Cek Ongkir Paxel Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

8 Desember 2022

Cara cek ongkir Paxel sebenarnya cukup mudah dan bisa kamu lakukan melalui ponsel atau website. Paxel sendiri merupakan salah satu jasa ekspedisi populer yang ada di Indonesia. Ekspedisi ini mengedepankan teknologi untuk mendukung pengiriman barang. Selain itu, juga memiliki tarif yang flat.

Tarif atau ongkir yang dikenakan berdasarkan ukuran paket, asal dan tujuannya. Cara cek ongkir Paxel same day ataupun instan bisa dilihat secara online. Jika ingin menggunakan jasa ekspedisi juga cukup mudah karena kamu bisa memesannya secara online dan dijemput langsung oleh kurirnya. Inilah informasi lengkap tentang Paxel, mulai dari layanan, kelebihan, kekurangan dan cara cek ongkirnya.

Layanan Jasa Ekspedisi Paxel

1. Layanan Pengiriman Same Day

Layanan Paxel yang pertama adalah layanan pengiriman Same Day dalam kota dan luar kota. Tarif ongkir layanan ini flat hingga berat 5 kg di aplikasi Paxel. Paxel sendiri melayani pengiriman Sameday antar kota dengan jangkauan mulai dari Sumatera, Jawa, Bali dan Sulawesi.

2. Layanan Pengiriman Instan

Layanan pengiriman Instan bekerja sama dengan GoSend. Dimana layanan ini tersedia pada aplikasi Paxel dengan estimasi waktu pengiriman hanya 2 jam saja (S&K Berlaku). Berat paket yang bisa dikirim melalui layanan ini mencapai 20 Kg dengan maksimum jarak pengiriman 40 km dari titik pengirim ke penerima paket.

3. Layanan Pengiriman Next Day

Layanan ini hampir sama dengan layanan same day delivery karena sama-sama menjangkau antar kota. Namun, perbedaannya terletak pada estimasi waktu sampainya paket. Untuk layanan next day, estimasi waktu pengiriman lebih dari satu hari. Layanan ini bisa kamu gunakan melalui aplikasi Paxel pada menu Nextday.

4. Layanan Pengiriman Reguler

Selanjutnya adalah layanan pengiriman reguler atau Regular Delivery. Estimasi waktu pengiriman layanan ini adalah sekitar 2-3 hari. Kirim paket melalui layanan reguler juga bisa dilakukan melalui aplikasi Paxel pada menu “Reguler”.

5. Layanan Pengiriman Frozen

Kamu bisa mengirim Frozen Food dengan aman sampai tujuan menggunakan layanan pengiriman Frozen dari Paxel. Layanan pengiriman ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendingin saat proses pengiriman barang. Fasilitas pendinginan tersebut seperti Motor Box Freezer, Freezer atau Chiller dan Cold Truck.

6. Layanan Pengiriman Paxel Big

Layanan pengiriman ini bisa kamu manfaatkan untuk mengirim paket atau barang dalam jumlah besar ke dalam dan luar kota. Layanan ini berkolaborasi dengan Blue Bird Group dengan jangkauan area meliputi Jabodetabek, Solo, Semarang, Yogyakarta, Malang, Surabaya dan Denpasar.

Baca Juga: Pentingnya Invoice Pembayaran untuk Transaksi UMKM

Kelebihan Jasa Ekspedisi Paxel

Hadirnya jasa ekspedisi Paxel mendapatkan sambutan positif dari masyarakat. Hal ini dikarenakan paxel menawarkan banyak kemudahan untuk para penggunanya dalam mengirim barang dengan harga yang sangat terjangkau. Selain itu, Paxel juga memiliki banyak kelebihan, seperti:

1. Pengiriman Cepat

Kelebihan utama Paxel adalah waktu sampai barang hingga ke penerima sangat cepat, terutama jika menggunakan layanan same day. Barang atau paket akan sampai dalam hitungan jam saja sehingga bisa diandalkan kapan saja.

2. Ongkir Murah

Meski sudah mengedepankan teknologi dalam layanannya, tarif ongkir yang dikenakan sangat terjangkau. Ada tarif flat untuk barang dengan bobot dibawah 5 kg. Pengiriman barang di area Jabodetabek biaya pengirimannya hanya Rp 18.000 saja dan estimasi waktu pengiriman hanya satu hari.

3. Ada Asuransi Kiriman

Paxel juga memberikan asuransi untuk penggunanya. Dimana asuransi yang diberikan cukup besar mencapai Rp 10.000.000. Asuransi ini bisa diklaim jika paket atau barang kamu mengalami kerusakan atau hilang. Selain itu, jika paket terlambat sampai ke penerima bisa diganti biaya ongkirnya.

Kekurangan Jasa Ekspedisi Paxel

Selain memiliki kelebihan, Pixel juga memiliki beberapa kekurangan. Adapun beberapa kekurangan Paxel adalah sebagai berikut:

1. Area Jangkauan Kurang Luas

Kekurangan Paxel yang pertama adalah area jangkauannya kurang luas. Saat ini Paxel baru hadir di kota-kota besar saja seperti Jakarta, Bogor, Depot, Tangerang, Bekasi, Solo, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Denpasar dan Makassar. Jadi untuk kota lain atau daerah terpencil belum bisa menggunakan ekspedisi ini.

2. Kurang Bekerjasama dengan Marketplace Online

Hingga saat ini Paxel kurang banyak menjalin kerjasama dengan marketplace online di Indonesia. Hal ini menyebabkan belanja online yang kamu lakukan tidak bisa menggunakan jasa pengiriman ini.

Baca Juga: Dasar-Dasar untuk Menentukan Harga Jual Sebuah Produk

Cara Cek Ongkir Paxel

Cara cek ongkir Paxel bisa dilakukan lewat 2 cara, yaitu menggunakan ponsel dan website. Berikut ulasan lengkapnya:

1. Cara Cek Ongkir Paxel di HP

  • Pertama, buka aplikasi Paxel yang ada di perangkat Android atau iPhone kamu.
  • Pilih fitur “More” atau “Lainnya”.
  • Pilih fitur “Check Rates” di bagian pojok kanan bawah.
  • Masukkan detail lokasi tujuan pengiriman yang muncul. Lalu masukkan juga lokasi penjemputan barang.
  • Masukkan ukuran paket yang akan dikirim. Dalam hal ini ada empat pilihan yang tersedia, yaitu Small, Medium, Large serta Custom.
  • Checklist captcha yang ada di bagian bawah hingga muncul centang hijau.
  • Klik fitur “Dapatkan Estimasi Biaya” dan tunggu proses berjalan.
  • Selanjutnya kamu bisa melihat estimasi ongkir paket kamu di Paxel.

2. Cara Cek Ongkir Paxel di Website

  • Pertama, buka situs Paxel di https://paxel.co/id#check-rates.
  • Jika sudah lanjutkan dengan memasukkan lokasi penjemputan barang.
  • Masukkan lokasi tujuan pengiriman barang.
  • Pilih ukuran barang dengan pilihan Small, Medium, Large serta Custom.
  • Checklist captcha yang muncul lalu pilihlah gambar sesuai dengan perintah untuk membuktikan jika kamu bukan robot.
  • Klik fitur “Dapatkan Estimasi Biaya”.
  • Proses selesai dan kamu bisa mendapatkan estimasi biaya pengiriman.

Nah itulah informasi tentang cara cek ongkir Paxel beserta kelebihan dan kekurangannya. Untuk pengelolaan dan mengatur transaksi bisnis yang lebih praktis, kamu bisa menggunakan Koala. Terdapat fitur Atur Transaksi yang bisa kamu gunakan agar pembukuan jualan bisa lebih lengkap dan rinci. Semua transaksi akan tampil dan akan update secara otomatis sehingga tidak ada satu transaksi pun yang akan terlewat.

Selain itu, masih ada fitur lainnya yang bisa mempermudah pengelolaan usaha. Mulai dari jawab pertanyaan pelanggan, atur kontak pelanggan, hingga cek ongkos kirim tanpa harus berpindah aplikasi. Jadi tunggu apalagi? Yuk, gunakan Koala sekarang juga agar usaha bisa dikelola dengan lebih praktis dan mudah!