Contoh dan Manfaat Studi Kelayakan Bisnis Untuk Pemula

6 Desember 2022

Penting bagi pebisnis pemula untuk mengetahui manfaat dan contoh studi kelayakan bisnis. Pasalnya, studi ini akan sangat membantu pebisnis untuk bisa memulai usaha dengan cara yang baik dan benar. Studi kelayakan bisnis yang nanti bisa memberikan gambaran serta arahan langkah apa saja yang harus diambil dan dilakukan untuk memulai sebuah bisnis.

Pengertian Studi Kelayakan Bisnis

Sebelum membahas contoh studi kelayakan bisnis, pahami dulu pengertiannya. Pada dasarnya, studi kelayakan bisnis juga biasa disebut dengan istilah feasibility study yang  merupakan salah satu dasar yang penting untuk orang yang sedang akan memulai bisnisnya. Langkah awal dalam membangun sebuah bisnis sangat penting dalam menentukan keberlangsungan usaha itu sendiri kedepannya.

Secara sederhana, studi kelayakan bisnis ini menjadi studi yang dilakukan seseorang agar bisa menentukan apa sebuah ide dan rencana usaha tersebut layak untuk dijalankan atau sebaliknya. Melakukan studi kelayakan ini juga nanti bisa menguatkan proses pengambilan keputusan terkait ide usaha atau proyek apakah bisa dilanjutkan atau masih perlu dikaji ulang.

Adanya kegiatan studi kelayakan bisnis ini juga dapat membantu pelaku bisnis untuk lebih mendalami, melakukan analisa, serta mempelajari apa suatu bisnis terkait layak dijalankan dimana tujuan dari usaha itu sendiri adalah mendapatkan laba secara maksimal.

Kegiatan ini memang perlu dilakukan untuk pengusaha terutama yang masih pemula sehingga bisa menentukan keputusan yang tepat dan terbaik untuk masa depan bisnis itu sendiri. Dari studi kelayakan ini juga, pengusaha dapat meminimalisir atau menghindari resiko kerugian yang bisa terjadi kapan saja ketika usaha sudah mulai berjalan.

Jika melihat dari penjelasan di atas, studi kelayakan bisnis adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengidentifikasi semua masalah, hambatan, menentukan tujuan, melihat peluang usaha, visualisasi kondisi, penilaian rancangan biaya, lalu mencari tahu manfaat dari bisnis itu sendiri.

Dengan melakukan studi kelayakan bisnis ini, jika nanti ada kendala dalam menjalankan bisnis, pengusaha akan mudah mendapatkan alternatif solusi yang terbaik. Bagi calon pengusaha, studi satu ini akan sangat membantu dalam pengambilan keputusan, perlu dilakukan pada awal perencanaan untuk mencegah kerugian.

Baca Juga: Dasar-dasar untuk Menentukan Harga Jual Sebuah Produk

Manfaat Studi Kelayakan Bisnis

Dengan melakukan studi kelayakan bisnis, ada banyak manfaat yang bisa diperoleh. Baik untuk investor, manajemen perusahaan, hingga masyarakat. Inilah manfaat tersebut:

1. Manfaat untuk Manajemen Perusahaan

Dengan kegiatan seperti ini manajemen perusahaan bisa mengetahui kapasitas serta kemampuan dalam kegiatan produksi. Tak hanya itu saja perkiraan biaya yang dibutuhkan dalam sebuah bisnis juga dapat diperkirakan dengan lebih rinci. Segala hal terkait sumber pendanaan juga ada di dalam kegiatan studi bisnis ini.

2. Untuk Pihak Investor

Bagi investor, studi ini juga memberikan manfaat tersendiri. Studi kelayakan bisnis ini membantu para investor dalam menganalisa perusahaan yang terlibat. Jadi investor bisa mengetahui segala aspek perihal keuntungan dan jaminan modal yang telah disuntikkan ke perusahaan terkait.

3. Pihak Pemerintah dan Masyarakat

Perusahaan diwajibkan untuk memperhatikan kebijakan yang sudah ditentukan dan ditetapkan pemerintah. Hal ini demi kepentingan bersama agar perusahaan bisa beroperasi dengan baik dan tidak menimbulkan kerugian. Studi ini juga membantu perusahaan bisa bermanfaat dan memberikan bantuan kepada warga sekitar. Kesejahteraan pun dapat meningkat yang secara tidak langsung membantu pihak pemerintah dan masyarakat.

Baca Juga: Pengertian dan Tips Agar Strategi Preorder Bisa Sukses

Contoh Studi Kelayakan Bisnis

Agar bisa lebih memahami pentingnya studi kelayakan bisnis, ada beberapa contoh yang bisa kamu simak. Setiap usaha yang ada di tengah masyarakat memang sangat disarankan untuk tidak melewati tahap studi ini supaya bisa lebih mudah dalam menjalankan dan mengelolanya. Kesalahan dalam mengambil keputusan serta kerugian yang mungkin terjadi bisa lebih diminimalisir. Inilah berbagai contoh tersebut:

1. Contoh Studi Kelayakan Bisnis Minuman Viral

Bisnis minuman viral belakangan ini semakin banyak. Peminatnya memang cukup ramai karena minuman kekinian memiliki ragam rasa yang nikmat dan menarik. Namun salah satu usaha minuman yang banyak dijumpai adalah kopi. Sebelum menjadi pelaku bisnis minuman kopi, pastikan dulu aspek lingkungan sekitar. Jadi pastikan mencari lingkungan yang memang cocok untuk dijadikan tempat membuka usaha minuman viral khususnya kopi.

Perhatikan dan tentukan siapa target pasarnya, sebab hak itu untuk menentukan langkah selanjutnya yaitu memilih strategi apa yang akan dilakukan. Strategi marketing ini merupakan salah satu hal yang perlu dikaji dengan teliti karena memiliki banyak aspek yang mempengaruhi. Paling utama adalah target pasar, hal ini untuk membuat strategi yang tepat.

2. Contoh Studi Kelayakan Bisnis Properti

Jika dibandingkan dengan bisnis minuman, usaha properti ini memiliki target pemasaran yang lebih luas. Hal ini dikarenakan properti merupakan salah satu kebutuhan primer setiap orang. Pelaku bisnis harus mengecek semua aspek dalam studi ini. Hal yang perlu dilihat adalah lokasi yang tepat untuk melakukan pembangunan.

Pengusaha properti perlu melakukan survey dimana sekiranya tempat yang cocok untuk dijadikan lahan bisnis properti. Apakah lokasi yang ditentukan berpotensi dicari calon konsumen atau belum. Serta tentukan juga target marketnya untuk lebih maksimal dalam promosinya.

Selain itu, perlu juga mengecek atau memperhatikan status tanah yang akan dijadikan lahan bisnis. Apakah tanah tersebut aman dan tidak bermasalah terutama untuk dokumennya. Cari informasi sedini mungkin agar tidak terjadi masalah kedepannya.

3. Contoh Studi Kelayakan Bisnis Baju

Bagi yang tertarik untuk memulai bisnis pakaian atau baju, cobalah melakukan studi kelayakan dulu. Tentukan, jenis baju apa yang ingin dijual. Catat semua ide yang ada lalu tentukan juga target market nya siapa. Pelajari juga jenis, warna, serta bahan pakaian seperti apa yang ingin dijual. Pastikan menguasai material pakaian dengan baik agar mudah melayani konsumen.

Itulah berbagai manfaat dan contoh studi kelayakan bisnis yang bisa kamu simak. Dengan berbekal studi yang akurat, kamu bisa mulai menjalankan bisnis dengan lebih lancar. Jangan lupa juga pastikan kamu mengelola transaksi bisnismu dengan baik. Tidak perlu khawatir, saat ini hadir aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengelola transaksi, balas chat, cek ongkir tanpa harus pindah aplikasi. Apa itu?

Namanya aplikasi Koala+ yang sudah terintegrasi dengan WhatsApp Business API sehingga transaksi bisnis bisa kamu lakukan dengan mudah dalam satu dashboard. Ada juga website jualan yang bantu kamu jualan online dan kontak pelanggan untuk menyimpan kontak para pelanggan setia.