Tips Produktif di Bulan Ramadhan yang Wajib Dicoba

30 Maret 2023

Puasa bukan berarti malas dan lemas, kamu harus menerapkan beberapa tips produktif di bulan ramadhan. Saat menjalani puasa hari pertama di bulan ramadhan, pastinya terasa sangat canggung. Apalagi, kadang ada yang merasa kesulitan untuk menyesuaikan dengan aktivitas harian. Tak sedikit juga yang merasa bahwa ia tidak bisa produktif di siang hari. Maka dari itu, di sini ada beberapa tips produktif di bulan ramadhan agar tidak terasa membosankan.

Tips Produktif di Bulan Ramadhan

Berikut tips produktif di bulan ramadhan yang bisa kamu terapkan saat bulan puasa nanti.

1. Membuat Rencana Harian

Pertama, kamu bisa menyiapkan rencana harian. Jika kamu sering merasa kurang fokus lantaran kepikiran apa yang akan dilakukan setelah ini, maka cobalah untuk membuat perencanaan kegiatan, misalnya mengatur perencanaan usaha dan sebagainya.

Adanya rencana kegiatan turut membantu kamu untuk hidup dengan teratur tanpa ada satupun kegiatan yang terlewatkan.

2. Menyesuaikan Jam Tidur

Sebagian orang merasa bahwa jam tidurnya selama bulan puasa kadang tidak teratur dan jadi berantakan. Apalagi, dengan waktu sahur yang terlalu pagi, mungkin membuat sebagian dari kamu sulit menyesuaikannya. 

Namun, sebenarnya kamu bisa lho memilih waktu tidur yang cukup. Oleh karena tidak dianjurkan untuk tidur setelah subuh, maka kamu bisa mengambil sahur lebih awal. Setelah itu, bangun kembali setelah subuh. 

Nah, sesudah subuh ini carilah kesibukan baru yang membuatmu tidak ketiduran. Apalagi, jika kamu adalah pekerja kantoran dan mengharuskan bangun pagi. Pastinya, waktu tidur yang hanya sebentar bisa membuat kepala sakit.

Kemudian, apabila ada waktu luang di siang hari bisa dimanfaatkan juga untuk tidur. Lagi pula, tidak ada makan siang seperti biasanya. Dengan waktu tidur tambahan sekiranya bisa membantu kamu untuk tetap produktif dan fokus.

3. Mengonsumsi Makanan Sehat

Coba cek dulu, sudahkan kamu mengonsumsi makanan sehat setiap harinya? Nyatanya, masih banyak yang tidak sadar betapa pentingnya mengkonsumsi makanan sehat selama berpuasa.

Kamu juga bisa mengkonsumsi makanan yang bisa memperlambat pengosongan lambung. Nah, dengan demikian, kamu tidak akan cepat lapar. 

Lantas, apakah yang harus dihindari? Yaitu minuman kafein. Kandungannya bisa membuat waktu tidur kamu menjadi terganggu. Terlebih, saat ini kamu sudah mengalami waktu tidur yang tidak teratur.

Di samping itu, kafein juga cenderung meningkatkan frekuensi buang air kecil. Hal tersebut tentu saja membuat kamu lebih gampang terdehidrasi dengan cepat. Sehingga, sering merasa haus pada keesokan harinya.

Baca Juga : Rekomendasi Ide Usaha Kuliner Kekinian yang Wajib Dicoba

4. Jangan Lupa Istirahat yang Cukup

Selama bulan puasa, kamu bisa menggunakan waktu istirahat untuk menyegarkan kembali pikiran untuk tetap merasa fokus saat bekerja nanti.

Apabila kamu merasa sudah mengantuk, maka cobalah untuk istirahat sejenak, entah itu dengan tidur atau bahkan mencari udara segar.

5. Pastikan Selalu Terhidrasi

Yup, menghidrasi tubuh dengan cairan memang sangat penting. Tentu, bukan hanya berlaku di bulan puasa saja, tetapi juga bulan-bulan lainnya.

Kamu dianjurkan minum sekitar 8 gelas setiap harinya. Lalu, ada baiknya untuk menghindari makanan penas. Kamu juga tidak boleh menambahkan garam terlalu banyak. Sebab, bisa meningkatkan kebutuhan tubuh terhadap cairan.

Namun, untuk menghidrasi tubuh, kamu bisa mengonsumsi sayuran dan buah segar. Sebab, kaya air dan serat.

Lalu, buah yang tak asing lagi dan selalu ada menemani puasamu adalah buah kurma. Kurma memberikan energi yang cukup tinggi bagi tubuh. Sebab, terdapat glukosa di dalamnya. Selain itu, juga mencegah dehidrasi melalui kadar kalium yang dimilikinya.

6. Hindari Mengerjakan Kegiatan yang Tidak Penting

Selama berpuasa, sudah pasti dua tantangan seperti lapar dan haus akan kamu hadapi nantinya. Bahkan, kadang bisa membuat waktu kerja jadi tidak terganggu sebab jadi tidak fokus.

Sebenarnya kamu bisa mengurangi kegiatan-kegiatan yang tidak penting dan hanya menghabiskan waktumu. Kamu bisa fokus pada satu prioritas kegiatan saja. Jika bisa mengerjakannya di rumah atau ruang kerja, akan lebih baik daripada harus nongkrong di kafe.

Baca Juga : Ide Interior Cafe Kekinian yang Menarik Perhatian Pelanggan

7. Olahraga yang Cukup

Dengan berolahraga, bisa meningkatkan energimu sebab endorfin dilepaskan. Lalu, pada akhirnya bisa meningkatkan mood kembali.

Tentu saja, kegiatan ini bisa membuat kamu tetap fokus dan merasa segar setiap detik. Namun, olahraga yang dilakukan bukan jenis olahraga berat ya, cukup yang ringan saja dan tidak menguras terlalu banyak energi.

8. Kontrol Keinginan

Tanpa disadari, ada banyak orang diluar sana yang ingin makan semua makanan saat buka puasa nanti. Padahal, tidak begitu tahu pasti apa kandungan yang ada di dalamnya. Namun, sekalipun kamu masih lapar, jangan terlalu memaksakan perut untuk menghabiskan semua makanan tersebut.

Ini bisa menimbulkan masalah pencernaan dan mungkin saja bisa terasa mual. Akibatnya, akan mempengaruhi kinerja sistem pencernaan kamu di keesokan harinya. Mungkin kamu sering merasa bahwa jarak dari sahur ke buka puasa sangat lama, kan? Nah, ini karena kamu tidak produktif dengan kegiatanmu sehingga yang didapatkan hanya rasa capek, lapar, dan haus saja.

Itulah beberapa tips produktif di bulan ramadhan yang wajib dicoba. Jika kamu memliki bisnis, sebaiknya fokus meningkatkan pengembangan bisnis. Atau bisa juga memulai jualan online produk-produk yang laris manis di bulan puasa seperti takjil, pakaian dan lain sebagainya.

Kamu bisa memanfaatkan fitur Chatbot dari Koala+ untuk membalas pesan pelanggan lebih cepat, melalui fitur pesan otomatis di WhatsApp Business API. Dengan Koala+, kamu tidak perlu lagi menghabiskan waktu di depan hp 24 jam hanya untuk membalas chat pelanggan.