Tugas dan Fungsi Marketing dalam Perusahaan

29 April 2023

Dalam perusahaan, tugas marketing sangat penting. Kenapa penting? Karena tim marketing bertanggung jawab penuh atas penjualan produk atau jasa perusahaan. Marketing juga berperan dalam mempertahankan konsep marketing dan masih banyak lainnya. Untuk kamu yang masih belum paham apa saja tugasnya, simak penjelasan berikut.

Tugas Marketing

Sebagai orang yang berperan penting dalam mengatur bisnis, marketing harus bisa memberikan nilai tambah pada suatu produk dan layanan agar tercapai goals perusahaan. Berikut adalah berbagai tugas marketing dalam sebuah perusahaan.

1. Mengatur Kampanye Marketing

Berbagai bentuk promosi bisa saja dijalankan, salah satunya campaign atau kampanye.  Tim marketing akan bertanggung jawab untuk membuat lalu mengelola kampanye marketing.

Namun, sudah tahukah apa tujuan dari kampanye ini? Tujuan kampanye marketing adalah untuk meningkatkan penjualan dan membangun brand awareness.

2. Memproduksi Konten Marketing dan Promosi

Penjualan bisa tercapai apabila calon konsumen mengenal bisnis dengan baik. Oleh karena itulah, yang berperan untuk mempromosikan brand via konten marketing adalah tugasnya tim marketing.

Namun, di samping mempromosikan, pembuatan materi konten pun dilakukan oleh tim marketing. Itu sebabnya, tim marketing harus berinovasi kreatif.

3. Mengelola Brand dengan Baik

Meskipun semua karyawan wajib mengenal brand dengan sangat baik, tetapi orang yang paling diwajibkan memahami semua hal tentang brand adalah yang bergelut di dunia marketing.

Tim marketing harus mumpuni untuk menjelaskan perusahaan, brand, produk, layanan, dan kinerja perusahaan. Tidak hanya itu, marketing harus tahu bagaimana cara perusahaan bersikap saat ada pertemuan dengan klien. Jadi, disini bisa diibaratkan bahwa marketing adalah wajahnya perusahaan.

4. Menghandle Media Sosial

Sebagai media promosi paling populer 10 tahun terakhir, media sosial memiliki peran penting untuk meningkatkan omset penjualan. Untuk itu, ada baiknya setiap perusahaan memanfaatkan media ini untuk promosi dan mengenalkan profil perusahaan pada calon konsumen.

Nanti, yang akan memonitor serta mengelola media sosial adalah tim marketing. Namun, pastikan perusahaan merekrut social media specialist ya.

Baca Juga : 9 Kata-Kata Menarik untuk Promosi di Media Sosial!

5. Menghasilkan Konten Sesuai Kaidah SEO

Hampir setiap perusahaan kini sudah memiliki website toko online. Oleh karena itu, yang mengelola konten di dalamnya adalah bagian dari tugas marketing.

Lalu, untuk konten sesuai kaidah yang dimaksud adalah SEO (Search Engine Optimization). Dimana, pengoptimalan SEO sebuah website diperlukan untuk meningkatkan visibilitasnya di halaman pertama pencarian google, entah itu SEO on page ataupun off page.

Pengelolaan website harus dilakukan oleh tim marketing secara berkala agar website terlihat aktif. Dengan begitu, Google tidak akan enggan merekomendasikannya untuk tampil dihalaman pertama Google.

6. Mengkomunikasikan Perusahaan Secara Internal

Dari sisi internal perusahaan pun, akan melibatkan tim marketing. Sebab, tim inilah yang akan mengkomunikasikan tentang detail brand, produk, dan layanan pada karyawan lainnya.

7. Riset Pasar

Dengan riset target pasar, strategi pemasaran yang kamu buat bisa tepat dan tidak salah sasaran. Jika salah sasaran tentu hanya membuang-buang waktu dan membuat rugi perusahaan. Dengan menargetkan pasar yang tepat, maka akan lebih mudah bagi sebuah perusahaan untuk menghasilkan penjualan lebih banyak.

8. Mengawasi Vendor

Tidak mungkin sebuah perusahaan bisa berdiri sendiri, terlebih jika bergerak di bidang bisnis. Maka dari itu, pastinya dibutuhkan berbagai vendor atau pihak ketiga lainnya untuk menjalankan operasional perusahaan.

Contohnya, kerjasama dengan agen percetakan untuk proses promosi. Nah, hal tersebut akan dilakukan oleh tim marketing. Selama kerjasama berlangsung, tim marketing bertanggung jawab untuk keberlangsungan kerja sama tersebut.

Baca Juga : Contoh Marketing Plan dan Cara Membuat yang Benar

Fungsi Marketing

Tidak banyak yang tahu, kecuali hanya orang-orang yang akan menggeluti bidang ini. Berikut adalah berbagai fungsi marketing perusahaan yang perlu diketahui.

1. Fungsi Pertukaran

Konsumen memiliki kebebasan untuk memilih produk dari perusahaan manakah yang akan digunakannya. Namun, tidak hanya itu, konsumen pun bebas jika ingin menukarkannya dengan uang atau bahkan produk.

2. Fungsi Perantara

Agar produk bisa sampai ke tangan konsumen dengan aman, maka marketing akan menjadi perantara. Dimana, akan menghubungkan konsumen dengan pihak produsennya.

3. Fungsi Distribusi Fisik

Distribusi produk berkaitan dengan pemindahan, pengangkutan, hingga penyimpanan sebuah produk. Pendistribusian bisa saja dilakukan melalui darat, udara, dan laut. Penyimpanan produk perlu dilakukan oleh marketing agar tidak terjadi kelangkaan produk.

4. Fungsi Promosi

Marketing sebagai tim yang akan mempromosikan dan mengenalkan produk perusahaan pada masyarakat luas. Sehingga, akan lebih banyak orang yang mengenali perusahaan tersebut.

5. Fungsi Riset dan Pengembangan

Tidak mudah untuk menemukan informasi sebuah produk yang akan dilaunching, itu sebabnya harus dilakukan riset ataupun pengembangan produk. Siapa yang akan mengerjakannya? Tentu saja dari tim marketing. Dimana, tim ini akan menelusuri pasar untuk mencari tahu apa saja kebutuhan konsumen. Jika terkait pengembangan produk, bisa menemukannya dari komplain dan saran pelanggan. Dari sinilah, bisa diperoleh inovasi pengembangan produk yang terbaru.

Itulah penjelasan mengenai tugas marketing dan fungsinya yang begitu kompleks. Salah satu tugas marketing yang bisa kamu terapkan adalah membalas chat pelanggan dengan cepat. Bagaimana caranya? Caranya dengan menggunakan fitur Chatbot dari Koala+. Dengan fitur ini, kamu bisa membalas chat pelanggan secara otomatis melalui WhatsApp selama 24 jam.

Jika kamu belum memiliki tim marketing yang solid, Koala+ hadir untuk membantu kebutuhan marketing usahamu mulai dari membalas chat pelanggan hingga manajemen produk dan transaksi. Hal ini memungkinkan bisnismu untuk melayani pelanggan kapan saja tanpa harus ada staf tambahan. Yuk gunakan Koala+ sekarang juga dan rasakan kemudahan menggunakan WhatsApp API!