Strategi Whatsapp Marketing yang Efektif dan Mudah Dicoba

1 Februari 2023

Whatsapp marketing adalah cara promosi lewat WhatsApp yang efektif. Dengan aplikasi ini, kamu bisa memasarkan produk atau jasa dengan mudah, cepat dan menjangkau lebih banyak orang. Mulai dari pesan promosi berupa teks, gambar, video, file, ataupun suara bisa dilakukan melalui koneksi internet saja.

Strategi WhatsApp Marketing

Menjalankan Whatsapp Marketing tentunya tidak mudah. Ada beberapa strategi yang harus kamu pahami agar pemasaran produk dan jasa bisa berjalan efektif dan efisien. Strategi yang paling umum digunakan adalah menyampaikan informasi langsung ke pelanggan melalui chat Whatsapp.

Namun, strategi itu saja tidak cukup untuk meningkatkan penjualan. Berikut ini strategi Whatsapp Marketing yang bisa kamu gunakan .

1. Menyediakan Nomor Khusus

Pertama, kamu harus memisahkan urusan pribadi terlebih dahulu dengan urusan bisnis. Ini penting dilakukan agar strategi marketing berjalan lancar. Jadi, siapkan nomor khusus untuk bisnis. Nomor ini hanya untuk berinteraksi dengan pelanggan bisnismu saja.

Dengan nomor khusus bisnis, kamu bisa lebih mudah menjalankan segala hal yang berkaitan dengan bisnis. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur WA dengan maksimal tanpa takut terganggu oleh urusan pribadi.

2. Fokus ke Target Pasar

Saat menentukan target pasar, kamu harus memulai dengan mengelompokkan pelanggan atau prospek yang dimiliki. Strategi ini penting dilakukan agar lebih mudah melakukan penjualan melalui Whatsapp.

Contohnya, kamu bisa memisahkan berdasarkan usia seperti anak-anak, remaja, lansia dan sebagainya. Kamu juga bisa temukan informasi lebih banyak di media sosial seperti instagram, tiktok, facebook, dan sosmed lainnya.

Informasi inilah yang bisa kamu gunakan sebagai follow up. Jangan lupa untuk rutin melakukan evaluasi, kira-kira setiap 3 atau 6 bulan sekali, seperti mengevaluasi nomor pelanggan yang aktif dan perlu dihubungi kembali untuk kebutuhan follow up.

3. Jangan Lupa Manfaatkan Fitur Story

Tanpa disadari, ternyata fitur story sangat efektif meningkatkan penjualan. Tak heran fitur ini menjadi strategi WA marketing yang sering diterapkan pemilik usaha. Fitur ini sama dengan instagram, kamu bisa bagikan berbagai informasi tentang promosi yang sedang dijalankan.

Tentunya kamu harus membuat story Whatsapp yang menarik perhatian agar banyak orang yang tertarik untuk membeli produk. Selain itu, jangan lupa memberikan testimoni pelanggan untuk membangun kredibilitas di mata pelanggan.

Baca Juga : Perbedaan WA Bisnis dan WA Biasa yang Wajib Diketahui

4. Memaksimalkan Obrolan One on One and Group

Whatsapp tidak hanya memberikan fitur obrolan biasa, saat ini sudah ada fitur obrolan grup yang mencakup lebih banyak anggota. Nah, disini kamu bisa memaksimalkan kedua fitur tersebut untuk proses pemasaran.

Contohnya, memasukkan target pelanggan ke dalam satu grup agar lebih mudah menangkapnya. Caranya tentu membagikan berbagai promosi dan penawaran yang menarik agar pelanggan tidak keluar dari grup yang kamu buat.

Apabila obrolan grup masih kurang cukup, cobalah untuk melakukan pendekatan secara personal via obrolan one on one. Mungkin saja sebagian orang lebih tertarik berinteraksi secara personal daripada grup.

Dengan demikian, kamu bisa menciptakan hubungan yang lebih khusus dengan pelanggan dan sudah meningkatkan loyalitas pelanggan secara tidak langsung. Bagaimana, mudah bukan? Kamu bisa menerapkan strategi ini dari sekarang.

5. Menciptakan Konten Berkualitas

Konten berperan penting bagi sebuah bisnis karena bisa meningkatkan branding dan penjualan. Tentunya konten yang kamu buat harus menarik dan berkualitas, misalnya menyisipkan meme dan kata-kata yang sedang viral.

Di samping menarik perhatian pelanggan, buatlah konten yang mampu membawa pelanggan untuk melakukan transaksi. Sisipkan beberapa kata promosi menarik seperti diskon dan lain sebagainya.

6. Mengirimkan Pesan Promosi Secara Berkala

Untuk membangun engagement serta mengonversi calon pelanggan, cobalah bagikan berbagai penawaran menarik lewat broadcast atau pesan siaran. Ini adalah strategi efektif yang bisa kamu coba.

Dengan fitur WA, kamu bisa menyebarkan pesan siaran tanpa harus menyimpan kontak pelanggan sebelumnya. Untuk itu, jangan lupa gunakan cara komunikasi yang baik, termasuk copywriting yang baik.

Baca Juga : Cara Membuat Akun Whatsapp Bisnis dan Kelebihannya

7. Menyediakan Customer Support

Pelanggan sangat menyukai customer support yang siap siaga hingga 24 jam non stop. Nah, kamu bisa menyediakan layanan customer support yang powerful dan bisa menjawab semua pertanyaan pelanggan terkait produk.

Cara ini bisa mencegah pelanggan kabur ke kompetitor. Kamu juga bisa manfaat chatbot untuk membantu menjawab pertanyaan pelanggan secara otomatis dan lebih simpel. Jika belum bisa membuat chatbot, gunakan aplikasi Koala+ yang memiliki fitur chatbot.

8. Membuat Katalog Produk

Dengan adanya katalog, sangat memudahkan pelanggan mengenali produk apa saja yang kamu jual. Gunakanlah fitur chatbot dari aplikasi Koala+ dalam membagikan katalog kepada pelanggan.

Dengan demikian, pelanggan bisa langsung memilih produk yang memang dibutuhkannya. Cara menawarkan produk lewat Whatsapp ini terbilang sangat efektif untuk meningkatkan penjualan.

9. Menggunakan Fitur WA Secara Maksimal

Untuk meningkatkan aktivitas pemasaran dan penjualan produk, cobalah untuk gunakan fitur-fitur WA yang ada. Contohnya, mengaktifkan fitur away message, quick replies, dan greeting messages.

Fitur ini juga bisa membangun hubungan baik antara kamu dengan pelanggan. Kamu juga bisa mengatur pesan untuk waktu berbeda sesuai kenyamanan sendiri. Contohnya, greeting message yang otomatis bisa dikirimkan saat pelanggan pertama kali mengirimkan pesan.

Itulah strategi WhatsApp marketing yang efektif dan mudah dicoba. Agar maksimal, kamu bisa menggunakan aplikasi Koala+ yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API, dengan keunggulan chat otomatis yang memudahkan proses transaksi online. Fitur Koala+ seperti Broadcast Message dan Chatbot bisa kamu gunakan untuk bisnis.

Koala+ mampu mengelola transaksi kamu dalam satu aplikasi. Kamu akan mendapatkan berbagai keuntungan seperti transaksi yang lebih cepat, balas chat lebih cepat, pengelolaan kontak dan pesanan yang jelas, serta pengiriman barang jadi lebih mudah.

Tenang saja, saat menggunakan aplikasi Koala+ datamu tersimpan dengan aman di cloud server. Jadi, akses datamu bisa dibuka kapan saja dan dimana saja tanpa takut adanya pencurian data oleh oknum tidak bertanggung jawab.