Pengertian Kartu Member, Fungsi, dan Manfaat untuk Usaha

21 Juni 2023

Banyak perusahaan yang menggunakan member card atau kartu member untuk meningkatkan penjualan. Perusahaan-perusahaan seperti perusahaan retail, restoran, salon, pusat kebugaran dan sebagainya seringkali memberikan potongan harga kepada pemegang member card ketika melakukan transaksi atau berbelanja.

Biasanya perusahaan akan menawarkan pembuatan member card kepada pembeli atau pelanggan. Ada perusahaan yang mengenakan biaya administrasi maupun tidak dalam pembuatan member card. Member card sendiri berisi identitas pemilik kartu tersebut.

Apa Itu Kartu Member?

Pengertian kartu member adalah kartu berlangganan yang disediakan oleh suatu perusahaan untuk bisa dimiliki oleh pembeli atau pelanggannya sehingga bisa memiliki kesempatan untuk mendapatkan potongan harga (harga diskon) dari harga produk atau beberapa pelayanan yang diberikan oleh suatu perusahaan.

Adapun beberapa tujuan diterbitkannya kartu ini adalah untuk membangun kesetiaan para pelanggan, agar pelanggan merasa diistimewakan sehingga sering melakukan pembelian, untuk menarik pelanggan dengan memberikan diskon, promo khusus serta layanan khusus yang ditawarkan oleh perusahaan.

Jenis-Jenis Kartu Member

Berdasarkan bahan pembuatannya, member card dibagi menjadi tiga jenis, antara lain:

1. Kartu Member Press

Jenis kartu ini terbuat dari bahan baku berupa plastik PVC dengan ketebalan 0.76mm. Sedangkan untuk ukuran kartunya adalah 85mm x 53mm. Jenis kartu ini disebut sebagai kartu member press karena dibuat menggunakan mesin digital printing dan juga mesin press.

2. Kartu Member Metalik

Bahan pembuatan kartu ini adalah plastik PVC. Akan tetapi, kartu metalik hanya dicetak menggunakan mesin printing saja. Pelanggan bisa memilih warna dasar berupa silver dan juga gold dengan glitter yang ada di bagian permukaannya. Keberadaan glitter membuat tampilan kartu semakin menarik.

3. Kartu Member Magnetik

Di bagian belakang kartu terdapat pita magnetic berwarna hitam. Adapun fungsi dari pita magnetik adalah untuk menyimpan suatu data. Untuk bisa membaca data dalam pita magnetic maka kartu karus digesekkan pada mesin pembaca.

Baca Juga : 5 Contoh Loyalty Program untuk Mempertahankan Pelanggan

Mekanisme Kartu Member

Sedangkan menurut mekanismenya, member card dibagi menjadi tiga jenis, antara lain:

1. Free Member Card

Free member card adalah kartu keanggotaan yang didapatkan oleh pembeli secara gratis dari perusahaan.

2. Special Member Card

Jenis kartu ini adalah mekanisme transaksi yang terjadi antara kedua belah pihak. Kedua pihak tersebut adalah penyelenggara pembuat kartu dan juga anggota yang membeli kartu.

3. Common Member Card

Common member card adalah mekanisme transaksi yang melibatkan tiga pihak yaitu penyelenggara yang mengeluarkan kartu, penyedia barang dan jasa serta anggota yang membeli kartu.

Fungsi Kartu Member

Berikut ini beberapa fungsi yang didapatkan oleh klien atau pelanggan:

1. Mendapatkan Diskon

Klien dan pelanggan yang memiliki kartu member akan mendapatkan diskon atau potongan harga barang maupun jasa dari perusahaan, lembaga atau institusi yang mengeluarkan kartu tersebut. Kamu akan mendapatkan keuntungan tersebut asalkan memenuhi ketentuan yang sudah dibuat.

Menggunakan kartu ini berarti kamu sudah ditandai sebagai member dan data-mu tidak akan tertukar dengan member lainnya. Hal ini dikarenakan saat kamu sudah mendaftar maka akan mendapatkan kode tertentu yang tentu saja berbeda dari member lainnya.

2. Mendapatkan Poin

Tidak hanya mendapatkan diskon, kamu juga bisa mendapatkan poin. Dimana poin yang didapatkan bisa dikumpulkan sampai jumlah tertentu lalu ditukarkan dengan produk tertentu atau suatu layanan.

3. Mendapatkan Pelayanan Khusus

Para pemegang kartu member juga bisa mendapatkan pelayanan khusus. Misalnya suatu perpustakaan memperbolehkan pengunjung untuk meminjam buku menggunakan kartu identitas (KTP) maupun kartu anggota perpustakaan.

Pengunjung yang meminjam buku menggunakan KTP hanya diperbolehkan meminjam 1 buku saja. Sementara pengunjung yang menggunakan kartu anggota perpustakaan diperbolehkan meminjam 2 sampai 3 buku.

Baca Juga : Definisi dan Jenis Layanan Pelanggan Wajib Diketahui

Manfaat Kartu Member untuk Usaha

Adapun manfaat member untuk usaha adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Memberikan kartu member kepada pembeli merupakan salah satu cara yang dilakukan perusahaan untuk membuat pembeli tetap loyal dan tidak berpaling ke kompetitor. Memiliki pembeli yang loyal merupakan keuntungan bagi perusahaan karena bisa meningkatkan penjualan produk.

Selain perusahaan, pemilik member card juga mendapatkan keuntungan berupa mendapatkan potongan harga dan mendapatkan sejumlah poin setiap melakukan transaksi. Dimana poin yang didapatkan bisa ditukarkan dengan produk ataupun voucher diskon.

2. Meningkatkan Omset Perusahaan

Dalam membuatkan member card, konsumen diharuskan untuk mengisi data diri berupa nama, alamat, nomor telepon yang masih aktif, alamat email dan sebagainya. Data-data ini bisa dimanfaatkan oleh perusahaan untuk mengirimkan informasi tentang penawaran menarik atau mempromosikan produk.

Informasi yang dikirimkan akan  menyasar konsumen yang potensial sehingga peluang terjadinya transaksi pembelian semakin besar. Strategi ini sangat efektif untuk meningkatkan penjualan produk. Penjualan produk yang meningkat tentu saja akan berdampak pada omset yang didapatkan.

3. Membangun Citra Positif

Perlu diketahui jika kartu member bisa membangun citra positif pada perusahaan. Konsumen yang memiliki kartu keanggotaan ini maka akan mendapatkan banyak keuntungan. Mulai dari diskon hingga poin yang bisa ditukarkan dengan barang tertentu.

Selain itu, konsumen juga akan mendapatkan pelayanan khusus. Perusahaan yang memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen tentu saja akan membuatnya puas sehingga merekomendasikan kepada kerabat maupun teman. Pelayanan yang baik juga akan membangun citra positif perusahaan.

Itulah informasi tentang pengertian kartu member, fungsi dan manfaat untuk usaha. Keberadaan member card ini tidak hanya memberikan keuntungan bagi pemiliknya saja tetapi juga menguntungkan perusahaan yang mengeluarkannya. Dengan member card, penjualan perusahaan akan meningkat.

Selain member card, kamu bisa memaksimalkan usaha dengan fitur Manajemen Transaksi dan Manajemen Produk dari Koala+ yang sudah terintegrasi dengan WhatsApp API. Kedua fitur Koala+ tersebut akan membantu kamu dalam menjalankan bisnis sehingga penjualan meningkat dan bisa meraih kesuksesan.

Dengan fitur Manajemen Transaksi dari Koala+, kamu bisa memantau semua transaksi secara real-time, kirim pesan invoice ke pelanggan hingga melihat riwayat transaksi yang tersimpan. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menambahkan daftar produk yang kamu jual dan mengatur ketersediannya melalui fitur Manajemen Produk.

Tertarik mencoba? Daftar Koala+ sekarang juga!