Contoh Artifficial Intelligence dan Keuntungannya dalam Bisnis

3 April 2023

Banyak contoh Artificial Intelligence (AI) yang digunakan untuk bisnis. Namun sebelum mengetahui contohnya, ketahui dulu pengertiannya. Artificial Intelligence (AI) adalah kecerdasan buatan yang sedang populer di era teknologi yang semakin canggih seperti sekarang. Keberadaan dari AI ini untuk membantu manusia sehingga dibuat sangat mirip dengan manusia.

Kehadiran AI bisa membantu manusia dalam kehidupan sehari-harinya, salah satunya membantu dalam dunia bisnis. Ada banyak contoh penerapan AI dalam dunia bisnis dan keuntungan yang didapatkan. Kira-kira apa saja contoh Artificial Intelligence (AI) dan keuntungannya dalam bisnis. Berikut ulasan lengkapnya:

Apa Itu Artificial Intelligence?

Artificial Intelligence adalah simulasi kecerdasan manusia yang diterapkan dalam mesin lalu di program agar bisa berpikir seperti manusia. Bisa dibilang jika AI adalah sistem pada komputer yang bisa mengerjakan aktivitas yang umumnya membutuhkan kecerdasan ataupun tenaga manusia untuk menyelesaikannya.

Teknologi Artificial Intelligence ini membutuhkan data pengalaman dan juga data untuk membuat kecerdasannya semakin lebih baik. Supaya pengetahuan yang dimiliki semakin bertambah, AI juga perlu belajar. Ada beberapa proses dalam Artificial Intelligence (AI) yaitu learning, reasoning dan self correction.

Baca Juga : Cara Membuat Iklan di Instagram dan Tips Terbaiknya

7 Contoh Artificial Intelligence dan Keuntungannya dalam Bisnis

Berikut adalah beberapa contoh penerapan Artificial Intelligence dalam dunia bisnis:

1. Customer Service (CS)

Memberikan layanan terbaik kepada semua konsumen sangatlah penting. Ini dikarenakan pelayanan terbaik yang diberikan bisa membuat penjualan meningkat. AI sendiri memiliki peran dalam customer service karena akan membantu dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan menjadi lebih tepat, cepat dan efisien.

Salah satu contoh penerapan AI dalam CS adalah melalui social listening. Dimana AI bisa menganalisis data dari media sosial pelanggan dan juga mengidentifikasi masalah serta keluhan pelanggan. Hal ini tentu bisa membantu tim CS dalam memberikan respons yang cepat dan juga tepat kepada semua pelanggan.

2. Lebih Optimal dalam Mengolah Data

Salah satu cara yang bisa dilakukan perusahaan untuk meningkatkan produksi dan penjualan adalah dibutuhkannya analisis dan juga pengolahan data. Baik analisis maupun pengolahan data harus dilakukan dengan baik, jangan sampai terjadi kesalahan. Tidak bisa di pungkiri juga membuat kedua hal tersebut cukup rumit dan membutuhkan bantuan.

Dalam melakukan analisis dan pengolahan data, kamu bisa meminta bantuan Artificial Intelligence. AI akan membantumu dalam menghitung besarnya peluang belanja konsumen, mempelajari tren pasar, segmentasi, mengumpulkan data tentang perilaku pelanggan dan sebagainya. 

3. Screening Calon Karyawan

Untuk menjalankan bisnisnya, perusahaan pasti membutuhkan karyawan. Memiliki karyawan yang tepat tentu akan membuat kegiatan produksi maupun penjualan bisa berjalan dengan baik. Supaya bisa memilih karyawan yang tepat, AI akan membantu kamu melakukan analisis data serta mencocokkan kualifikasi pelamar dengan pekerjaan yang tersedia. 

Penerapan AI juga akan membantu perusahaan dalam mengevaluasi keterampilan dan juga pengalaman pelamar yang dibutuhkan perusahaan untuk suatu pekerjaan. Penggunaan AI dalam perekrutan karyawan bisa membuat proses perekrutan menjadi lebih efisien sehingga bisa meningkatkan kinerja perusahaan.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Pelayanan Customer Service Untuk Pebisnis

4. Mendeteksi Penipuan

Dalam dunia bisnis kasus penipuan sangat sering terjadi. Kondisi ini tentu akan membuat perusahaan mengalami kerugian. Supaya kejadian penipuan tidak terjadi lagi, kamu bisa menggunakan AI. Artificial Intelligence akan membantu perusahaan dalam mengidentifikasi transaksi-transaksi yang mencurigakan.

Dalam hal ini, AI bisa melakukan analisis data transaksi lalu mengidentifikasi pola-pola transaksi yang tidak biasa dan mencurigakan. Penggunaan teknologi AI dalam hal ini bisa membantu perusahaan untuk menghemat biaya dan juga sumber daya yang dibutuhkan untuk melakukan identifikasi transaksi yang mencurigakan.

5. Keuangan

Teknologi Artificial Intelligence (AI) juga bisa digunakan dalam keuangan perusahaan. AI sendiri bisa membantu dalam menganalisis data pasar maupun memberikan rekomendasi investasi terbaik untuk pelanggan.

Dengan teknologi AI ini, perusahaan yang bergerak dalam bidang keuangan bisa memprediksi pergerakan pasar. Selain itu, juga bisa memberikan solusi investasi yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan profil risiko pelanggan.

6. Pemasaran Produk

Contoh Artificial Intelligence selanjutnya yaitu digunakan dalam pemasaran produk. Teknologi AI sudah sangat umum digunakan dalam pemasaran karena bisa membantu perusahaan mengembangkan strategi pemasaran yang digunakan. Selain itu, AI juga bisa menjadi instrumen yang berguna untuk melakukan eksekusi dari strategi pemasaran tersebut.

Artificial Intelligence dapat mengelompokkan pelanggan berdasarkan ketertarikan ataupun demografi. AI juga bisa membantu dalam menargetkan ads atau iklan berdasarkan sejarah penelusuran di internet. Hal ini tentu bisa memberikan keuntungan bagi perusahaan karena penjualan produk bisa meningkat.

7. Kesehatan

Teknologi AI juga memiliki peran yang sangat banyak di sektor kesehatan. Contohnya seperti AI bisa menganalisis data riwayat kesehatan pasien, gejala yang dialami pasien dan data-data lainnya untuk memberikan rekomendasi diagnosis maupun pengobatan yang tepat bagi pasien.

Selain itu, AI juga bisa digunakan dalam memonitor kondisi pasien. Contohnya yaitu deteksi dini gejala penyakit, peringatan dosis obat dan sebagainya. Dalam hal ini berarti AI bisa membantu meningkatkan efisiensi serta kualitas pelayanan kesehatan.

Itulah informasi tentang contoh Artificial Intelligence dan keuntungannya dalam bisnis. Penerapan Artificial Intelligence (AI) dalam dunia bisnis sangat menguntungkan, salah satu keuntungan yang didapatkan yaitu penjualan produk akan meningkat. Jika penjualan produk meningkat maka keuntungan yang didapatkan perusahaan juga akan ikut meningkat.

Kamu bisa menggunakan Koala+ yang menerapkan Artificial Intelligence (AI) di beberapa fiturnya. Koala+ sudah  menjadi partner bisnis resmi Facebook yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Kamu bisa mengembangkan bisnis menggunakan Koala+.

Salah satu fitur Koala+ yang wajib kamu coba adalah Chatbot. Chatbot milik Koala+ ini akan membantu kamu membalas pesan pelanggan lebih cepat, melalui fitur chat otomatis di Whatsapp Business API. Selain Chatbot, Koala+ juga memiliki beberapa fitur lainnya seperti Broadcast Message, Manajemen Produk & Transaksi dan Live Customer Service.