Apa Itu CRM? Ini Pengertian, Manfaat dan Fitur-Fiturnya

2 April 2023

Sebagai pemilik bisnis, kamu harus tahu apa itu CRM. CRM (customer relationship management) artinya manajemen hubungan pelanggan. Istilah ini berkaitan dengan pengelolaan pelanggan. Perlu diketahui, CRM adalah hal penting yang harus dijaga agar hubungan baik antara perusahaan dengan pelanggan dapat terus terjalin dengan baik.

Sistem CRM merupakan pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin sistem serba cepat, flexibel, dan juga mudah untuk di akses di manapun dan kapanpun. Bagi kamu yang belum mengetahui tentang CRM, simak penjelasannya mulai dari pengertian, manfaat, hingga fitur-fiturnya di bawah ini.

Baca Juga : Mengenal Apa Itu Segmentasi Pasar Secara Lengkap

Pengertian CRM

CRM atau Customer Relationship Management adalah sistem yang mengelola hubungan antara pihak korporasi (perusahaan) dengan pelanggan yang ada di level bisnis. Jadi, bisa memaksimalkan komunikasi serta pemasaran melalui kontak dari user yang berbeda.

Pendekatan jenis ini memungkinkan untuk mempertahankan pelanggan dan memberikan nilai tambahan untuk customer tersebut. CRM sendiri mengkombinasikan proses, kebijakan, dan strategi untuk satu kesatuan yang diimplementasikan di dalam sebuah perusahaan.

Penerapan CRM di perusahaan mempunyai tujuan untuk mengetahui informasi mengenai kebutuhan serta perilaku pelanggan sebanyak mungkin. Kemudian, informasi tersebut dapat digunakan oleh perusahaan untuk merancang layanan pelanggan yang optimal, jadi bisa mempertahankan hubungan pelanggan yang sudah ada.

Manfaat CRM

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika menggunakan CRM untuk kebutuhan bisnis, sebagai berikut:

1. Mendorong Loyalitas Pelanggan

CRM memungkinkan perusahaan untuk memanfaatkan informasi pelanggan, baik dari call center, website, atau juga bisa melalui staff pemasaran produk. Memberikan pelayanan yang terbaik untuk pelanggan sehingga bisa memberikan hasil yang positif untuk peningkatan bisnis kamu.

2. Meningkatkan Efisiensi Operasional Kerja

Dengan adanya CRM ini, bisa untuk memberikan kemudahan di dalam proses penjualan produk serta layanan. Selain itu juga bisa mengurangi tingkat resiko dari turunnya kualitas pelayanan dan beban cash flow.

3. Mengurangi Biaya Produksi

Penjualan produk yang mempunyai skema lebih spesifik dan berfokus untuk menargetkan pelayanan pada pelanggan. Maka, oleh karena itu, biaya yang dikeluarkan akan tercatat serta ditampilkan dengan terperinci.

4. Meningkatkan Time to Market

Penerapan CRM bisa untuk mendapatkan berbagai informasi, misalnya data trend pembelian yang dilakukan oleh pelanggan. Kemudian, juga menentukan waktu yang tepat untuk memasarkan sebuah produk.

5. Mendapatkan Pendapatan dengan Optimal

Dengan menerapkan sistem CRM yang tepat, loyalitas pelanggan akan meningkat, mengurangi biaya, time to market, serta bisa meningkatkan efisiensi kerja. Di semua hal tersebut sangat berpengaruh untuk memberikan profit (keuntungan) untuk pelaku bisnis.

6. Meningkatkan Hubungan dengan Prospek dan Pelanggan

Semua informasi yang lengkap tentang prospek dan juga pelanggan akan di simpan di dalam satu tempat penyimpanan sehingga bisa dengan mudah melacaknya kapan pun informasi tersebut diperlukan. Adanya informasi tersebut bisa membantu kamu untuk memahami kebutuhan pelanggan dengan baik, sehingga bisa memberikan pelayanan yang terbaik.

7. Memudahkan Meninjau Kinerja Tenaga Penjualan

Melalui sistem CRM, kamu bisa dengan mudah untuk memonitor kinerja tim penjualan. Kamu juga bisa mengetahui status di setiap prospek yang ditangani oleh masing-masing salesperson. Sehingga juga bisa membantu peningkatan penjualan pada pelanggan.

8. Personalisasi Email Marketing

Personalisasi masih menjadi salah satu metode pemasaran yang paling efektif. Adanya CRM ini, Kamu bisa membuat serta mengirim email yang berisi promosi, newsletter, serta juga penawaran spesial yang disesuaikan dengan preferensi di setiap klien atau pelanggan. Customer relationship ini mempunyai fitur penting untuk personalisasi email marketing. Hal ini akan membuat perusahaan bisa mengirimkan email setiap hari pada pelanggan untuk meningkatkan penjualan.

Baca Juga : Kenali Apa Itu Shipping Fee dalam Bisnis Secara Lengkap

Fitur-Fitur Utama CRM

Tidak semua sistem CRM mempunyai fitur yang sama. Terdapat beberapa sistem yang menyediakan laporan dengan template yang kaku, akan tetapi lainnya mengizinkan pengguna untuk mengkonfigurasi laporan sesuai dengan preferensi mereka. Di bawah ini beberapa fitur-fitur utama yang ada di CRM

1. Manajemen Prospek

Kamu bisa melihat informasi apapun yang terkait dengan prospek. Misalnya demografis klien, riwayat pertemuan, kebutuhan akan layanan atau produk kamu, dan lain-lain. Kamu juga dapat memfilter data prospek berdasarkan dari berbagai kategori yang ada di sistem.

2. Manajemen Saluran Penjualan

Dengan adanya fitur ini memudahkan kamu untuk melacak status prospek (warm, hot, atau cold) serta menemukan peluang terbaik dengan satu layar. Sistem yang canggih ini memungkinkan untuk menggunakan drag and drop guna memindahkan prospek dari satu tahap ke tahap yang lainnya.

3. Email Marketing

Dengan fitur ini, kamu bisa mengustomisasi campaign dengan menggunakan berbagai template yang ada di sistem (beberapa orang bahkan bisa membuat template sendiri mulai dari awal) serta mengirimnya ke prospek atau pelanggan berdasarkan dengan segmentasinya. Kamu juga dapat memilih untuk menggunakan mass mailing atau mempersonalisasi marketing campaign.

4. Manajemen Tenaga Penjualan

Kamu bisa selalu memantau kinerja tim penjualan, tentang seberapa berhasil penjualan mereka, berapa banyak prospek yang mereka konversi menjadi pelanggan atau klien, serta interaksi mereka dengan pelanggan dan lain-lain.

5. Laporan Mendalam

Sistem CRM dapat membantu Kamu untuk mengambil keputusan yang mendalam bagi bisnis. Melalui laporan analitik yang mendalam, keputusan perusahaan yang tadinya berdasar oleh firasat akan menjadi lebih data-driven.

Itulah penjelasan lengkap mengenai apa itu CRM mulai dari pengertian, manfaat dan fitur-fiturnya. Penting untuk mengimplementasikan sistem CRM ini ke perusahaan yang kamu miliki. Setiap software CRM memiliki kualitas yang berbeda-beda. Kamu harus bisa menemukan software CRM dengan kualitas yang baik dan bagus.

Koala+ hadir dengan fitur Manajemen Produk & Transaksi. Koala+ dilengkapi beberapa fitur yang mendukung bisnis seperti Chatbot, Broadcast Massage, Manajemen Produk & Transaksi serta Live Customer Service. Tertarik mencoba? Daftar Koala+ sekarang juga.