Cara Broadcast di WA Tanpa Save Nomor dan Syarat-Syaratnya

3 Februari 2023

Sering promosi lewat WhatsApp? Jika iya, kamu wajib tahu cara broadcast di WA tanpa save nomor. Kenapa penting? Dengan broadcast tanpa save nomor, kamu tidak akan repot menyimpan nomor satu persatu di smartphone. Tentunya cara ini bisa menghemat waktu sehari-hari, kamu bisa promosi produk sepuasnya tanpa save nomor.

Namun, ada beberapa syarat yang harus kamu ketahui sebelum melakukan broadcast WhatsApp tanpa save nomor. Apa saja? Simak daftarnya dibawah ini.

  • Memiliki akun Whatsapp Business API.
  • Mempunyai perangkat komputer atau laptop.
  • Memiliki koneksi internet yang aman dan lancar.
  • Membuat daftar nomor telepon penerima broadcast di Excel atas CSV.

 

Cara Broadcast di WA Tanpa Save Nomor

 

1. Daftar ke Mitra Resmi Whatsapp API

Supaya kamu bisa melakukan broadcast di WA tanpa save nomor, kamu diharuskan untuk memiliki Whatsapp Business API. Untuk memilikinya, kamu bisa bermitra dengan partner resmi Whatsapp Business API.

Setelah bermitra dengan partner resmi Whatsapp Business API, kamu akan dibantu dalam mendaftarkan nomor bisnis yang akan dijadikan WA API. Selain itu, juga akan membantu kamu dalam mendapatkan semua fitur canggih yang dimiliki oleh Whatsapp ini.

Salah satu aplikasi yang sudah menjadi partner bisnis resmi Facebook yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API adalah Koala+. Aplikasi ini memiliki fitur Broadcast Message yang wajib kamu gunakan.

Dengan fitur broadcast message Koala+, kamu sebagai pemilik usaha bisa dengan mudah menyebarkan promosi toko online atau produk, serta informasi lainnya seperti event-event diskon ataupun promo lainnya lewat pesan broadcast WhatsApp Business API.

Baca Juga : Cara Membuat Akun Whatsapp Bisnis dan Kelebihannya

2. Mengajukan Verifikasi FB Business Manager

Pihak Whatsapp memberikan syarat dan ketentuan yang ditujukan kepada para pelaku bisnis yang menggunakan platformnya. Salah satu syaratnya yaitu setiap bisnis wajib memiliki surat resmi sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Selain itu, produk atau jasa yang ditawarkan bukanlah produk ilegal.

Proses verifikasi ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Bahkan tidak semua pengajuan verifikasi langsung disetujui oleh pihak Facebook. Adapun solusi dari masalah ini adalah dengan meminta bantuan dari layanan Business Solution Provider. Layanan ini akan membantu bisnis agar bisa mendapatkan verifikasi dari Facebook.

Saat meminta bantuan, kamu diharuskan untuk mempersiapkan:

  • Website URL
  • Nama domain
  • Nama perusahaan 
  • NPWP/SIUP/NIB

 

Setelah Whatsapp terverifikasi, maka akan terlihat centang biru ketiak WA sudah aktif. Nama bisnis (display name) otomatis akan terlihat pada layar pelanggan meski pelanggan tidak menyimpan kontak kamu.

3. Lengkapi Profil Bisnis

Selanjutnya kamu perlu untuk melengkapi profil bisnis yang dimiliki. Perbarui profil akun bisnis dengan cara mengisi informasi detail seperti alamat, jam operasional, katalog dan lain sebagainya.

Data-data profil bisnis yang diisi akan membantu pelanggan untuk mengenal bisnis yang kamu jalani sebelum mengajukan sebuah pertanyaan. Tahap ini juga bisa dimanfaatkan sebagai branding.

4. Masuk ke Chat Panel

Setelah mengisi profil bisnis, selanjutnya kamu tinggal login ke dalam chat panel dari Mitra Resmi Whatsapp API. Kamu bisa login dengan menggunakan password dan username dari Mitra Resmi Whatsapp API setelah mendaftar.

Jika belum mendaftar, silahkan daftar di website Koala+ melalui link https://plus.koalaapp.id/sign-up/account. Isi nomor hp, email, password dan konfirmasi password hingga informasi toko dan klik daftar.

5. Unggah Daftar Kontak

Setelah proses sebelumnya selesai dilakukan, cara broadcast di WA tanpa save nomor selanjutnya yaitu membuat daftar siaran kontak yang akan dikirimi pesan broadcast. Buatlah daftar kontak dalam bentuk csv atau Excel. Selanjutnya, kamu bisa mengunggah daftar nomor tersebut langsung pada sistem.

Baca Juga : Perbedaan WA Bisnis dan WA Biasa yang Wajib Diketahui

6. Tulis Isi Pesan Broadcast

Langkah selanjutnya yaitu menulis isi pesan broadcast. Sebelumnya kamu perlu membuat template pesan. Berikut caranya:

  • Pertama, pilih “Templates”.
  • Klik “Add New Template”.
  • Tulis pesan siaran yang ingin kamu sampaikan.
  • Sisipkan gambar, video atau dokumen supaya pesan lebih menarik.

 

Disarankan untuk membuat template minimal 1x24 jam sebelum dikirim. Alasannya karena pesan tersebut akan ditinjau oleh pihak WA, apakah sudah sesuai ketentuan yang berlaku atau belum.

7. Kirim Pesan Broadcast ke Semua Kontak

Cara yang terakhir adalah dengan mengirim pesan siaran pada template pesan ke nomor kontak yang ada di list. Berikut caranya:

  • Pertama, klik “New Broadcast Message” lalu pilih tipe kampanye.
  • Bangun template kampanye yang akan dikirim. Tunggu beberapa menit karena sistem akan mengirimkannya secara otomatis di waktu yang sama.
  • Ulangi tahap diatas setiap kali kamu akan mengirimkan pesan broadcast.

 

Gunakan Whatsapp API Untuk Blast Diskon ke Pelanggan-mu Lebih Mudah
Gunakan Whatsapp API Untuk Terhubung dengan Pelanggan-mu Lebih Mudah

 

Itulah informasi tentang cara broadcast di WA tanpa save nomor dan syarat-syaratnya. Cara broadcast di aplikasi WhatsApp cukup mudah untuk pemula dan berguna untuk perkembangan bisnis jangka panjang. Oleh karena itu, jangan lupa untuk memanfaatkannya sebaik mungkin.

Agar bisnis bisa lebih berkembang lagi, kamu bisa menggunakan aplikasi bisnis terbaik saat ini yaitu Koala+. Aplikasi ii dilengkapi dengan beberapa fitur, salah satunya fitur Broadcast Message. Broadcast Message ini berguna untuk menyebarkan promosi toko atau produk yang kamu jual lewat pesan broadcast Whatsapp Business API.

Selain itu, Koala+ juga memiliki fitur lainnya seperti Chatbot yang berguna untuk balas pesan pelanggan lebih cepat melalui fitur chat otomatis di WhatsApp Business API. Ada juga fitur Manajemen Produk & Transaksi untuk mengelola produk, transaksi, dan membuat website jualan yang terintegrasi dengan aplikasi Koala+.

Satu lagi fitur Live Customer Service untuk melayani pelanggan dengan cepat di berbagai channel. Dengan semua fitur diatas, Koala+ menjadi aplikasi terlengkap. Satu aplikasi bisa digunakan untuk keperluan bisnis. Selain itu, kamu jadi lebih hemat biaya operasional dan penjualan berpotensi naik. Tertarik mencoba? Daftar Koala+ sekarang juga!