Cara Mematikan Centang Biru di WA dan Plus Minusnya

1 Februari 2023

Banyak orang penasaran bagaimana cara mematikan centang biru di WA untuk akun pribadinya. Seperti diketahui, aplikasi chatting WhatsApp hadir dengan sejumlah fitur pendukung. Salah satunya berupa fitur centang biru atau dikenal dengan istilah “Read Receipts”.

Adanya tanda centang biru atau blue tick ini memungkinkan pengguna WhatsApp bisa mengetahui apakah pesan yang dikirim ke nomor orang lain sudah dibaca atau belum. Sayangnya, sebagian orang menganggap fitur ini mengganggu. Jika kamu merasakan hal yang sama, simak cara mematikan centang biru di WA dan plus minusnya dibawah ini.

Apa Itu Centang Biru WhatsApp?

Centang biru WhatsApp adalah sebuah tanda yang menunjukkan bahwa si penerima pesan sudah membaca pesan yang kamu kirimkan di aplikasi Whatsapp. Jika terlihat ada tanda dua centang berwarna biru pada pesan yang kamu kirim, maka artinya penerima pesan sudah membuka chat.

Tanda centang biru WhatsApp tidak hanya berlaku untuk pesan individual saja, tapi juga berlaku pada pesan yang dikirimkan ke dalam grup WhatsApp. Centang dua akan muncul ketika semua anggota grup WhatsApp telah membaca pesan yang kamu kirimkan di grup tersebut.

Tentu saja, adanya fitur blue tick ini sangat berguna bagi para pengguna aplikasi WhatsApp. Sebab, mereka bisa mengetahui apakah pesan yang dikirim sudah dibaca oleh penerima pesan atau belum. Namun, ternyata tidak sedikit orang yang memilih untuk mematikan centang biru pada chat WA.

Ada banyak alasan kenapa pengguna Whatsapp ingin mematikan fitur tanda centang birunya. Misalnya, sedang mengambil cuti kerja, liburan, sibuk, atau bahkan hanya sekedar malas membalas pesan WA. Menonaktifkan centang biru WA menjadi solusi agar tidak merasa terganggu.

Baca Juga : Perbedaan WA Bisnis dan WA Biasa yang Wajib Diketahui

Cara Mematikan Centang Biru di WA

1. Buka aplikasi WhatsApp di Smartphone.

2. Klik ikon berbentuk titik tiga yang ada di sebelah pojok kanan atas.

3. Pada pilihan menu yang muncul, silahkan klik “Pengaturan” atau “Settings”.

4. Pilih menu “Akun” atau “Account”, kemudian klik “Privasi” atau “Privacy”.

5. Pada ikon “Laporan Dibaca”, geser ke bagian kiri dari yang sebelumnya berwarna hijau menjadi berwarna abu-abu.

Jika sudah melakukan lima langkah di atas, otomatis tanda pesan dibaca pada aplikasi WhatsApp akan mati atau non-aktif. Jika centang biru sudah tidak aktif, maka orang yang mengirim pesan tidak akan tahu bahwa pesan yang mereka kirim sudah kamu baca.

Cara Mengaktifkan Centang Biru di WA

Lalu, bagaimana jika ingin mengaktifkan kembali centang biru di aplikasi WhatsApp tersebut? Cara mengaktifkan centang biru di WA pada dasarnya sama seperti pada saat akan menonaktifkannya. Bedanya, pada ikon “Laporan Dibaca”, bilah digeser ke kanan menjadi berwarna hijau.

1. Buka aplikasi WhatsApp di Smartphone.

2. Klik ikon berbentuk titik tiga yang ada di sebelah pojok kanan atas.

3. Pada pilihan menu yang muncul, silahkan klik “Pengaturan” atau “Setting”.

4. Pilih menu “Akun” atau “Account”, kemudian klik “Privasi” atau “Privacy”.

5. Pada ikon “Laporan Dibaca”, geser ke bagian kanan dari yang sebelumnya berwarna abu-abu menjadi berwarna hijau.

Jadi, cara mematikan centang biru di WA dan mengaktifkannya kembali hanya perlu dilakukan dengan menggeser-geser ikon “Laporan Dibaca” yang ada di menu pengaturan tersebut. Sangat mudah bukan? Sekarang, kamu bisa mempraktekannya di smartphone jika ingin tanda centang biru pada pesan yang sudah dibaca tidak terlihat oleh pengirim pesan.

Baca Juga : Cara Membuat Akun Whatsapp Bisnis dan Kelebihannya

Keuntungan Mematikan Centang Biru di Aplikasi WhatsApp

Semua hal pasti ada plus dan minusnya, termasuk pada saat mematikan centang biru di WhatsApp. Jadi, sebelum kamu menonaktifkan fitur tanda centang biru di WA, ada baiknya untuk mengetahui apa saja keuntungan dan kerugian jika centang biru pada WA dimatikan. Berikut ini beberapa keuntungan yang didapatkan saat mematikan centang biru WhatsApp.

1. Menjaga Privasi

Whatsapp menghadirkan fitur mematikan centang biru dengan tujuan yang jelas yaitu untuk menjaga privasi para pengguna. Dengan adanya fitur ini, maka pengguna tidak akan ketahuan jika sudah membaca pesan masuk yang dikirim oleh orang lain.

Saat fitur centang biru WA non-aktif, maka tanda centang dua pada pesan yang terkirim tidak akan berubah warnanya. Warna pesan tersebut tetap abu-abu dan tidak berubah menjadi biru. Dengan begitu, maka pengirim tidak akan menyadari bahwa pesan yang dikirim sudah dibaca oleh penerima.

2. Tetap Nyaman di Jam Sibuk

Cara mematikan centang biru di WA juga menjadi solusi yang tepat jika kamu tidak ingin terganggu di jam-jam sibuk. Fitur ini sangat menguntungkan bagi pengguna yang memiliki kesibukan tinggi dan setiap hari mendapatkan notifikasi pesan WA yang masuk. 

Dengan mematikan centang biru di WA, maka kamu bisa membaca semua pesan yang masuk tanpa harus membalasnya dengan segera. Kamu memiliki jangka waktu yang lama untuk memikirkan jawaban atas pesan tersebut dan bisa mengirimkannya setelah tidak terlalu sibuk.

Kerugian Mematikan Centang Biru di WA

Selain memberikan banyak keuntungan, mematikan centang biru di WA ternyata juga memiliki beberapa kekurangan. Pengguna yang mematikan centang birunya di WhatsApp juga tidak bisa mengetahui apakah pesan yang dikirim ke orang lain sudah dibaca atau belum.

Selain itu, banyak anggapan bahwa orang yang mematikan centang biru di aplikasi WhatsApp tidak bersikap profesional. Jika di dunia pekerjaan, tindakan ini dapat membuat atasan atau klien merasa kesal. Apalagi jika dalam kondisi genting, namun tidak mendapatkan jawaban dengan segera atas pesan yang dikirim.

Meski begitu, tidak ada salahnya jika ingin mematikan centang biru di WA asalkan tetap bertanggung jawab dengan tugas dan kewajibannya masing-masing. Jangan sampai hal ini membuat tingkat keprofesionalitasan kita menurun. Baik di bidang pekerjaan, perkuliahan, maupun bisnis toko online.

Dalam dunia bisnis, alangkah baiknya kamu tidak mematikan centang biru WhatsApp. Tujuannya adalah untuk menunjukkan profesionalitas kepada klien atau konsumen. Jika ada pesan masuk dari konsumen, sebaiknya segera baca dan beri balasan secepatnya atau fast respon chat.

Itulah cara mematikan centang biru di WA dan plus minusnya. Jika kamu ingin mengoptimalkan Whatsapp untuk bisnis, sebaiknya gunakan aplikasi bisnis terbaik seperti Koala+.

Aplikasi Koala+ yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API, dengan keunggulan chat otomatis yang memudahkan proses transaksi online. Fitur Koala+ seperti Broadcast Message dan Chatbot bisa kamu gunakan untuk bisnis.