaiknya dalam membuat iklan produk harus padat dan jelas pesan yang disampaikan. Baik itu tersirat atau tidak, dengan pesan yang jelas maka para penonton akan mendapatkan pesan yang disampaikan.

Apalagi iklan itu biasanya terbatas waktunya. Jadi jika informasi yang disampaikan terlalu banyak dan bertele-tele, maka penonton akan bingung dan cenderung bosan. Dengan membuat video menarik yang padat dan jelas, berbagai macam penonton dapat menangkap maksud dari iklan yang dibuat.

  • Informatif

Jika produk atau merek baru diluncurkan, maka sebaiknya iklannya bersifat informatif. Dengan iklan yang informatif, maka penonton dapat mengerti tentang produk tersebut. Jangan sampai jika tidak ada informasi yang cukup, penonton masih tidak mengetahui garis besar product knowledge yang disajikan.

Lebih baik juga jika kamu bisa memberikan alasan kenapa produk kamu harus dipilih oleh para penonton. Kamu juga bisa memberikan data yang mendukung kenapa produk kamu adalah produk dengan kualitas yang baik dan harus dibeli oleh para penonton.

  • Mengikuti Tren

Sejak dulu tren selalu ada. Saat ini juga sama. Yang berbeda hanyalah tren yang ada semakin banyak. Jadi kamu harus bisa memanfaatkan momentum tersebut. Biasanya penonton akan familiar dengan sebuah tren jadi saat iklan milikmu memanfaatkan momentum tersebut, kemungkinan besar penonton juga akan merasa familiar dan penasaran dengan iklan tersebut.

Namun tren juga berbeda macamnya. Jadi sebaiknya kamu pintar dalam memanfaatkan sebuah tren. Terkadang juga belum tentu tren tersebut cocok dengan produk. Kamu harus pintar memanfaatkan elemen dari tren agar cocok dengan produk yang ingin kamu iklankan tersebut.

Baca Juga: Cara Membuat Iklan di Instagram dan Tips Terbaiknya

  • Singkat

Seperti yang disebutkan sebelumnya, sebuah iklan tidak boleh bertele-tele. Selain itu, durasi yan ditampilkan juga harus singkat. Singkat sendiri bukan berarti pendek dan seadanya. Namun iklan yang ada tetap singkat dan berisi sehingga mudah dan cepat ditangkap oleh para penonton iklan tersebut.

Apalagi beberapa detik utama adalah detik krusial bagi iklan. Jika tidak menarik, maka penonton akan melewatkan iklan tersebut dan melakukan aktivitas lain. Semakin lama, penonton juga akan semakin bosan. Jadi konten tersebut tidak hanya harus padat dan jelas, namun juga sesingkat mungkin namun sudah sarat informasi.


Demikian adalah sedikit penjelasan singkat mengenai membuat iklan produk. Meskipun kamu sudah membuat iklan dan promosi yang tepat dan baik, kamu jangan sampai melupakan kualitas produk yang kamu jual. Biar bagaimanapun kualitas produk dan layanan adalah yang paling utama. Dengan Website jualan dari Koala, kamu dapat memberikan pelanggan pelayanan yang baik. Selain itu ada fitur lain seperti atur transaksi dan template chat. Tunggu apalagi, langsung aja pakai Koala!