Cara Membuat Konten WA yang Menarik dan Banyak Viewer

6 Desember 2022

Pengguna aplikasi WA yang sangat banyak bisa dimanfaatkan untuk membuat konten WA semenarik mungkin untuk menarik banyak viewer. Hal ini tentu sangat membantu kamu yang menggeluti online shop. Konten-konten yang dibuat menarik ternyata cukup efektif untuk menarik banyak viewer dan pelanggan. Jika sudah begini maka peluang untuk mendapatkan keuntungan besar terbuka lebar.

Semakin banyak viewer yang menonton konten tersebut maka semakin banyak pula orang yang tahu produk apa saja yang sejak dijual, bagaimana kualitasnya dan hal-hal lainnya. Bagi kamu yang ingin meningkatkan penjualan produk, disarankan untuk membuat konten di aplikasi WA. Lalu, bagaimana cara membuatnya? Cara membuatnya cukup mudah, dibawah ini akan disebutkan cara membuat konten WA yang menarik dan banyak viewer.

8 Cara Membuat Konten WA yang Menarik dan Banyak Viewer

Sebagai penjual, kamu tidak hanya harus pintar dalam menjual produk tetapi juga harus lebih kreatif dalam membuat konten. Konten yang dibuat bisa untuk berbagai media sosial, seperti Instagram atau WA. Namun, dibawah ini akan dijelaskan cara untuk membuat konten di WA yang menarik.

1. Buat Konten yang Berkualitas

Tidak hanya menarik, konten yang dibuat harus berkualitas. Cara ini harus diperhatikan agar konten yang dihasilkan membuat orang tertarik. Jika membuat konten jangan berfokus pada topik yang dangkal dan tidak berinvestasi dalam pembuatannya. Apabila kamu seperti itu maka jangan harap hasil konten yang dibuat membuat audiens tertarik.

Pembuatan konten yang berkualitas memang tidaklah mudah dan membutuhkan waktu maupun tenaga lebih. Akan tetapi, konten yang dihasilkan akan bekerja dengan lebih baik dan juga dalam jangka panjang.

2. Gunakan Konten Video 

Konten video menjadi salah satu konten yang paling dominan di media sosial dan paling banyak diminati. Oleh karena itu, kamu harus membuat konten berupa video yang menarik dan relevan untuk audiens.

Misalnya jika produk yang kamu jual adalah produk kecantikan, maka audiens merupakan orang-orang yang tertarik dengan dunia kecantikan. Dalam hal ini kamu bisa membuat tutorial make up atau tutorial skincare dari produk yang dijual. Jika hasilnya bagus pasti banyak yang tertarik untuk membelinya.

3. Buatlah Konten Sesuai Tren

Tips agar konten Whatsapp memiliki banyak viewer adalah membuat konten sesuai dengan tren topik yang sedang diperbincangkan di masyarakat. Jadi sebelum membuat konten, kamu harus mengetahui tren apa saja yang sedang menjadi perbincangan. Setelah itu, kamu bisa memilih dan menyesuaikan tren mana yang cocok dengan bisnis yang ditekuni.

Untuk mengetahui tren apa yang sedang diperbincangkan di masyarakat berarti kamu harus melakukan riset terlebih dahulu. Jika membuat konten tanpa melakukan riset maka konten yang dibuat kurang diminati masyarakat.

Baca Juga : Cara Membuat Akun Whatsapp Bisnis dan Kelebihannya

4. Berikan Giveaway

Sudah bukan rahasia lagi jika orang-orang banyak yang menyukai barang gratis. Kesukaan masyarakat ini bisa kamu manfaatkan dengan memberikan hadiah atau giveway pada audiens. Cara ini sudah sangat sering digunakan untuk meningkatkan minat audiens pada produk yang kamu jual. 

5. Buat Konten yang Mengedukasi

Isi konten yang dibuat tidak hanya mendeskripsikan produk yang dijual saja, tetapi kamu juga perlu mengedukasi pelanggan dengan membuat konten yang berisi tentang manfaat produk, keunggulannya dan informasi lainnya.

Konten yang mengedukasi ini akan membuat lebih banyak orang tertarik untuk mengecek produk yang kamu jual. Alasannya karena produk yang dijual memiliki nilai lebih yang akan mereka dapatkan.

5. Sematkan Kata-Kata Promosi

Konten WA yang dibuat tidak hanya dalam bentuk video tetapi juga menggunakan teks atau kata-kata promosi. Dalam teks tersebut, kamu bisa menuliskan promo-promo menarik yang isinya mengajak pelanggan atau ditambahkan studi kasus yang sedang dihadapi pelanggan. Dari kedua hal tersebut kamu bisa memberikan solusi atau jawaban atas masalah yang dihadapi dengan produk yang kamu jual.

6. Berikan Visual yang Menarik dan Sesuai

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk konten WA yang dibuat terlihat lebih menarik untuk jualan. Salah satunya yaitu dengan menambahkan poster menarik tentang produk yang dijual. Mayoritas audiens lebih suka melihat visual dibandingkan dengan membaca teks panjang lebar. Oleh karena itu, sesuaikan hal tersebut dengan kesukaan audiens. Pastikan kamu juga menyesuaikan standar ukuran foto ataupun video WA agar gambarnya tidak terpotong.

Baca Juga : Pengertian dan Cara Kerja Whatsapp API Untuk Usaha

7. Lengkapi dengan Testimoni Pelanggan

Testimoni pelanggan itu sangat penting keberadaannya dan bisa dimanfaatkan untuk membuat konten. Testimoni pelanggan ini menjadi alasan terbesar untuk membeli suatu produk. Jika isi testimoni tersebut positif maka orang menjadi lebih yakin untuk membeli produk kamu.

Semakin banyak testimoni positif dari pelanggan bisa kamu manfaatkan untuk dipasang di status WA. Hal ini tentu akan semakin besar pula kemungkinan orang lain untuk membeli produk yang kamu jual. Jadi, jangan lupa meminta dan menampilkan testimoni pelanggan di konten whatsapp. 

8. Manfaatkan Fitur-Fitur yang Ada di Whatsapp

Whatsapp merupakan aplikasi percakapan yang dilengkapi dengan berbagai fitur menarik. Fitur-fitur yang dimiliki bisa dimanfaatkan untuk membuat konten. Agar konten yang dihasilkan lebih menarik, kamu bisa memanfaatkan keberadaan fitur-fitur tersebut. Adapun fitur-fitur yang bisa digunakan adalah filter, stiker, memotong video secara langsung dan sebagainya.

Nah itulah informasi tentang cara membuat konten WA yang menarik dan banyak viewer. Sebagai pemilik toko online kamu harus memanfaatkan keberadaan media sosial dengan baik. Terlebih lagi media sosial seperti WA bisa digunakan secara gratis. Fitur status di WA bisa dimanfaatkan untuk memposting konten yang isinya tentang produk yang kamu jual.

Agar hasilnya lebih maksimal, disarankan untuk menggunakan aplikasi Koala+. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur Broadcast Message. Dimana fitur ini bisa digunakan untuk menyebarkan promosi toko atau produk kamu melalui pesan broadcast Whatsapp Businnes API. Semoga bermanfaat ya!