Elemen dan Contoh Bisnis Model Canvas Minuman

4 Februari 2023

Bagi kamu yang ingin memulai bisnis minuman, penting mengetahui contoh bisnis model canvas minuman. Selain itu, kamu harus mengetahui elemen-elemennya agar bisnis minuman bisa berjalan lancar. Berikut ini elemen dan contoh bisnis model canvas minuman yang wajib diketahui.

Baca Juga: Cara Membuat Iklan Produk yang Menarik dan Contohnya

Elemen Bisnis Model Canvas Minuman

 

1. Customer Segment

Kamu harus menentukan target pemasaran untuk bisnis minuman yang akan dibuat. Target konsumen harus sudah ditetapkan sejak awal sebelum memulai bisnis. Caranya yaitu dengan mengelompokkan konsumen ke beberapa kriteria, seperti jenis kelamin, usia, minat, kebiasaan, dll.

Membuat segmen calon konsumen sangat penting untuk mengetahui siapa saja yang akan membeli produk minuman yang kamu jual. Ada tiga hal utama yang bisa menjadi bahan pertimbangan dalam memutuskan calon konsumen, yaitu customer gain, customer job, dan customer pain.

2. Value Proposition

Elemen dan contoh bisnis model canvas minuman yang kedua adalah value proposition. Jenis elemen ini membahas tentang poin-poin keunggulan yang dimiliki produk sebagai kekuatan bisnis. Tuliskan apa saja kelebihan dari produk minuman yang kamu buat dan tidak dimiliki kompetitor lain.

Dalam membuat value proposition, kamu juga harus mempertimbangkan target konsumen yang ingin dituju. Pertimbangkan apa manfaat yang diterima oleh konsumen jika membeli produk tersebut, keunggulan produk yang kamu buat, serta alasan kenapa konsumen harus memilih produk milikmu.

3. Channels

Channels merupakan sebuah wadah dimana setiap konsumen bisa berinteraksi dengan produk bisnis minuman yang kamu buat. Jika memiliki saluran bisnis sendiri, orang-orang akan lebih mudah mencari informasi terkait produk tersebut.

Saluran bisnis minuman bisa dibuat dalam bentuk website toko online, media sosial, atau marketplace. Pastikan juga bahwa channel bisnis yang kamu buat bisa memberikan informasi katalog produk secara lengkap. Dengan begitu, maka mereka bisa mengetahui apa saja value proposition yang ditawarkan.

4. Customer Relationship

Dalam menjalankan bisnis, kamu harus bisa menjaga hubungan baik dengan konsumen. Selain harus bisa mengambil hati konsumen untuk mencoba produk, kamu juga harus bisa menjadikan mereka sebagai konsumen setia yang akan datang lagi jika membutuhkan produk serupa.

Elemen dan contoh bisnis model canvas minuman dalam rangka menjalin hubungan dengan konsumen bisa dilakukan melalui beberapa cara. Mulai dari mengadakan diskon di hari spesial, mengadakan giveaway, memberikan bonus untuk pembelian dalam jumlah banyak, dll.

5. Key Resource

Pada bisnis model canvas, key resource adalah daftar sumber daya yang akan mewujudkan value proposition produk bisnis. Maksud dari sumber daya tersebut adalah sesuatu yang sebaiknya dimiliki oleh pelaku bisnis supaya nantinya aktivitas bisnis dapat berjalan lancar.

Sumber daya tersebut dapat berupa manusia, mesin pendukung, tempat menjalankan bisnis, pengelolaan bahan baku, hak cipta, ketersediaan stok barang, merek, saldo tunai, dll. Pastikan kamu sudah merencanakan sumber daya tersebut secara matang.

6. Key Activities

Key activities dalam bisnis model canvas adalah jabaran mengenai apa saja aktivitas yang dilakukan selama berjalannya bisnis minuman tersebut. Aktivitas yang dilakukan harus selalu berkaitan dengan value proposition untuk meningkatkan nilai keunggulan produk.

7. Key Partnership

Sesuai namanya, elemen dan contoh bisnis model canvas minuman ini berkaitan dengan kerja sama. Jika ada sumber daya yang tidak bisa kamu miliki sendiri, maka kamu bisa mendapatkannya dari pihak lain. Contoh dari pihak lain tersebut adalah pemasok bahan baku, mitra bisnis, dll.

Sebagai contoh, kamu menjalankan bisnis minuman boba, maka kamu membutuhkan kerja sama dengan pemasok terdekat yang menjual bahan-bahan pendukung, seperti boba. Dalam hal ini, pastikan untuk memilih supplier yang tepat supaya kualitas bahan selalu terjaga.

8. Revenue Stream

Revenue stream dalam bisnis model canvas adalah sumber pendapatan bisnis yang didapatkan dari hasil menjual produk minuman ke pelanggan. Elemen ini harus mendapatkan perhatian khusus dalam mengelolanya supaya pendapatan bisnis bisa terus meningkat.

9. Cost Structure

Elemen terakhir dari bisnis model canvas adalah cost structure dimana kamu harus memetakan apa saja biaya yang dikeluarkan untuk menjalankan kegiatan bisnis minuman tersebut. Apakah sudah sesuai dengan value proposition yang diharapkan sejak awal?

Baca Juga: Contoh dan Manfaat Studi Kelayakan Bisnis Untuk Pemula

Contoh Bisnis Model Canvas Minuman

Perlu dipahami bahwa bisnis model canvas bisa dipraktikkan ke semua bidang usaha. Banyak pengusaha yang sudah sukses menerapkan model bisnis ini, termasuk pada pengusaha bisnis minuman. Salah satunya adalah pelaku bisnis yang menjual minuman boba.

Belakangan ini, boba menjadi minuman viral yang disukai masyarakat Indonesia. Menerapkan bisnis model canvas pada bisnis minuman seperti ini merupakan ide yang sangat bagus. Kamu harus membuat value proposition agar usaha minuman boba milikmu lebih unggul dibanding kompetitor.

Inovasi yang bisa dilakukan dalam rangka menonjolkan keunggulan produk diantaranya adalah menyusun daftar menu yang kreatif, membuat packaging yang memorable, dan mencari lokasi paling strategis untuk berjualan. 

Contoh bisnis model canvas minuman pada elemen customer relationship adalah kamu perlu menarik hati pelanggan supaya mereka mau menjadi konsumen loyal. Caranya bisa dengan memberikan promo pada saat grand opening, diskon di hari-hari besar, atau promosi menarik lainnya.

Dalam hal key partnership, kamu bisa bekerjasama dengan pihak distributor atau pemasok bahan-bahan minuman, misalnya boba. Pilih pemasok boba yang terpercaya dan produknya berkualitas agar cita rasa minuman yang kamu jual juga tetap lezat.

Itu dia penjelasan tentang elemen dan contoh bisnis model canvas minuman yang harus dipahami pebisnis pemula. Menjalankan bisnis minuman akan lebih mudah jika kamu memiliki satu platform tersendiri untuk mengelolanya. Dalam hal ini direkomendasikan untuk menggunakan aplikasi Koala Resto.

Koala Resto merupakan aplikasi yang akan membantu para pengusaha dalam mengelola bisnis kuliner dan minuman. Pada aplikasi ini, tersedia banyak fitur canggih untuk atur transaksi, keyboard jualan, template chat, website jualan, dan kontak pelanggan.

Download aplikasi Koala Resto sekarang juga agar pengelolaan bisnis minuman yang kamu jalankan bisa lebih praktis. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu akan lebih mudah dalam mengelola semua aktivitas bisnis hanya dalam satu aplikasi, sehingga tidak perlu repot dan ribet berpindah aplikasi.