Pengertian dan Tips Agar Strategi Preorder Bisa Sukses

10 November 2022

Preorder merupakan salah satu jenis metode transaksi yang sering ditemui dalam proses jual beli. Dengan adanya metode tersebut, proses transaksi jual beli bisa berhasil pada saat produk rilis ke pasaran. Beberapa perusahaan besar selalu menggunakan metode tersebut untuk meningkatkan penjualan produknya dan menarik perhatian para calon pembeli lainnya.

Misalnya saja Apple. Perusahaan teknologi raksasa ini menggunakan sistem tersebut untuk setiap penjualan produk baru mereka. Setiap kali Apple merilis produk terbaru, mereka akan menggunakan strategi tersebut untuk memancing pasar dengan produk mereka. Strategi yang dilakukan Apple selalu berhasil menarik perhatian para pelanggan mereka untuk langsung melakukan transaksi pembelian sehingga penjualan mereka untuk produk-produk terbaru yang dirilis selalu naik setiap tahunnya.

Metode ini adalah metode yang sangat cocok untuk beberapa jenis usaha tertentu. Kamu juga bisa menerapkan metode tersebut untuk penjualan produk-produk usahamu. Simak lebih lengkap detail penjelasan dan strateginya di artikel berikut ini.

Pengertian Preorder

Preorder adalah sebuah aktivitas membeli produk yang belum dirilis atau belum dijual di pasaran secara bebas. Metode ini membuat para pembeli membayar total terlebih dahulu atau membayar deposit sebelum produknya sampai di tangan mereka. Jadi strategi ini cukup efektif untuk menjamin pelanggan pasti mendapatkan produk mereka saat rilis nantinya.

Metode ini juga cukup efektif di mata usaha karena mereka bisa memperkirakan berapa banyak calon pembeli yang mau melakukan transaksi dan sebagai data apakah pelanggan tertarik dengan produk tersebut atau tidak. Jaminan produk akan langsung didapatkan oleh pelanggan saat rilis juga jaminan yang cukup bagus terutama jika produk tersebut adalah jenis produk yang memiliki banyak peminat dan mungkin bisa langsung terjual habis. Jika pembeli tidak ingin berebut saat membelinya, ada baiknya mereka melakukan preorder terhadap produk tersebut.

Baca Juga: Contoh Kata-Kata Jualan Baju untuk Olshop

Manfaat Preorder

Preorder juga memiliki banyak manfaat baik untuk usaha maupun untuk pelanggan. Semua manfaat metode ini bisa memberikan keuntungan untuk kedua pihak tersebut. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya.

  1. Meningkatkan Penjualan
    Manfaat yang paling bisa dirasakan dari metode ini adalah meningkatnya penjualan. Kamu juga bisa meningkatkan penawaran produkmu kepada para calon pembeli tanpa harus khawatir dengan pengelolaan stok barang di usahamu. Karena dengan menggunakan metode tersebut, barang yang baru dirilis akan langsung dikirimkan kepada pelanggan. Jadi stok barang tidak akan memakan banyak tempat dalam inventori.
     
  2. Memperkirakan Produk yang Paling Diminati
    Preorder juga merupakan metode yang sangat tepat untuk membaca apa yang paling disukai oleh pelanggan usahamu. Dibandingkan memiliki stok barang yang sangat banyak, kamu bisa menerapkan metode ini untuk melihat bagaimana reaksi pasar terhadap produk tersebut. Jika pasar merasa kurang berminat, kamu tidak perlu membuat terlalu banyak stok. Jadi kamu juga tidak menghabiskan uang untuk produk tersebut.
     
  3. Meningkatkan SEO
    Dengan melakukan metode ini, website akan mendapatkan lebih banyak pengunjung daripada sebelumnya. Ini cara yang baik untuk meningkatkan trafik website usahamu. Semakin banyak pengunjung berarti semakin banyak calon pembeli yang mengetahui produkmu. Secara tidak langsung, akan semakin banyak juga yang mengenali produkmu.

 

Kerugian Preorder

Selain manfaat, metode transaksi ini juga memiliki kerugian tersendiri. Berikut ini adalah beberapa kerugiannya.

  1. Produksi Terbatas
    Kelangkaan produk dan preorder biasanya terjadi secara beriringan. Jadi kamu hanya memiliki waktu terbatas untuk melakukan pemesanan produk dan menjualnya. Jika kamu memesan dalam jumlah yang tidak sesuai, hal tersebut akan bermasalah.
     
  2. Bergantung Pada Manufaktur
    Melakukan metode ini akan sangat bergantung pada manufaktur. Jika kamu memiliki manufaktur yang kurang bisa diandalkan, kamu akan mendapatkan masalah. Misalnya jika proses manufaktur berlangsung lebih lama dan mengalami kerusakan. Maka dari itu kamu perlu memilih manufaktur yang tepat untuk usahamu jika menjalankan metode ini.

 

Baca Juga: Jenis dan Contoh Pembukuan Olshop Sederhana untuk Pemula

Tips Agar Strategi Preorder Bisa Sukses

Preorder membutuhkan strategi yang tepat agar bisa sukses dilaksanakan. Dengan strategi yang terarah dan tepat, kamu bisa menggunakan metode ini untuk meningkatkan penjualan produkmu. Selain itu, metode ini juga bisa memberikan banyak keuntungan untuk usahamu selama dilakukan dengan tepat. Berikut ini adalah strategi yang bisa kamu ikuti.

  1. Pemasaran
    Meningkatkan pemasaran adalah strategi penting dalam setiap penjualan. Kamu akan memerlukan strategi pemasaran yang tepat agar metode ini bisa berhasil dilakukan oleh usahamu. Proses pemasaran juga perlu dilakukan tidak hanya sebelum rilis produk, tapi juga saat rilis produk hingga setelahnya. Masa tersebut adalah masa yang kritis untuk penjualan, jadi pemasaran harus dilakukan secara maksimal.

    Selama masa pemasaran tersebut juga penting sekali untuk melakukan riset terhadap pasar usahamu. Kamu bisa menganalisis mana produk yang paling diminati dan mana yang tidak. Kamu bisa menggunakan banyak saluran untuk pemasaran produkmu untuk menilai mana saluran yang paling efektif dalam pemasaran produkmu.

    Tidak hanya itu saja, pastikan selama pemasaran kamu menyajikan visual yang tepat untuk produk yang akan kamu rilis. Misalnya memberikan deskripsi produk yang jelas, foto yang memiliki kualitas tinggi, video yang mempromosikan kegunaan produk dengan baik, dan lainnya. Detail tersebut akan membantu menarik perhatian calon pembeli selama pemasaran dan merasa perlu mengikuti preorder saat itu juga.
     
  2. Komunikasi
    Penting sekali untuk terus berkomunikasi kepada pembeli tentang produk saat kamu membuka metode preorder. Ini untuk transparansi dan kejelasan kapan produk akan rilis dan bagaimana status produk yang mereka pesan. Kamu bisa menginformasikan kapan produk akan rilis dan kapan produk dikirimkan. Serta jika ada kendala keterlambatan, kamu juga bisa memberikan informasi tersebut lewat komunikasi yang tepat kepada pelanggan.

    Komunikasi yang erat sangat diperlukan agar bisa menjalin kepercayaan dengan pelanggan. Dengan pelanggan yang memiliki kepercayaan lengkap, mereka juga akan dengan mudah menjadi pelanggan tetap yang menguntungkan untuk usahamu. Jadi nantinya jika kamu merilis produk baru, mereka bisa tetap percaya dan menjadi pelanggan tetap untuk usahamu.
     
  3. Strategi Pengaturan Harga
    Memainkan harga bisa menjadi salah satu strategi sukses metode ini. Kamu bisa mengelola harga yang paling menarik di mata pelanggan saat melakukan metode ini untuk transaksi penjualanmu. Strategi harga selalu bisa diterapkan dalam setiap penjualan. Begitu juga untuk metode transaksi lainnya. Selain menarik perhatian pelanggan, ini juga bisa menjadi cara meningkatkan minat para calon pembeli.


Setelah memahami tentang preorder, kamu bisa menjalankan metode ini untuk usahamu. Pastikan produk yang kamu jual adalah produk yang spesial dan bermanfaat bagi pelanggan. Karena metode ini sangat sesuai dengan produk yang khusus dan jarang dimiliki oleh banyak orang. Selanjutnya agar pengelolaan usahamu menjadi lebih lancar, kamu bisa menggunakan KoalaApp. Dengan fitur template chat, kamu bisa memberikan informasi penting kepada pelanggan setiap saat. Yuk, cek KoalaApp sekarang.