Cara Promosi di Instagram Story dan Kelebihannya

25 Februari 2023

Untuk memaksimalkan penjualan, kamu bisa menerapkan beberapa cara promosi di Instagram Story. Strategi marketing melalui Instagram Story sangat berpotensi menarik lebih banyak audiens. Tertarik mencoba? Yuk simak dan pelajari cara promosi di instagram story dibawah ini.

Cara Promosi di Instagram Story

1. Memanfaatkan Fitur Q&A

Instagram memiliki fitur Q&A yang bisa kamu coba untuk promosi produk. Beberapa tahun belakangan ini, Instagram Story kerap dipenuhi oleh para pengguna instagram yang merayakannya dengan fitur Q&A atau Questions and Answers.

Melalui fitur ini, konsumen bisa mengajukan berbagai pertanyaan pada konsumen ataupun memberikan kesempatan untuk bertanya. Jadi, fitur ini mampu memfasilitasi kamu untuk berinteraksi langsung dengan konsumen.

2. Mengadakan Polling

Polling adalah fitur instagram story yang cukup banyak digunakan oleh pelaku bisnis. Tujuannya untuk mendapatkan feedback dari konsumen tentang bisnismu, entah itu perencanaan maupun evaluasinya.

Bahkan, kamu juga bisa merancang produk berdasarkan polling. Misalnya, dengan membandingkan dua produk yang lebih disukai konsumen. Nah, produk yang mendapatkan persentase tertinggi adalah yang paling disukai konsumen.

Dari sini, kamu bisa menilai seperti apa model yang diinginkan oleh konsumen. Oleh karena itu, mungkin ini akan jadi ide desain produk ke depannya.

Baca Juga : 7 Tips Desain untuk Usaha Jualan Botol Minuman Kekinian

3. Menggunakan Konten yang Menarik

Konten yang menarik sangat diperlukan. Sebab, konten yang terlalu monoton pastinya membuat konsumen lebih cepat bosan. Bahkan menarik saja tidak cukup, kamu harus membuat konten yang memiliki nilai manfaat untuk konsumen supaya mereka suka melihat stories yang dibagikan.

4. Memposting Feeds Terbaru

Sebagian besar pengguna instagram lebih suka melihat story daripada feed. Namun, jangan khawatir, feeds kamu masih tetap berpeluang untuk menjangkau konsumen. Salah satu caranya adalah menampilkan postingan feed tersebut di story kamu. Tujuannya, agar konsumen lebih aware terkait postingan tersebut. Terlebih, kamu menggunakan template feed Instagram yang bagus dan menarik

Pastinya, ini akan membuka peluang yang cukup besar dalam meningkatkan jumlah like dan komentar di postingan. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat konten story yang menarik di instagram antara lain:

  • Menyertakan emoji yang menarik dan relate dengan konten.
  • Membuat caption dengan singkat, jelas, serta mudah dipahami. 
  • Menggunakan berbagai aplikasi foto dan video yang menarik, seperti StoryArt, inShot, dan UnFold.
  • Menggunakan format ukuran dan durasi yang sesuai, contohnya berukuran 1080 x 1920 px.
  • Menyertakan backsound musim yang lagi viral atau menarik.

 

5. Jangan Lupa Keep di Story Highlights

Instagram stories hanya bisa disaksikan 1 x 24 jam saja. Sehingga, tidak mungkin semua konsumen bisa melihatnya. Akan tetapi, kamu tidak perlu karena bisa menyimpan story tersebut di highlights. Tidak perlu semua story, cukup beberapa saja yang sekiranya dibutuhkan konsumen. Misalnya, informasi terbaru, tips penting, tutorial pengguna produk, dan sebagainya.

Keuntungan Promosi di Instagram Story

1. Memiliki Target Iklan yang Spesifik

Jika menggunakan iklan instagram di Instagram story, kamu bisa menargetkan audiens yang spesifik. Ini artinya, pelaku bisnis langsung bisa mengenali targetnya. Cukup mengisi karakteristik target, seperti jenis kelamin, pekerjaan, demografi, usia, hobi, minat, status finansial, dan sebagainya. Dengan mengisi karakteristik inilah, akan membantu instagram untuk menampilkan iklanmu pada audiens target.

Baca Juga : Cara Menentukan Target Pemasaran dalam Berbisnis Online

2. Tersedia Berbagai Format yang Sesuai dengan Kebutuhan Promosi

Jika ingin beriklan di instagram, ada beberapa jenis yang format beriklan di instagram. Kamu bebas menggunakan foto, video, atau justru gabungan keduanya. Apabila, sudah memilih format, kamu bisa langsung menuliskan deskripsi produk untuk iklan semenarik mungkin agar mendatangkan minat dari calon konsumen.

Penting diketahui, cara pemilihan konten serta penulisan deskripsi juga memengaruhi call to actionnya para konsumen. Apabila kamu menggunakan visual yang eye-catching serta deskripsinya padat dan jelas, akan lebih banyak viewer yang tertarik. Bahkan, tak sedikit di antara konsumen tersebut yang ingin mengklik tombol follow, hingga membelinya.

3. Membangun Brand Awareness

Instagram story adalah tempat yang cocok untuk pebisnis yang ingin meningkatkan brand awareness. Terlebih, jika bisnis yang dijalankan tersebut masih tergolong sangat baru dan memerlukan brand awareness tinggi untuk menarik para calon konsumen. Kenapa bisa begitu? Hal ini dikarenakan algoritma instagram bekerja dengan memunculkan iklan pada pengguna yang menjadi target.

4. Meningkatkan Traffic Website

Saat membuat membuat iklan di instagram, kamu wajib menyertakan URL agar mengarahkan viewer ke halaman website. Jangan sampai dilewatkan, sebab ini penting untuk meningkatkan traffic website kamu.

Itulah cara promosi di Instagram Story dan kelebihannya. Penjualan online pastinya akan lebih efektif jika melibatkan semua strategi promosi di atas. Sehingga, kamu bisa tahu seperti apakah model promosi yang lebih disukai oleh konsumen. Memberikan sesuatu yang menjadi kebutuhan konsumen akan mendatangkan traffic lebih besar. Jadi, tak menutup kemungkinan, penjualan bisnis kamu pun akan ikut meningkat juga.

Agar lebih maksimal, kamu bisa bisa menggunakan aplikasi bisnis yang terintegrasi dengan Whatsapp Business API seperti Koala+. Dengan aplikasi ini, kamu bisa sebar promo dengan cepat menggunakan fitur pesan broadcast WhatsApp Business API dan pesan otomatis seperti chatbot. Selain itu, ada fitur Manajemen Produk & Transaksi dan Live Customer Service.

Koala+ juga menyediakan fitur website jualan cocok untuk kamu yang baru memulai jualan online. Adanya website jualan ini bisa membantumu untuk menyediakan katalog produk yang bisa dilihat oleh pengguna. Hanya perlu isi nama toko dan tambah produk, maka langsung dibuat otomatis dan bisa digunakan.