Cara Membuat Iklan Produk yang Menarik dan Contohnya

5 Desember 2022

Para pemilik online shop wajib mengetahui cara membuat iklan produk yang menarik. Hal ini bukan tanpa alasan karena iklan merupakan salah satu cara melakukan promosi yang efektif.  Melalui iklan kamu pelanggan bisa lebih tau tentang produk yang kamu tawarkan. Lalu seperti apa cara membuat iklan untuk produk yang menarik itu?

Ketahui 9 Cara Membuat Iklan Produk yang Menarik

Inilah beberapa cara membuat iklan produk yang menarik dan bisa kamu ikuti:

1. Tentukan Tujuan Iklan

Cara pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan tujuan iklan tersebut.  Ketika menentukan tujuan akhir dari iklan, maka kamu bisa mengukur seberapa efektif iklan yang dibuat. Tujuan iklan tidak hanya untuk meningkatkan penjualan produk saja, melainkan juga ada banyak tujuan lainnya. Contohnya yaitu untuk meningkatkan conversion rate, engagement media sosial dan masih banyak lagi.

2. Pilih Platform Iklan yang Tepat

Ada banyak pilihan platform iklan yang bisa digunakan, seperti Facebook, Instagram, TikTok, dan masih banyak lagi. kamu harus memilih platform iklan yang tepat untuk digunakan. Setiap platform atau media sosial masing-masing memiliki kelebihan dan karakter masing-masing. Jadi, sebelum memilih harus mengetahui kelebihan masing-masing platform.

Pemilihan platform iklan yang tepat akan menentukan target konsumen yang akan didapatkan. Selain itu, juga berpengaruh pada tujuan iklan. Misalnya jika kamu menentukan target konsumen anak muda atau generasi milenial maka bisa menggunakan Instagram. Dimana pengguna Instagram raa-rata berusia 18-24 tahun.

Baca Juga: Tips Cara Membuat Contoh Promosi yang Menarik Pelanggan

3. Tentukan Jenis Konten yang Akan Dibuat

Setelah menentukan platform iklan, kamu juga perlu menentukan jenis konten apa yang akan dibuat. Dalam menentukan jenis konten yang akan dibuat juga harus mengacu pada platform yang sudah dipilih.

Hal ini dikarenakan setiap platform memiliki jenis konten masing-masing. Misalnya, untuk instagram kamu bisa membuat konten berupa ig reels, stories, konten carousel dan sebagainya.

4. Buat Judul atau Slogan yang Menarik

Salah satu cara agar iklan produk yang kamu buat dibaca oleh audiens adalah membuat judul atau slogan yang unik. Perlu diketahui jika sebagian besar audiens kurang tertarik untuk membaca iklan karena kalimat yang digunakan terlalu bertele-tele.

Supaya audiens mau membaca iklan yang kamu buat, kamu harus menggunakan bahasa yang lugas, unik serta persuasif. Dimana dalam hal ini, judul atau slogan merupakan poin yang harus ditonjolkan, baik itu dari segi kata maupun kalimat. Jika judul atau slogannya unik dan menarik maka audiens akan lanjut membacanya.

5. Perhatikan Detail Desainnya

Tidak kalah penting, desain juga harus diperhatikan dalam membuat iklan produk. Visualisasi pada iklan memegang peranan penting. Terlebih banyak audiens saat ini yang lebih tertarik dengan gambar dan video daripada tulisan. Oleh karena itu, pemilihan font, gaya penulisan hingga kombinasi warna harus diperhatikan secara detail.

Apabila kamu ingin membuat banyak iklan secara berkelanjutan, amak kamu harus konsisten dalam menggunakan jenis font, warna tertentu dan logo produk. Alasannya agar lebih mudah diingat oleh masyarakat.

6. Berikan Penawaran Menarik

Cara membuat iklan produk selanjutnya yaitu berikan penawaran menarik. Penawaran yang ada dalam iklan cukup efektif untuk menarik perhatian para audiens. Oleh karena itu, kamu harus mencantumkan penawaran menarik agar audiens mau melirik iklan yang dibuat.

Contoh penawaran menarik tersebut seperti pemberian potongan harga, diskon ongkir, promo cashback, special gift, buy 1 get 1 dan sebagainya. Akan tetapi, penawaran menarik tidak hanya dalam bentuk diskon dan sejenisnya, tetapi juga bisa dari keunggulan produk yang diiklankan.

7. Tampilkan Toko Penting atau Terkenal

Cara paling tepat untuk bisa menjangkau pasar yang lebih luas adalah dengan menggunakan jasa influencer atau orang terkenal dalam iklan yang dibuat. Saat ini sudah ada banyak influencer di berbagai media sosial yang menawarkan jasa untuk menawarkan produk yang kamu jual. Menggunakan jasa influencer berarti kamu harus memiliki dana untuk membayarnya.

Menggunakan influencer membuat iklan yang dibuat lebih menarik dan lebih cepat diperhatikan banyak orang. Pengaruh influencer bisa menarik banyak orang membeli produk yang kamu jual. Hal ini tentu akan meningkatkan penjualan produk dan mendapatkan keuntungan yang besar.

Baca Juga: Cara Melihat Insight Instagram untuk Promosi Bisnismu!

8. Cantumkan Testimoni Produk

Pemberian penawaran menarik dan ajakan untuk membeli produk terkadang tidak cukup untuk menarik banyak pembeli. Calon konsumen atau pembeli juga membutuhkan bukti nyata agar lebih yakin untuk menjual produk yang kamu jual. Bukti nyata tersebut seperti testimoni produk.

Membaca testimoni produk penting dilakukan sebelum membeli produk secara online. Hal ini dikarenakan belanja online berarti pembeli tidak bisa melihat produk secara langsung. Dalam hal ini testimoni produk merupakan solusi yang tepat untuk membangun kepercayaan konsumen pada produk yang kamu jual.

9. Gunakan Iklan Berbayar

Cara membuat iklan produk yang terakhir adalah kamu disarankan untuk menggunakan iklan berbayar. Menggunakan iklan berbayar atau add mengharuskan kamu untuk mengeluarkan banyak uang. Akan tetapi, uang yang dikeluarkan sebanding dengan apa yang didapatkan.

Meski berbayar, iklan yang kamu buat akan sampai ke audiens yang diinginkan. Hal ini tentu membuat jangkauan produk menjadi lebih spesifik dan berpotensi mendapatkan banyak pembeli.

Nah, itulah 9 cara membuat iklan produk yang menarik dan contohnya. Bagi kamu yang memiliki toko online dan ingin meningkatkan penjualan, bisa membuat iklan dengan menggunakan cara diatas. Dengan promosi yang tepat, kamu pun bisa meningkatkan penjualan dan usaha yang dimiliki bisa semakin berkembang.

Direkomendasikan juga untuk memanfaatkan Koala+ untuk membantu mengelola transaksi usaha dengan lebih praktis, rapi, dan mudah. Aplikasi ini merupakan partner bisnis resmi Facebook yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API, dengan keunggulan chat otomatis yang memudahkan proses transaksi online. Dengan begitu, kamu bisa melayani pelanggan dengan jauh lebih baik dengan satu sistem yang lengkap dan praktis dari Koala+.