Penyebab dan Cara Mengatasi WA Diblokir untuk Pemula

1 Februari 2023

Saat sedang membalas chat pelanggan, akun whatsapp tidak bisa digunakan tiba-tiba? Jika kamu mengalaminya, bisa jadi akun sedang diblokir. Hal ini membuat kamu tidak bisa fast respon chat dengan pelanggan. Lantas adakah cara mengatasi WA diblokir tersebut? Tentu ada, namun sebelum mengetahui cara mengatasinya ketahui dulu apa saja penyebabnya.

Baca Juga : Perbedaan WA Bisnis dan WA Biasa yang Wajib Diketahui

Penyebab WA Diblokir

Agar lebih paham cara mengatasi wa diblokir, kamu harus mengetahui dulu faktor apa saja yang menyebabkan WA sampai diblokir dan tidak bisa dibuka lagi. Simak penyebabnya di bawah ini.

1. Menggunakan Aplikasi WA Modifikasi

Ada banyak pengembang yang meluncurkan aplikasi modifikasi seperti WA cloning, WA GB, dan WA plus. Walaupun menawarkan berbagai fitur tambahan menarik, tetapi ketahuilah aplikasi tersebut sangat berisiko.

Di samping itu, aplikasi modifikasi pun melanggar ketentuan layanan dari WA. Oleh karena itulah kenapa WA berhak memblokir beberapa pengguna dari WA modifikasi tersebut.

2. Mengirim Banyak Pesan ke Nomor yang Tidak Save Nomor Kamu

Sering melakukan hal ini? Hati-hati, wa kamu mungkin berisiko tinggi untuk diblokir oleh pihak WA. Mengirimkan pesan ke kontak yang tak menyimpan nomormu akan ditandai sebagai spam.

Lalu, besar kemungkinan pengguna wa tersebut akan melaporkan lalu memblokir akun kamu. Untuk itu, pastikan tidak spam ke sembarang nomor ya.

3. Diblokir oleh Banyak Pengguna WA Lainnya

Seperti yang kita tahu, pengguna WA bisa dengan mudahnya melaporkan dan memblokir akun yang memang dianggap sangat mengganggunya.

Apalagi, WA punya prinsip mencegah spammer, peretas, dan scammer. Jadi, saat akun tersebut diblokir oleh pengguna lain dengan jumlah yang banyak, maka akun kamu terpaksa tidak bisa dibuka untuk sementara waktu.

4. Meretas Server Whatsapp

Walaupun jarang terdengar, tapi kasus ini masih sering terjadi. Untuk itulah, sebagai langkah pencegahan kebocoran data, maka WA pun akan memblokir nomor yang akan mencoba meretas  server wa dan mengganggu layanannya. Caranya yakni dengan memblokir langsung nomor tersebut dan tak bisa digunakan lagi.

5. Mengirim File, Virus, atau Malware Berbahaya

WA sangatlah menjaga ketat keamanan dari penggunanya. Oleh sebab itulah, mereka melarang penggunanya agar tidak mengirimkan file, malware, atau virus yang berbahaya.

Apabila kamu tetap mengirim dan melanggar ketentuan tersebut, maka siap-siap ya nomor WA kamu mungkin akan diblokir.

Baca Juga : Cara Membuat Akun Whatsapp Bisnis dan Kelebihannya

Cara Mengatasi WA Diblokir

Jangan panik, kamu masih bisa kok mengatasi WA diblokir dengan berbagai cara. Lebih lengkapnya, simak cara mengatasi WA diblokir berikut ini.

1. Cara Mengatasi WA Diblokir Sementara Waktu

Apabila WA kamu memang tidak diblokir permanen, mungkin cara ini akan bekerja dengan baik. Untuk itu, cobalah dulu langkah ini.

  • Tunggulah selama 1–2 hari sampai blokiran dibuka dan akun bisa digunakan kembali.
  • Kemudian, bukalah aplikasi wa lama yang diblokir.
  • Lalu, lakukan backup semua chat ke dalam google drive.
  • Untuk membackup data, kamu bisa menekan tombol titik tiga pada bagian pojok kanan atas, klik setting, pilih chat, chat backup, dan ketuk google account. Loginlah dengan gmail kamu dan lakukan backup data.
  • Instal aplikasi wa resmi dari google play store.
  • Masuk ke aplikasi wa resmi dengan nomor lama.
  • Ketika proses login, kamu diminta untuk restore backup dari google drive. Untuk itu, pilih opsi tersebut dan loginlah menggunakan akun gmail yang sudah digunakan sebelumnya.
  • Sekarang, backup chatnya.
  • Jika sudah terhubung, segera restore backup yang sudah ada.
  • Tunggulah proses sampai selesai.
  • Jangan lupa hapus aplikasi wa tidak resmi yang kamu gunakan sebelumnya.

 

2. Melakukan Penggantian Akun

Cara lain untuk mengatasi blokir dari WA adalah melakukan penggantian akun. Sayangnya, cara ini berisiko membuat kamu harus kehilangan data-data di akun wa lama. Akan tetapi, jika terpaksa, kamu bisa ikuti cara ini.

  • Bukalah aplikasi wa dan pilih opsi pengaturan.
  • Setelah itu, klik opsi pengaturan account.
  • Ketuk menu delete my account agar akun kamu terhapus.
  • Nah, setelah akun wa benar-benar sudah terhapus, buka lagi aplikasi wa dan registrasi ulang dengan ponsel yang sama.

 

3. Beralih ke WA Official

Tentu saja, tidak menutup kemungkinan untuk akun WA kamu diblokir kembali oleh pihak WA, sekalipun sebelumnya sudah pernah diblokir. Hal ini pasti sangat mengganggu sekali. Akan tetapi, ada satu cara yang bisa digunakan agar akun kamu tidak diblokir lagi.

Cara tersebut adalah dengan menggunakan akun WA official atau disebut juga sebagai WA Business API. Untuk langkah-langkahnya yaitu:

  • Mulailah mitra dengan official partner Whatsapp API terbaik.
  • Lakukan proses verifikasi ke pihak Facebook sebab perlu untuk membuktikan bahwa kamu memiliki sebuah bisnis.
  • Setelah itu, pilih nomor manakah yang ingin kamu daftarkan sebagai akun WA API.
  • Lengkapi profil akun WA kamu dengan mengisi berbagai informasi penting yang berkaitan dengan bisnismu.
  • Terakhir, WA API siap digunakan.

 

Itulah penyebab dan cara mengatasi wa diblokir. Jika sudah tahu penyebabnya, sebaiknya hindari dan jangan melakukan hal tidak penting seperti iseng mengirimkan spam chat ke orang yang tak menyimpan nomor kamu, sekalipun kamu sudah sering chat dengannya. Apalagi untuk masalah bisnis, mungkin akan berinteraksi dengan lebih banyak pelanggan. Kadang ada pelanggan yang suka rewel dan sering bertanya, padahal sudah dijelaskan sejak awal.

Lalu bagaimana cara promosi WA tanpa diblokir? Tenang saja, kamu tidak perlu pusing karena sudah ada aplikasi Koala+. Kamu bisa menggunakan salah satu fitur Koala+ yaitu Broadcast Message. Dengan fitur ini, promosi toko online atau produk lewat pesan broadcast WhatsApp Business API bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Tertarik? Yuk download aplikasi Koala+ sekarang juga!