Arti OTP Whatsapp dan Bedanya dengan OTP SMS

23 Februari 2023

Bagi kamu yang baru menggunakan Whatsapp, penting mengetahui arti otp di WA. Seringkali saat memasukkan nomor WhatsApp untuk bisa login ke suatu aplikasi diminta kode OTP WhatsApp. Apakah kamu sering menjumpainya? Jika iya, yuk simak penjelasan mengenai OTP WhatsApp dibawah ini.

Mengenal Arti OTP di WA

Arti OTP di WA adalah One Time Password, sebuah kode yang dikirimkan via WA ke nomor ponsel terdaftar dari pengguna yang sedang mengajukan permintaan OTP. Teknologi ini adalah mekanisme paling populer yang sudah banyak digunakan oleh berbagai perusahaan teknologi di seluruh dunia. Tujuannya, yakni memastikan bahwa permintaan yang masuk tersebut dibuat oleh orang yang benar-benar berwenang.

Lain halnya dengan kata sandi tradisional yang bisa digunakan untuk kapan saja, untuk kode OTP sendiri hanya dapat digunakan untuk satu kali transaksi atau satu kali sesi login saja. OTP juga berfungsi untuk menghindari adanya penyalahgunaan pin atau password yang lemah. Umumnya, pin atau password mungkin bisa ditebak sangat mudah sebab biasanya hanya menggunakan angka dan huruf saja yang mudah diingat.

Tentu, berbeda dengan kode OTP yang justru dibuat oleh sistem dan berupa angka yang random. Jadi, sangat kecil kemungkinan untuk bisa ditebak siapapun. Dengan pengiriman kode OTP yang singkat atau dalam hitungan detik saja, membuat lebih banyak aplikasi menyukai penggunaan kode OTP ini untuk keamanan sebuah akun. Cukup masukkan nomor telepon atau WA, maka kamu akan menerima kode OTP via WA.

Adanya kode OTP tersebut memastikan bahwa orang yang masuk ke akun telah diberi wewenang oleh pemilik akun WhatsApp untuk mengaksesnya. Namun, kadang juga sering muncul kode OTP melalui SMS, apakah beda dengan kode OTP WA? Tentunya OTP WA dan OTP SMS adalah dua hal yang berbeda.

Baca Juga : Cara Membuat Akun WhatsApp Bisnis dan Kelebihannya

Perbedaan OTP WA dengan OTP SMS

Saat ini, hampir setiap transaksi online yang dilakukan memerlukan autentikasi dua langkah, dimana dikirimkan melalui OTP SMS. Jadi, secara tidak langsung OTP juga bertujuan untuk menghindari penipuan. Lalu, apa bedanya dengan OTP WA? Pada dasarnya OTP WA dan OTP SMS memiliki sistem yang sama, tetapi platform distribusi passwordnya berbeda, dimana OTP WA dikirimkan melalui WA.

Namun, ada yang beranggapan bahwa OTP SMS cukup rentan untuk disadap oleh oknum sebab tidak adanya enkripsi pada SMS. Kemudian, OTP SMS kadang suka bergantung pada jaringan operator.

Terlepas dari anggapan tersebut, ada keunggulan dari OTP SMS ditinjau dari penetrasi OTP, kemudahan penggunaan OTP, serta biaya pengadaan OTP itu sendiri. OTP SMS juga tidak memerlukan aplikasi ketiga, sehingga pendaftarannya tidak terlalu rumit dan akan langsung tersedia saat nomor telepon tersebut diaktifkan.

Meskipun begitu, OTP WA juga dikenal sebagai jenis OTP yang menggunakan aplikasi OTT atau over the top. Dinilai juga unggul sebab efisiensi dan keamanannya jauh lebih baik. Selama pengguna terhubung dengan internet, maka pengiriman OTP WA akan berjalan lancar dan konsisten.

Apakah Kode OTP WA Aman?

WhatsApp merupakan teknologi komunikasi yang memanfaatkan enkripsi end to end. Ini artinya WhatsApp sangat kuat dalam mengamankan percakapan antara pengguna yang satu dengan yang lainnya. Jadi, bisa dikatakan kalau mengirimkan kode OTP cukup aman dengan teknologi WA.

Akan tetapi, perlu dicermati bahwa umumnya kasus peretasan terjadi karena human error disebabkan oleh kelalaian pengguna itu sendiri. Misalnya, saat menerima kode OTP bersamaan dengan panggilan masuk oleh orang yang tidak dikenal. Lalu, secara tidak sengaja membagikannya dengan mudah. Akibatnya, terjadilah pembobolan akun dan pencurian data.

Baca Juga : Cara Membuat Konten WA yang Menarik dan Banyak Viewer

Kenapa OTP Bersifat Rahasia?

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghindari kejahatan cyber adalah tidak membagikan kode OTP pada siapapun. Contohnya, saat kamu membuat akun di bank dan mendapatkan kode OTP untuk verifikasi, jangan sesekali membagikannya pada siapapun, termasuk pegawai bank. Ini karena kode OTP bersifat rahasia dan juga merupakan bentuk antisipasi dari keamanan siber.

Kamu juga harus berhati-hati dan teliti saat menerima kode OTP. Sebab, penjahat siber tetap bisa menggunakan berbagai cara untuk melancarkan kejahatannya. Contoh lainnya, ketika ada orang yang menelepon dengan modus mengaku sebagai pegawai bank yang mengurus mobile banking.

Mungkin saja penipu tersebut berusaha menipu korban bahwa kartu ATM kamu sedang disalahgunakan orang lain. Sehingga meminta kode OTP dengan dalih mengamankan akun. Padahal, oknum sedang mencari akses untuk masuk ke akun milik korban.

Apabila kamu menjumpai hal serupa dan tidak sengaja memberikannya, segeralah ubah informasi akun ku seperti username, kata sandi, dan pin agar penipu tak bisa lagi mengaksesnya.

Hal serupa juga sering dialami oleh para pebisnis yang modal bisnisnya lenyap begitu saja. Terlebih, jika WA sudah dibobol maka hancurlah sudah bisnis yang sudah susah payah untuk dibangun. Dengan merahasiakan kode OTP WA, harapannya kamu sudah lebih aware terhadap kode apapun yang masuk dan menjaga kerahasiaannya.

Itulah penjelasan mengenai arti OTP di WA dan bedanya dengan OTP SMS. Selain menjaga kerahasiaan OTP, pelaku bisnis juga wajib memiliki aplikasi bisnis yang sudah terintegrasi dengan WhatsApp Business API seperti Koala+

Koala+ adalah aplikasi yang menawarkan kemudahan bertransaksi dalam satu aplikasi saja tanpa harus pindah aplikasi. Kamu juga bisa dengan mudah mengelola kontak, pesan otomatis, hingga balas chat jadi lebih cepat dengan template chat. Yuk, download Koala+ sekarang agar bisnis semakin berkembang!